Aktivitas Brand Communications Ayo Nandur Dalam Tren Berkebun Saat Pandemi

Madania Fariha Shifa, Hanny Hafiar, Retasari Dewi

Abstract


Semakin digandrunginya pertanian dan perkebunan disaat pandemi, membuat Ayo Nandur mengalami kenaikan drastis pada Agustus 2020. Namun, keuntungan yang diperoleh dari tren ini hanya sesaat dan bahkan terus mengalami penurunan. Dari fenomena tersebut, peneliti tertarik untuk melakukan penelitian yang berjudul "Aktivitas Brand Communications Ayo Nandur Dalam Tren Berkebun Saat Pandemi", untuk mengetahui aktivitas brand communication yang dilakukan Ayo Nandur untuk menunjang perkembangan brandnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 4 kategori komunikasi brand yang dilakukan Ayo Nandur saat pandemi, yaitu meliputi: (1) Close and personal brand communications; (2) ‘Mass personalisation’ brand communications; (3) ‘Mass’ brand communications; dan (4) ‘E-’ brand communications. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskirptif dengan data kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan antara lain observasi non-partisipan, wawancara mendalam, dan studi pustaka. Teknik validitas data yang digunakan adalah triangulasi sumber. Hasil dari penelitian ini mengungkapkan bahwa (1) Aktivitas Close and personal brand communications Ayo Nandur saat pandemi memiliki hambatan pada komunikasi non-verbal, materi cetak yang kurang susai dengan audiens, dan owner yang masih perlu mengasah kemampuan public speaking; (2) Aktivitas‘Mass personalisation’ brand communications Ayo Nandur berupa publisitan namun terbilang minim, hal itu dikarenakan owner yang kurang menguasai media relations; (3) ‘Mass’ brand communications yang dilakukan dengan beriklan belum efektif akibat gap antara interest media dan brand yang tidak berkesinambungan; (4) ‘E-’ brand communications menjadi jenis komunikasi yang paling dominan dilakukan oleh Ayo Nandur saat pandemi namun ditemukan beberapa kelemahan seperti penggunaan media sosial Facebook dan YouTube yang belum maksimal.


References


Afifah, H. S. (2016). Desain Sarana Berkebun Anak Usia 4-6 Tahun Sebagai Media Penunjang Perkembangan Kemampuan Serta Karakter Anak. Surabaya: Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya.

Agustine, M., & Prasetyawati, Y. R. (2020). Pengaruh kualitas informasi Instagram dan electronic word of mouth terhadap citra dapurfit. PRofesi Humas, Volume 5 No. 1, 82-97.

Centeno, E., & Hart, S. (2012). The Use of Communication Activities in the Development of Small to Medium-Sized Enterprise Brands. Marketing Intelligence & Planning, 250-265.

Chalfen, R. (1987). Snapshot Versions of Life. University of Wisconsin Press.

Coviello, N. E., Brodie, R. J., & Munro, H. J. (2000). An Investigation of Marketing Practice by Firm Size. Journal of Business Venturing, 523-545.

Juniawan, H. D. (2020, November 5). Analisis Produksi Konten Mr. Kece di Opini.id. Jakarta.

Kotler, P., Armstrong, G., & Harris, L. C. (2020). Principles of Marketing, 17th Edition. London: Pearson.

Oktaviani, F., & Rustandi, D. (2018). Implementasi Digital Marketing dalam Membangun Brand Awareness . PRofesi Humas, Volume 3, No. 1, 1-20.

R, H. S., Suryana, A., & Sugiana, D. (2016). Model Komunikasi Dalam Memasyarakatkan Program Inovasi Urban Farming “Kampung Di Kota Bandung. Bandung: Edutech, Tahun 15, Vol.15, No.3, .

Sari, D. P. (2020). Kreativitas Pendidikan Karakter di Keluarga pada Pandemi Covid-19. Jakarta: Prosiding Seminar Nasional Hardiknas.

Sendjaja, D. (2004). Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

ThorstenHennig-Thurau, Gwinner, K., Walsh, G., & Gremler, D. D. (2004). Electronic word-of-mouth via consumeropinion platforms: what motivates consumers to articulate themselves on the internet? Journal of Interactive Marketing, vol. 18, number 1, 38-52.

Tresnawati, Y., & Prasetyo, K. (2018). Pemetaan Konten Promosi Digital Bisnis Kuliner kika’s Catering di Media Sosia. PRofesi Humas Vol 3, No 1, 102-119.

Turow, J. (2020). Media today : mass communication in a converging world, 7th edition. New York: Routledge.

Wibisono, G. (2017). Media Baru dan Nasionalisme Anak Muda. Jurna Studi Pemuda Vol.6, No. 2, 590-604.




DOI: https://doi.org/10.52447/promedia.v8i1.5881

Refbacks

  • There are currently no refbacks.