Potret Hedonisme Dalam Tiktok (Analisis Khalayak Pada TikTok Sisca Kohl di Kalangan Remaja Kota Surabaya)

Alifah Sabila, Saifuddin Zuhri

Abstract


Abstract

Hedonism is a view that considers pleasure and material enjoyment as the main goal in life. The data shows that today's teenagers tend to be oriented towards a hedonistic lifestyle. In the hedonic lifestyle, humans are said to always prioritize happiness, but over time the interpretation of hedonism itself turns negative into pleasure in pursuing worldly and avoiding displeasure. This study focuses on how the acceptance of late adolescents in Surabaya regarding hedonism content in Sisca Kohl's TikTok. This research uses reception analysis method, Stuart Hall's encoding-decoding theory. Based on the results of the study, it was found that late adolescents in Surabaya with different backgrounds can be divided into three categories. The first category is Dominant Hegemonic Position, where they agree that there is an element of hedonism in Sisca Kohl's TikTok content and it has an impact on their lives. The second category is the Negotiated Code Position where they agree that there is an element of hedonism in Sisca Kohl's TikTok content, but there isno impact on their lives. The third category is the Oppositional Code where the informant rejects the element of hedonism displayed by Sisca Kohl in her TikTok.

Keywords: Hedonism, TikTok, Reception Analysis, Audience

Abstraksi

Hedonisme adalah pandangan yang menganggap kesenangan dan kenikmatan materi sebagai tujuan utama dalam hidup. Data menunjukkan bahwa remaja saat ini cenderung berorientasi pada gaya hidup hedonisme. Dalam gaya hidup hedonis, manusia dikatakan selalu mengedepankan kebahagiaan namun seiring perkembangan zaman tafsir dari hedonisme sendiri berubah negative menjadi kenikmatan mengejar duniawi serta menghindari ketidaksenangan. Maka peneliti ingin mengetahui bagaimana penerimaan remaja akhir di Surabaya mengenai konten hedonisme dalam TikTok Sisca Kohl. Penelitian ini menggunakan metode analisis resepsi, teori encoding-decoding Stuart Hall. Berdasarkan hasil penelitian, didapatkan bahwa remaja akhir di Surabaya dengan berbeda latar belakang dapat dibedakan dalam tiga kategori. Kategori pertama Dominant Hegemonic Position, yaitu mereka menyetujui adanya unsur hedonisme dalam konten TikTok Sisca Kohl dan memiliki dampak di kehidupan mereka. Kategori kedua adalah Negotiated Code Position yang mana mereka menyetujui adanya unsur hedonisme dalam konten TikTok Sisca Kohl, namun tidak adanya dampak di kehidupan mereka. Kategori ketiga merupakan Oppositional Code dimana informan menolak adanya unsur hedonisme yang ditampilkan oleh Sisca Kohl dalam TikTok nya.

Kata Kunci: Hedonisme, TikTok, Analisis Resepsi, Khalayak


References


Hendriati Agustiani. 2009. Psikologi Perkembangan: Pendekatan Ekologi Kaitannya Dengan Konsep Diri dan Penyesuaian Diri Remaja. Bandung: Rafika Aditama.

Idham, H. 2019. Analisis Resepsi Khalayak Terhadap Gaya Hidup Clubbing Yang Ditampilkan Melalui Foto Dalam Akun Instagram @ INDOCLUBBING Idham Hawari Mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi , Fakulas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik , Universitas Airlangga. 1–11. http://repository.unair.ac.id/id/eprint/87292

Mayasari, I. 2014. PERILAKU HEDONIS Pandangan Teoretis dan Praktis (A. Tito (ed.)). Nida Dwi Karya.

McQuail, D. 2010. Teori Komunikasi Massa. Jakarta: Salemba.

Nasrullah, R. 2017. Media Sosial : Perspektif Komunikasi, Budaya, dan Sosioteknologi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media (Vol. 3, Issue 1).

Nazry, M. A. A. A. 2019. Refleksi Fenomena Gaya Hidup Hedonisme Pada Akun Instagram (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Syiah Kuala). Jurnal Ilmiah Mahasiswa FISIP Unsyiah, 4(4), 1–12.

Rahmawati, F. 2021. Mengenal Sisca Kohl, TikTokers yang Viral Usai Bongkar Celengan dan Bikin Es Krim Nasi Padang. 20 Maret. https://www.kompas.tv/article/157033/mengenal-sisca-kohl-tiktokers-yang-viral-usai-bongkar-celengan-dan-bikin-es-krim-nasi-padang?page=3

Revia, B. 2019. Penerimaan Khalayak mengenai Gaya Hidup Hedonisme yang ditampilkan dalam Video Blog NRab Family. Jurnal Komunikatif, 8(1), 99–120. https://doi.org/10.33508/jk.v8i1.2069

Sely, T., & Aladdin, Y. A. 2018. Analisis Resepsi Pembaca Tribunnews.com Dari Kalangan Mahasiswa/I Universitas Indonesia Terhadap Insiden “Kartu Kuning” Ketua BEM UI. Jurnal SEMIOTIKA, 12(1), 62–72.

Sosial, F. I., Politik, I., Memenuhi, U., Guna, P., Gelar, M., & Sosial, S. 2019. Potret Gaya Hidup Hedonis Di Kalangan Mahasiswa (Studi Kasus: Mahasiswa FISIP UIN Syarif Hidayatullah Jakarta angkatan 2014 - 2016) SKRIPSI.

Soyomukti, N. 2010. Membongkar Aib Seks Bebas & Hedonisme Kaum Selebriti (Mathori A. Elwa dan Irwan Kurniawan (ed.)). PENERBIT NUANSA CENDEKIA.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kualitatif dan Pembelajaran. Alfabeta, 1(1), 1–99.

Yuliyati, E. 2020. Implementasi Manajemen Peserta Didik Kelas Menengah Muslim di SMP IT Bina Umat Yogyakarta. Dirasat: Jurnal Manajemen Dan Pendidikan …. https://mail.journal.unipdu.ac.id/index.php/dirasat/article/download/1963/1025

Website

BBC. 2018. Kenapa Aplikasi Tik Tok Diblokir Pemerintah? Www.Bbc.Com. https://www.bbc.com/indonesia/trensosial-44693331

Joe Tidy. 2020. TikTok: What is the app and how much data does it collect? - BBC News. https://www.bbc.com/news/technology-53476117

Kemp, S. 2020. Hootsuite (We are Social): Indonesian Digital Report 2020. Global Digital Insights, 247. https://datareportal.com/reports/digital-2020-indonesia




DOI: https://doi.org/10.52447/promedia.v7i2.5492

Refbacks

  • There are currently no refbacks.