E-GOVERNMENT SEBAGAI UPAYA INOVASI DALAM PELAYANAN PAJAK DAERAH KABUPATEN PANDEGLANG

Bayu Nurrohman

Sari


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya permasalahan terkait dengan penerimaan Pendapatan Asli Daerah di Kabupaten Pandeglang dari sector pajak. Salah satu hal yang peling berpengaruh adalah tingkat kepatuhan masyarakat yang masih rendah dalam membayar pajak. Hal ini juga disebabkan karena system pengelolaan dan pemungutan pajak masih belum transparan. E-Government dalam Pelayanan Pajak Daerah Kabupaten Pandeglang ini adalah program untuk memperbaiki kuallitas pelayanan public dari sector pajak dengan menggunakan konsep pelayanan berbasis system teknologi informasi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan pendeketan deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa program ini berjalan dengan baik karena didukung oleh pengembangan system yang baik dan juga pengembangan kualitas sumber daya manusia di level birokrasi sebagai pelaksana dari pelayanan public di Badan Pelayanan Pajak Daerah Kabupaten Pandeglang. Rekomendasi dari penelitian ini adalah bahwa pemerintah Kabupaten Pandeglang harus juga memperhatikan kemampuan dan akses masyarakat wajib pajak sebagai penerima jasa layanan pajak untuk lebih memahami system yang dibangun dan dilaksanakan karena akan lebih membuat program ini berjalan dengan sangat baik.

Kata Kunci


e-government, pajak, system informasi

Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Irwansyah Lubis. 2010. Pelaporan Pajak Penghasilan. Edisi Revisi.Gramedia,

Kesit, Bambamg Prakosa. 2005. Pajak dan retribusi Daerah. Yogyakarta:Andi

Matrihot, Andi. 2005. Pajak Daerah dan Retribusi Daerah . Jakarta: Grafindo

Mardiasmo. 2002. Otonomi dan Manajemen Keuangan Daerah. Yogyakarta: An




DOI: https://doi.org/10.52447/polinter.v5i2.4055

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.