OPTIMALISASI KEGIATAN PROMOSI MELALUI GRUP WhatsApp (WAG) DALAM MENJARING CALON PESERTA PESANTREN KILAT

Hanny Hafiar, Syauqy Lukman

Abstract


Penelitian ini bermaksud mengungkap tentang tata langkah dalam pelaksanaan kegiatan promosi yang dilakukan oleh lembaga pendidikan X dalam upaya mempublikasikan kegiatan pesantren kilat, sebagai kegiatan unggulan yang ditawarkan lembaga pada bulan ramadhan. Hal khusus yang menarik untuk diamati adalah, adanya penggunaan grup whatsApp sebagai media promosi satu-satunya yang digunakan oleh penyelenggara kegiatan. Namun demikian, upaya promosi yang dilakukan lembaga dengan dana minimalis ini mampu  berjalan secara efektif, hal ini disebabkan target peserta yang ditetapkan penyelenggara dapat dicapai dalam waktu relatif singkat. Hal ini tidak terlepas dari kejelian dan ketepatan strategi promosi dari pihak penyelenggara serta kesesuaian dalam pengemasan informasi sehingga  pasar bidikan yang  relatif sempit dapat diraih sesuai harapan. Oleh karena itu peneliti bermaksud mengkaji aspek-aspek yang berada di balik kegiatan promosi dengan cara menyebarkan informasi melalui pemanfaatan teknologi komunikasi informasi berbasis internet yang digunakan yaitu grup whatsapp. Penelitian ini menggunakan konsep promosi dan dan penggunaan media sosial dalam kegiatan PR, yang diteliti dengan metode deskriptif dengan cara wawancara dan observasi dengan pihak-pihak yang terlibat secara langsung dalam kegiatan ini.


Full Text:

PDF

References


Asri, Marwan. (2003). Marketing. Jakarta: Erlangga

Daradjat, R. S., Hafiar, H., & Setianti, Y. (2015). The Implementation Of Marketing Communication In Attracting Prospective Students’ Interest To Study At Vocation Al High School. Edutech, 1(3), 291–336.

Elyarni, R., & Hermanto. (2016). Analisis SWOT Terhadap Strategi Pemasaran Layanan SAP Express pada PT . SAP. Jurnal Metris, 17, 81–88.

Hikmah, D. N. (2012). Kajian Komunikasi Pemasaran Syariah Dalam Meningkatkan Jumlah Nasabah Tabungan Qurban Di Bank Syariah Mandiri Kcu Dago. Prosiding Keuangan Dan Perbankan Syariah ISSN: 2460-2159, 280–285.

Irbah, H., Putri, Y. R., & Ali, D. S. F. (2015). Strategi komunikasi penggunaan media sosial sebagai media promosi band indie Mustache and Beard. E-Proceeding of Management, 2(3), 4300–4307.

Muhyidin, U. (2008). Pengaruh bauran pemasaran jasa pendidikan terhadap keputusan mahasiswa memilih perguruan tinggi swasta di Jawa Barat. Prosiding Seminar Nasional Multi Disiplin Ilmu & Cll for Paper UNISBANK, 978–979.

Musdalipah, Ado, M. W., & Prasetyo, M. (2016). Peningkatan pengetahuan ibu hamil memilih obat bebas menggunakan metode CBIA. Jurnal iImiah Ibnu Sina, 1(July), 219–226.

Rakhmawati, R., & Sani, A. (2016). Implementasi Kegiatan Corporate Communication Oleh Divisi Corporate Secretary Pt. Bio Farma (Persero). Jurnal Profesi Humas, 1(1), 40–52.

Ramadhan, A., & Sofiyah, F. R. (2013). Analisis SWOT sebagai landasan dalam menentukan strategi pemasaran ( studi McDonald ’ s Ring Road ). Jurnal Media Informasi Manajemen, 1(4).

Reza, F. (2016). Strategi promosi penjualan online Lazada.co.id. Jurnal Kajian Komunikasi, 4/1(11), 64–74.

Sinatra, L., & Darmastuti, R. (2008). Kajian peran public relations dalam meningkatkan citra perguruan tinggi swasta di Jawa Tengah. Jurnal SCRIPTURA, 2/2, 95–105.

Sukidjo. (2004). Strategi Pemberdayaan Usaha Kecil dan Menengah. Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan, 2/1, 8–21.

Sulaiman, A. I., Kuncoro, B., Sulistyoningsih, E. D., Nuraeni, H., & Djawahir, F. S. (2017). Pengembangan agrowisata berbasis ketahanan pangan melalui strategi komunikasi pemasaran do desa Serang Purbalingga. The Messenger, 9, 9–25.

Windasari, A. (2017). Pemaknaan kecantikan sebagai putih Jepang. Jurnal Informasi, Kajian iImu Komunikasi, 47/1, 35–50.

Yanto, A., Rodiah, S., & Lusiana, E. (2016). Model aktivitas gerakan literasi berbasis komunitas di sudut baca Soreang. Jurnal Kajian Informasi & Perpustakaan, 2(1), 107–118.




DOI: https://doi.org/10.52447/promedia.v4i1.956

Refbacks

  • There are currently no refbacks.