PERAN MEDIA SOSIAL DALAM PENINGKATAN PARTSIPASI POLITIK MASYARAKAT KELURAHAN PULO GEBANG PADA PILKADA DKI JAKARTA TAHUN 2017

Muhammad Kennedy Cahya

Abstract


Tulisan ini akan mengkaji tentang Peran Media Sosial Dalam Peningkatan Partisipasi Politik Masyarakat Kelurahan Pulogebang Pada Pilkada DKI Jakarta PuloGebang Pada Pilkada DKI Jakarta Tahun 2017 dalam Negara demokrasi pemilihan umum (pemilu)/Pilkada serentak masih dianggap sebagai bentuk paling konkrtit keikutsertaan atau partispasi masyrakat dalam penyelenggaraan pemerintah salah satu Negara demokrasi itu adalah Indonesia. Salah satu media yang dianggap dapat meningkatkan tingkat partisipasi politik masyarakat pada Pilkada DKI Jakarta 2017 adalah media sosial seperti Website dan Instagram. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Peran Media Sosial dalam peningkatan partisipasi politik masyarakat kelurahan pulo gebang pada pilkada DKI Jakarta tahun 2017. Peran media sosial yang di era sekarang lebih penting karena bisa mempengaruhi partisipasi politik masyarakat di kelurahan pulogebang pilkada DKI Jakarta 2017 melalui platform Facebook, Twitter, WhatsApp, dan Youtube dalam dunia politik semakin meningkat berbarengan massifnya kegiatan politik baik berupa pengenalan calon kandidat melalui media sosial seperti melalui website dan instagram berupa kendaraan politik yang digunakan maupun kampanye visi-misi para kontestan yang ingin ikut bertarung baik pada pemilihan Gubernur DKI Jakarta tahun 2017 dan sangat berpengaruh pada peran media sosial dalam peningkatan partisipasi politik masyarakat kelurahan Pulo gebang pada Pilkada DKI Jakarta tahun 2017 faktornya yang mempengaruhi masyarakat pulo gebang ialah media sosial seperti website dan instagram yang memberikan informasi kedua calon gubernur berupa visi dan misinya / rencanya untuk memajukan DKI Jakarta dan saling menyikut antar kedua calon tersebut untuk memperebutkan kursi di DKI Jakarta tahun 2017

Keywords


media sosial, partisipasi politik, pilkada DKI Jakarta 2017

Full Text:

PDF

References


Adrew Heywood, Ilmu Politik, Edisi Keempat, 2014: hal 327,328,329)

Cangara, Prof. Dr. Hafied. (2009). Komunikasi Politik: Konsep, Teori dan

strategi. Jakarta: Rajawali Pers.

Dasar-Dasar Fotografi Ponsel, Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Denis McQuail, Teori Komunikasi Massa Suatu Pengantar, (Jakarta:

Erlangga, 1992), hal 71

Depdiknas RI, 2002. Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta : Balai

Pustaka, Ardianto Elvinaro, 2004. Komunikasi Massa : Suatu Pengantar,

Bandung : Simbiosa Rekatama Media.

Hafied Cangara, P engantar Ilmu Komunikasi, (Jakarta: Raja Grafindo

Persada, 2011), hal 125.

Michael Haenlein, 2010. Users of the world, unite! The challenges and

opportunities of Social Media". Business Horizons.

Rajawali Pers Soerjono Soekanto, 1986. Sosiologi Suatu Pengantar, Model Analisa Data Interaktif. cet.7 Jakarta: Rajawali.

Ramlan Surbakti, 1992. Memahami Ilmu Politik, PT. Gramedia

Widiasarana Indonesia, Jakarta

Rulli Nasrullah, 2017. Media Sosial : Perspektif Komunikasi, Budaya, dan

Sosioteknologi, Bandung : Remaja Rosdakarya.

Samuel P Huntington dan Joan Nelson, 1994, Partisipasi Politik di Negara

Berkembang, Jakarta : Rineka Cipta,

Soejono Soekanto, 2001. Sosiologi sebagai pengantar, Jakarta: PT Raja

Grafindo Persada.

Sarlito Wirawan Sarwono, 2015. Teori- Teori Psikologi Sosial, Jakarta:

Mainka, A., Hartmann, S., Stock, W, G., & Peters, I.(2015). Government

and Media Sosial : A Case Study of 31 Informational World Cities.

Sumber Damsar Prof, 2010. Pengantar Sosiologi Politik, Jakarta; Kencana

Prenada Media Group.

Thea Rahmani, 2016, Penggunaan Media Sosial Sebagai Penguasaan.

Ardha, B. (2014). Social Media Sebagai Media Kampanye Partai Politik

Di Indonesia. Jurnal Visi Komunikasi, 13(1),105– 120

Budiyono. (2016). Media Sosial dan Komunikasi Politik: Media Sosial

sebagai Komunikasi Politik Menjelang PILKADA DKI Jakarta

Jurnal Komunikasi 11 (1), 47– 62.

Raenaldy, A., Erviantono, T., Ilmu, F., Politik, I., & Udayana, U. (2017).

Hubungan antara Media Sosial terhadap Peluang Kemenangan

Pasangan Calon Gubernur DKI Jakarta Pada Pilkada 2017 ( Studi

Wilayah Jakarta Utara ), 2017. Retrieved from file:///E:/Proposal

Disertasi V2/New folder/33205-1297-65553-1-10-20170829.pdf

Yannis Charalabidis, Euripidis N. Loukis, Aggeliki Androutsopoulou,

Vangelis Karkaletsis, A. T., & Triantafillou, A. (2014).

crowdsourcing pasif dalam pemerintahan menggunakan media

sosial.




DOI: https://doi.org/10.52447/polinter.v5i2.4053

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Email : jurnalpolinter@gmail.com

Lt. 5, Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta,Jl. Sunter Permai Raya, Sunter Agung Podomoro, Jakarta 14350

Creative Commons License
Journal Polinter is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Copyright Pusat Penelitian Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta

View My Statcounter