Efektivitas Pemanfaatan Aplikasi Whatsapp Sebagai Media Komunikasi Penunjang Kinerja pada Karyawan PT. Flexindo

Supriyanto Supriyanto, Danang Trijayanto

Abstract


Abstract

The research objective was to determine the effectiveness of using the WhatsApp aplication in thw work environment, especially in the work of PT. Flexindo. In this research, there are variables studied, namely the independent variable (X), namely the WhatsApp aolication and the dependent variable (Y), namely the performance of the employees of PT.Flexindo, with the following variable details: Intensity, Communication and Satisfaction. Data collection methods used Survey methods and Census technique on 50 respondent. The result of the analysis is that effectiveness of using the WhatsApp aplication as a communication medium to support performance among employees of PT.Flexindo is very effective.

Keywords: Whatsapp, Performance, Employees, Flexindo.

Abstraksi

Tujuan penelitian untuk mengetahui efektivitas pemanfaatan aplikasi whatsapp di dunia kerja khususnya di lingkungan kerja PT. Flexindo. Pada penelitian yang dilakukan ini, terdapat variabel yang diteliti yaitu variabel bebas (X) yaitu aplikasi whatsapp dan variabel terikat (Y) yaitu kinerja karyawan PT. Flexindo., dengan rincian variabel sebagai berikut: Intensitas, Komunikasi dan Kepuasan.  Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menggunakan metode survei dan teknik sensus pada 50 Karyawan Flexindo. Hasii analisis bahwa Efektivitas pemanfaatan aplikasi whatsapp sebagai media komunikasi penunjang kinerja di kalangan karyawan PT. Flexindo adalah Sangat Efektif.

Kata Kunci: Whatsapp, Kinerja, Karyawan, Flexindo


References


Andjani, A. Ratnamulyani & Kusumadinata. 2018. Penggunaan Media Komunikasi Whtasapp terhadap efektivitas kinerja karyawan. Jurnal Komunikatio, volume 4 No. 2.

Baskara, T., & Fajar Rizki, M. 2019. Proses Publikasi Humas Badan Nasional Pengelola Perbatasan Pada Akun Media Sosial Instagram. CoverAge: Journal of Strategic Communication, 10(1), 19-26. https://doi.org/10.35814/coverage.v10i1.1229

Noor, Juliansyah. 2012. Metodologi Penelitian. Jakarta: Kencana

Nur Hasanah. 2020. Pengaruh Pengunaan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA Kelas IV di SDS Nurul Ikhlas. Skripsi S1 Program Studi Kependidikan Islam Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI). Publisistik Thawalib Jakarta, 1-103.

Parinduri, T.H. 2019. Pengaruh Penggunaan media sosial Whatsapp terhadap Kinerja Pegawai pada Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas I Medan. Tesis S-2. Universitas Muhammdyah Sumatra Utara.

Raharti. 2019. Whatsapp Media Komunikasi Efektif Masa Kini (Studi Kasus Pada Layanan Jasa Informasi Ilmiah di Kawasan Puspitek). VISI PUSTAKA Vol. 21, No. 2, Agustus 2019, 147-156.

SME (2020). Onestop Telco Solution. http://www.smartme.co.id. Diakses 22 Oktober 2020)

Sugianto, Arifin., dkk. Pengaruh Komunikasi Melalui Grup Whatsapp Untuk Meningkatkan Kinerja Karyawan di Hotel Grandhika Medan. Jurnal Lensa Mutiara Komunikasi ISSN:2579-8332, 33-42.

Sugiarsih Duki Saputri, R. 2019. Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Loyalitas Pelanggan Grab Semarang. CoverAge: Journal of Strategic Communication, 10(1), 46-53. https://doi.org/10.35814/coverage.v10i1.1232

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Trisnani. 2017. Pemanfaatan Whatsapp Sebagai Media Komunikasi dan Kepuasan Dalam Penyampaian Pesan dikalangan Tokoh Masyarakat. JURNAL KOMUNIKASI, MEDIA DAN INFORMATIKA, Volume 6 Nomor 3 / November 2017, 1-12.

Pertiwi. 2020. Whtasapp tembus 2 Miliar Pengguna.https://tekno.kompas.com/read/2020/11/01/16030007/whatsapp-saat-ini-2-miliar-pengguna-100-miliar-pesan-per-hari. diakses pada 12 Desember 2020 pukul 22:30 WIB.




DOI: https://doi.org/10.52447/promedia.v7i1.4568

Refbacks

  • There are currently no refbacks.