KEGIATAN PENDAMPINGAN BELAJAR DAN TRAUMA HEALING PADA ANAK PASCA GEMPA DI DESA CIBULAKAN, KECAMATAN CUGENANG, KABUPATEN CIANJUR

Virgo Simamora, Muhammad Junaid Kamaruddin, Khalisah Visiana, Maulinda Bulan, Muhammad Yunior Alfabet, Muhammad Dipo Lukito

Abstract


Gempa bumi yang terjadi di Kabupaten Cianjur telah merusak fasilitas belajar dan mengakibatkan guru meninggal dunia sehingga kegiatan belajar terganggu dan anak – anak usia sekolah mengalami trauma pasca gempa. Untuk itu, kepada anak – anak usia sekolah perlu diberikan pendampingan belajar untuk menumbuhkan minat belajar pasca gempat dan trauma healing untuk menghilangkan mengurangi efek trauma yang dialami. Kegiatan pendampingan belajar dilakukan dengan pembimbingan dengan menggunakan cerita fabel sains dan Buku Seri Ensiklopedia tentang mahluk hewan, tubuh manusia dan tumbuh-tumbuhan. Metode trauma healing yang digunakan adalah metode permainan yang dilaksanakan secara individu dan berkelompok dengan menggunakan alat tulis dan gambar, bernyanyi danercerita. Hasil kegiatan pembimbingan belajar menjelaskan bahwa 100% siswa sekolah dasar dapat mengikuti kegiatan bimbingan dengan baik dan mampu menceritakan kembali materi belajar dengan baik. Hasil kegiatan trauma healing menunjukkan bahwa dengan metode bermain, bernyaji dan mendengar cerita dongeng, siswa sekolah dasar yang mengalami langsung peristiwa gempat dapat terhibur.

Keywords


Bencana Alam; Pendampingan Belajar; Trauma Healing.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.52447/pandawa.v1i2.6596

Refbacks

  • There are currently no refbacks.