DEMOKRASI TERPIMPIN DALAM PEMIKIRAN DAN PRAKTIK POLITIK

Anwar Ilmar

Sari


Artikel ini hendak mengulas tentang demokrasi terpimpin sebagai salah satu varian demokrasi yang berkembang di Indonesia. Demokrasi terpimpin merupakan konsep pemikiran politik Sukarno sebagai antitesis dari demokrasi yang berkembang di Barat. Dalam pemikiran politik Sukarno, wacana demokrasi memang relevan dengan kultur masyarakat Indonesia yang bermusyawarah. Meski demikian, praktik demokrasi di negara-negara Barat dianggap Sukarno memiliki cacat struktural. Demokrasi ala Barat dianggap hanya menjamin kebebasan politik, namun tetap memberikan dukungan ideologis pada penindasan ekonomi. Oleh karena itu, Sukarno merumuskan gagasan tentang sosio-demokrasi, yaitu demokrasi ekonomi dan demokrasi politik. Di kemudian hari, gagasan tersebut kembali diformulasikan sebagai model kekuasaan negara yang dinamakannya sebagai Demokrasi Terpimpin. Dalam ekonomi, konsep ini disebut ekonomi terpimpin. Pada praktiknya, kedua konsep tersebut ternyata justru menjauh dari gambaran ideal pemikiran politik Sukarno untuk mewujudkan kesejahteraan sosial, karena konfigurasi politik demokrasi terpimpin tak mampu lagi menyeimbangkan kekuatan-kekuatan politik yang saling bersaing.


Kata Kunci


demokrasi terpimpin, ekonomi terpimpin, Sukarno

Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Anderson, Bennedict dan Kahin, Audrey, Interpreting Indonesian Politics: Thirteen Contributions to the Debate, Ithaca: Cornell University, 1982.

Feith, Herbert, The Decline of Constitutional Democracy, Ithaca: Cornell University Press, 1962.

Feith, Herbert dan Castles, Lance, Pemikiran Politik Indonesia 1945-1965, Jakarta: LP3ES, 1988.

Gould, Carol, Demokrasi Ditinjau Kembali, Yogyakarta: Tiara Wacana Yogya, 1993.

Heywood, Andrew, Political Theory An Introduction 2nd Edition, New York: Palgrave, 1999.

Ilmar, Anwar, Pemikiran Politik Sukarno Tentang Sosialisme Indonesia dan Praktiknya Pada Masa Demokrasi Terpimpin, Tesis Magister, Depok: Departemen Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2016.

Ismalina, Poppy, Pemikiran Ekonomi Soekarno, dalam Dhakidae, Daniel, ed. Soekarno: Membongkar Sisi-Sisi Hidup Putera Sang Fajar. Jakarta: Penerbit Buku Kompas, 2013.

Lev, Daniel, The Transition to Guided Democracy: Indonesian Politics, 1957-1959, Ithaca: Cornell Modern Indonesia Project, 1966.

Reilly, Benyamin, Democracy in Divided Societies: Electoral Engineering for Conflict Management, Cambridge: Cambridge University Press, 2001.

Revitch, Diane dan Thernstrom, Abigail Demokrasi: Klasik dan Modern, Jakarta: Yayasan Obor Indonesia, 2005.

Rueschmeyer, Dietrich, Huber, Stephens, Evelyns dan Stephens, John, Capitalist Development and Democracy, Chicago: The University of Chicago Press, 1992.

Schumpeter, Joseph, Capitalism, Socialism & Democracy, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2013.

Sukarno, Ir., Dibawah Bendera Revolusi, Jilid I, Jakarta: Panitia Penerbit Dibawah Bendera Revolusi, 1964.

----------------, Sarinah: Kewadjiban Dalam Perdjoangan Republik Indonesia, Jakarta: Panitya Penerbit Buku-Buku Karangan Presiden Soekarno, 1963.

.

----------------, Tudjuh Bahan Pokok Indoktrinasi, Jakarta: Departemen Penerangan RI, 1961.

----------------, Menyelamatkan Republik Proklamasi, dalam Toto. Imam, K. Rahardjo dan WK, Herdianto (Ed), Bung Karno: Wacana Konstitusi dan Demokrasi, Jakarta: PT Grasindo, 2001.

----------------, Deklarasi Ekonomi, dalam Toto. Imam, K. Rahardjo dan WK, Herdianto (Ed), Bung Karno dan Ekonomi Berdikari, Jakarta: PT Grasindo, 2001.

Suhelmi, Ahmad, Pemikiran Politik Barat: Kajian Sejarah Perkembangan Pemikiran Negara, Masyarakat dan Kekuasaan, Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama, 2001.

Usman, Syafaruddin dan Isnawita, Neoliberalisme Mengguncang Indonesia, Jakarta: Narasi, 2009.

Wilson, Soekarno, Staatspartij, dan Demokrasi Terpimpin, dalam Dhakidae, Daniel (ed.), Soekarno: Membingkar Sisi-Sisi Hidup Putra Sang Fajar, Jakarta : Kompas, 2013.

Yuda, Hanta, Presidensialisme Setengah hati, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2010.




DOI: https://doi.org/10.52447/polinter.v4i1.1276

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.