STRATEGI POLITIK PEMENANGAN SUTARMIDJI-RIA NORSAN PADA PEMILIHAN GUBERNUR KALIMANTAN BARAT 2018: DITINJAU DARI METODE STRATEGI PERENCANAAN POLITIK

ledy sereninty

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi yang dilakukan pasangan calon Sutarmidji-Ria Norsan pada pemilihan Gubernur Kalimantan Barat: Ditinjau dari metode strategi perencanaan politik melalui tahapan-tahapan diantaranya, proses perencanaan strategi dalam SWOT (Strengths, Weknesses, Opportunities, and Threats),Visi, Tugas, Tujuan Akhir, Bidang-bidang Kunci dan Indikator Prestasi, Faktor-faktor analisa lingkungan sekitar, Penilaan Internal (Perkiraan), Analisa SWOT serta pemilihan strategi dan implemantasinya. Maka dari metode strategi perencanaan politik tersebut dapat terlihat implementasi strategi yang dilakukan oleh pasangan calon Sutarmidji-Ria Norsan pada pemilihan Gubernur Kalimantan Barat 2018 yang pertama dilakukan adalah dengan cara blusukan, blusukan adalah cara pasangan calon dalam mendekati masyarakat, kemudian dengan cara tersebut pasangan calon datang, menyapa, berbicara dan menghimpun apa yang harus dilakukan untuk wilayah Kalimantan Barat, dengan cara kampanye, mendekati daerah yang bukan basis masa nya menggunakan Money Politic,banyaknya anggota dalam struktur organisasi tim suskses, terjalinya kordinasi yang baik antar tim suskses, dalam kampanye memanfaatkan rekam jejak sebelumnya, mengusung program-program kerja ungulan, keterlinatan kegiatan keagamaan dalam berkampanye serta keterlibatan dalam forum organisasi adat.

Keywords


Strategi Politik, Pemilihan Kepala Daerah, Metode Strategi Perencanaan Politik

Full Text:

PDF

References


Harrison, Lisa. Metodologi Penelitian Politik, Jakarta: Kencana, 2009.

Pena, Tim Prima. Kamus Ilmiah Populer, Surabaya: Gitamedia Press, 2006).

Rasniati, “Strategi Pemenangan Pasangan Raden Adipati Sury dan Edward Antoni Dalam Pemilukada Serentak 2015 Di Way Kanan”. Skripsi Universitas Islam Negri Raden Intan Lampung, Jurusan Pemikiran Politik Islam, 2016.

Schroder, Peter. Strategi Politik, Jakarta: Friedrich Naumann Stiftung, 2004.

Surbakti, Ramlan. Memahami Ilmu Politik, Jakarta: PT.Gramedia Widisuasarana.

Sumber Internet

www.Gatra.com/rubrik/nasional/308904-survei-elektabilitas-milton crosby-boyman-capai-46persen. diunggah pada tanggal 8 Maret 2019.

www.Pontianak.tribunnews.com/amp/2018/06/24/saling-klaim-unggul berikut-hasil-elektabilitas-ketiga-paslon-gubernur-kalbar-versi-lembaga surveypage=2. diunggah pada tanggal 27 Maret 2019.

www.nasional.kompas.com/read/2018/07/13/15535341/infografik-peta kemenangan-pilkada-Kalimantan-Barat-2018. diunggah pada 7 Oktober 2018.

www.pontianak.tribunnews.com. Oesman Sapta: Mubes MABM Momentum Kebangkitan, Menjaga Marwah dan Khasanah Melayu. diunggah pada 19 Juni 2019.

www.kompas.com. diunggah pada 19 Juni 2019.




DOI: https://doi.org/10.52447/polinter.v5i1.2388

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Email : jurnalpolinter@gmail.com

Lt. 5, Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta,Jl. Sunter Permai Raya, Sunter Agung Podomoro, Jakarta 14350

Creative Commons License
Journal Polinter is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Copyright Pusat Penelitian Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta

View My Statcounter