POLA REKRUTMEN PARTAI POLITIK (STUDI KASUS: DEWAN PIMPINAN CABANG PARTAI AMANAT NASIONAL KOTA BEKASI DALAM MENETAPKAN CALONG ANGGOTA LEGISLATIF DPR RI TAHUN 2014-2019)

Ilham Anshari, Dina Fadiyah

Sari


Tulisan ini akan membahas tentang Pola Rekrutmen Partai Politik dengan mengambil Studi Kasus, Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Amanat Nasional Kota Bekasi Dalam Menetapkan Calon Anggota Legislatif Tahun 2014-2019.  Tujuan dari penulisan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui pola rekrutmen salah satu partai politik di Indonesia, yaitu Partai Amanat Nasional (PAN) Kota Bekasi, dalam mengikuti kontestasi pemilihan anggota legislatif tahun 2014. (2) Untuk mengetahui ranah secret garden yang selama ini masih menjadi rahasia publik, dan hanya menjadi konsumsi pribadi segelintir elit di dalam tubuh partai politik. (3) Untuk mengetahui dampak yang ditimbulkan dari pola rekrutmen yang digunakan PAN dalam pileg 2014, terhadap kelembagaan PAN di kota Bekasi. Penelitian ini menggunakan Teori rekrutmen politik dan Teori pola rekrutmen politik. Metode Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan format penelitian studi kasus. Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik wawancara dan studi pustaka serta dokumentasi.

Hasil penelitian ini adalah adanya perbedaan pola rekrutmen yang digunakan oleh PAN dengan partai politik lain, yang masih sangat bergantung kepada keputusan pimpinan pusat. Dalam proses penetapan calon, DPP hanya sebagai dewan pertimbangan sementara itu yang memiliki peranan besar adalah pimpinan partai di tingkat daerah, seperti DPW, DPD, DPC dan ranting. PAN memiliki dua cara dalam memilih calon kader yang akan maju dalam proses pemilihan, yaitu memilih calon yang sudah dikenal oleh masyarakat dan putra daerah. Daerah dipilih untuk menjadi pusat dalam pemilihan kandidat, karena pimpinan pusat merasa perlu untuk melibatkan pimpinan partai di daerah sebagai tingkatan organisasi yang paling dekat dengan masyarakat dan paling mengetahui kebutuhan dan kondisi masyarakat di daerah.


Kata Kunci


Secret Garden, dan Pola Rekrutmen Partai

Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Arifin, Rahman. 2002.“Sistem Politik Indonesia dalam Perspektif Struktural Fungsional”, SIC Surabaya.

Arifin, Anwar. 2013. Perspektif Ilmu Politik. Citra Partai Politik. Jakarta:Pustaka Indonesia.

Beker, Frans., Rene Cuperus, dalam Anwar Arifin Perspektif Ilmu Politik. Jakarta: Pustaka Indonesia.

Budiardjo, Miriam. 2008. Dasar-dasar Ilmu Politik (edisi revisi). Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Gaffar, Afan. 1999. Politik Indonesia : Transisi Menuju Demokrasi. Pusataka Pelajar. Yogyakarta.

J.H. Rapar, 1991.Filsafat Politik Machiavelli,Jakarta: CV.Rajawali.

Joko J. Prihatmoko, Pemilihan Kepala Daerah Langsung, (Semarang: Pustaka Pelajar,2005)

Krouwel, Andre, (2006) dalam Handbook of Party Politics”, Richard S Katz dan William Crotty (ed). SAGE Publications.

Meyer, Thimas. 2012. Kompromi : Jalur Ideal Menuju Demokrasi. Jakarta: Friedrich Ebert Stiftung.

Norris, Pippa (2006) dalam Richard S Katz dan William Crotty “Handbook of Party Politics”,

London:SAGE Publication

Prihadi. Kamus Pintar Bahasa Indonesia.Alfa Surabaya.

Rahat, Gideon., Reuven Y.Hazan (2006) dalam Richard S Katz dan William Crotty “Handbook of Party Politics”. London:SAGE Publication Ltd.

Scrooder, Peter. 2009.Strategi Politik.Jakarta : FNS.

Surbakti, Ramlan.1992. Memahami Ilmu Politik. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia.

Pamungkas, Sigit., Mada Sukmadjati, AAGN Ari Dwipayana, Rachmad Gustomy, (2012). Rekruitmen Kepala Daerah Dalam Teori dan Praktik. Yogyakarta. Jurusan Politik Pemerintahan Universitas Gajah Mada.

Sigmund Neumann. “Modern Political Parties,” dalam “Comparative Politics: A Reader, diedit oleh Harry Eckstein dan David E. Apter (London: The Free Press of Glencoe, 1963), hlm 352.

Besty Anindya Nur Azmi, 2014. Skripsi “Pola Rekrutmen Calon Anggota Legislatif: Studi Komparasi Antara Partai Amanat Nasional dengan Partai Gerakan Indonesia Raya Tahun 2014 Di Daerah Istimewa Yogyakarta.” Program Studi Pendidikan Kewarganegaraan. Fakultas Ilmu Sosial. Universitas Negeri Yogyakarta.

Fitri Rahmadnia, 2015. “Rekrutmen Calon Legislatif Pada Pemilu 2014 (Studi Kasus Mengenai Rekrutmen Politik PPP di Dapil 1 dan V Kabupaten Sampang, Jawa Timur.”

Nuraina dan Aos Kuswadi, 2005. “Pola Rekrutmen Partai Politik Dalam Mengimplementasikan Undang-Undang Pemilu Pasal 65 Ayat 1 Mengenai Keterwakilan Perempuan 30% (Studi Kasus Kota Bekasi). Jurnal Madani edisi 1/Mei 2005.

Roy C. Macridis, “Sejarah, Fungsi dan Tipologi Partai-partai,” dalam Ichlasul Amal, ed., Teori-teori Mutakhir Partai Politik (Yogyakarta, PT Tiara Wacana: 1996), Hlm. 23. Dalam Tesis Yeby MM, Pergeseran Positioning Model Kepartaian Partai Islam. 2015. Jogjakarta.

Supratiwi. “Partai Politik dan Politik Hijau: Studi tentang Kepedulian Parpol Terhadap Politik yang Prolingkungan di Kota Semarang.”

Wakhidatul Afifa, 2011. Skripsi “Implementasi Fungsi Partai Politik Sebagai Sarana Rekrutmen Politik Pada Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) Kabupaten Semarang.” Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan. Universitas Negeri Semarang.

Wengky Saputra, 2012. “Pola Rekrutmen Partai Politik (Studi:DPC Partai Demokrat dalam Menetapkan Caleg Pada Pemilu Legislatif 2009 Di Kabupaten Agam).” Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Andalas.

Ying Bai dan Ruixue Jia, 2015. “Elite Recruitment and Political Stability: The Impact of The Abolition of China’s Civil Service Exam.”




DOI: https://doi.org/10.52447/polinter.v4i2.1669

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.