DAYA TARIK TVC SAMPOERNA HIJAU VERSI “MAKAN NASI GORENG”

Fajar Syuderajat, Lilis Puspitasari

Abstract


Penelitian ini berjudul, “Daya Tarik TVC Sampoerna Hijau Versi “Makan Nasi Goreng.” Bertujuan untuk mengetahui bagaimana daya tarik iklan tersebut bagi Warga Kotamadya Bandung. Menggunakan metode deskriptif kuantitatif serta pengumpulan data dilakukan dengan survai melalui kuisioner, wawancara dan studi pustaka. Teknik sampling yang digunakan yaitu sampling klaster banyak tahap.

Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa sebagian besar responden menyukai tayangan iklan di televisi dikarenakan (1) tertarik dengan konsep iklan yang berbeda dengan iklan rokok lainnya, (2) tokoh-tokoh dalam iklan yang bukan selebriti gagah dan cantik justru dapat merepresentasikan tag-line “asyiknya rame-rame” dengan kuat, (3) alur cerita dengan pendekatan humor dirasa membuat iklan ini berkesan dan mudah diingat.

Sehingga dapat disimpulkan, iklan Sampoerna Hijau versi “Makan Nasi Goreng” adalah iklan yang membuat penonton tertarik dengan saran-saran agar mempertahankan tokoh-tokoh dalam iklan untuk versi-versi selanjutnya.


Full Text:

PDF

References


Aaker, David A., Myers, John G. 1987. Advertising Management. New Jersey : Jersey : Prentice-Hall International Inc.

Arens, William F., Boove, Courtland L. 1989. Contemporary Advertising. Illinois : Irwin.

Jefkins, Frank. 1997. Periklanan. Alih bahasa : Haris Munandar. Bandung : Erlangga.

Kasali, Rhenald. 1992. Manajemen Periklanan Konsep dan Aplikasinya di Indonesia. Bandung : PAU-Ekonomi-UI dan Grafis.

Mc Quaill, Denis. 1994. Teori Komunikasi Massa. Bandung: Erlangga

Tan, Alexis S. (1981). "Mass communication theories and research. Columbus: Grid Publishing.

Gray, John. (2000). Men Are from Mars, Women Are from Venus: A Practical Guide for Improving Communication and Getting What You Want in Your Relationships. New York: HarperCollins.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.