Citra Kepemimpinan Menteri Kesehatan dalam Penanganan Permasalahan Kesehatan di Indonesia (Framing Budi Gunadi Sadikin pada Pemberitaan di Detik.com Periode November 2022)

Ratih Kurnia Hidayati, Danang Trijayanto

Abstract


Ada beberapa masalah kesehatan yang melanda Indonesia. Permasalahan tersebut membutuhkan penangangan yang sangat intensif oleh Budi Gunadi Sadikin yang menjabat sebagai menteri kesehatan. Bagaimana citra kepemimpinan Budi Gunadi Sadikin dalam menangani permasalahan yang ada di Indonesia melalui kacamata media yaitu yang tergambarkan dalam media Detik.com. Penelitian ini adalah penelitian framing. Hasil penelitian menunjukan bahwa kepemimpinan transformational Budi Gunadi Sadikin dalam pemberitaan adalah dilihat bahwa: memiliki Pengaruh yang Ideal, dapat dilihat dari krediblitas menteri kesehatan Budi Gunadi Sadikin dalam melakukan kerjasama. Inspiration, dapat dilihat dari peran Budi Gunadi Sadikin dalam memberikan solusi untuk menghadapi masalah perkembangan omnicron, gagal ginjal akut pada anak, penanganan obat sirup bermasalah dan penanggulangan pemberantasan tuberculosis. Intellectual stimulation dapat dilihat dari berbagai data yang disajikan oleh menteri kesehatan dan Individualized consideration yang dilihat dari kemampuan menteri kesehatan menjangkau korban obat sirup dan gagal ginjal akut di rumah sakit.

Kata Kunci: Kesehatan, Framing, Menteri Kesehatan, Sadikin

 

There are several health problems in Indonesia. This problem requires handling by Budi Gunadi Sadikin who serves as the minister of health. How is the image of Budi Gunadi Sadikin's leadership in dealing with problems in Indonesia through the lens of the Detik.com media. This research is a framing research. The results of the study show that Budi Gunadi Sadikin's transformational leadership is: having an ideal influence, can be seen from the credibility of the Minister of Health Budi Gunadi Sadikin in collaborating. Inspiration, can be seen from the role of Budi Gunadi Sadikin in providing solutions to deal with problems with the development of omnicrons, acute kidney failure in children, handling problematic syrup drugs and tackling tuberculosis eradication. Intellectual stimulation can be seen from various data presented by the minister of health and Individualized consideration which is seen from the ability of the minister of health to reach victims of syrup drugs and acute kidney failure in hospitals.

Keywords: Health, Framing, Minister of Health, Sadikin




DOI: https://doi.org/10.52447/promedia.v8i2.6617

Refbacks

  • There are currently no refbacks.