STRATEGI TIM SUKSES PADA PILKADA KABUPATEN HALMAHERA UTARA 2020

Rifaldo Kokerehe, Gloria Miagina Palako Djurubassa, Frets A. Goraph

Sari


Penelitian ini membahas tentang proses pemilihan kepala daerah di Kabupaten Halmahera Utara pada Pilkada tahun 2020 kemaren. Namun lebih spesifik membahas tentang strategi tim sukses dalam memenangkan kandidiat pilihannya.  Pilkada Halmahera Utara diikuti oleh dua pasangan calon yang memiliki visi, misi, program kerja dan tentunya dalam perencanaan untuk mencapai kemenangan haruslah memiliki tim pendukung dalam menjalankan strategi dari pasangan calon tersebut. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif, penelitian ini memberi gambaran tentang proses berdemokrasi di Kabupaten Halmahera Utara khususnya pada Desa Gura Kecamatan Tobelo, dengan melihat strategi tim sukses dari 2 pasangan calon peserta Pilkada 2020. Tim sukses yang berada di Desa Gura tersebut antara lain Tim Relasi FM, Garuda Muda, dan Tim Sahabat FM dari pasangan calon no urut 1 sedangkan tim sukses dari pasangan calon nomor urut 2 yaitu Totohuro Silent dan di dalamnya terbagi beberapa tim pendukung lainnya berbasis TPS yaitu posko Barakuda, Dukono, Buale, Wayamato dan Papaco. Berbagai strategi digunakan oleh kedua tim sukses agar mampu menyakinkan para pemilih untuk memilih pasangan calon yang di dukungnya. Dalam menjalankan strategi atau program yang di telah di susun, tim sukses dan pasangan calon akan perhadapkan dengan berbagai persoalan yakni ada banyak faktor pendukung didalam menjalankan strategi dan juga ada faktor penghambat didalam menerapkan strategi yang dibuat oleh kedua tim tersebut oleh karna itu kinerja yang baik sangatlah di perlukan demi terealisasinya strategi tersebut. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan pandangan serta pola yang baru terkait dengan strategi tim sukses dalam memenangkan pasangan calon serta penerapan strategi dalam mendukung para pasangan calon agar lebih optimal.


Kata Kunci


strategi, tim sukses, pilkada

Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Arief Widiatmoko. Analisis Strategi Pemasaran Produk Sepatu pada CV. Mulia Ciomas. .Skripsi. Institut Pertanian Bogor, 2007).

Dahlan Al Barry, “Kamus Ilmiah Popular”, (Yogyakarta: Akola Surabaya, 1994)

Danang Sunyoto, Manajemen Pemasaran (Pendekatan Konsep, Kasus, dan Psikologi Bisnis), Yokyakarta: CAPS Center Of Academic Publishing Service, 2013.

Fandy Tciptono, Strategi Pemasaran. Yogyakarta. Edisi III.

Frets Alfret Goraph, A. L. (2018). Mekanisme Rekrutmen Partai Politik Dalam Penetapan Calon Legislatif Di Kabupaten Halmahera Utara (Studi Kasus di DPC PDIP Kabupaten Halmahera Utara 2014). OSF Preprints, 1-7.

GORAPH, F. A. (2014). POLITISASI ADAT HIBUA LAMO (Studi Kasus Tentang Pemasaran Politik Calon Independen Dalam Pemilihan Umum Kepala Daerah Maluku Utara 2013-2018). UNIVERSITAS AIRLANGGA, xi.

Goraph, F. A. (2018). Faktor-Faktor Yang Berpengaruh Terhadap Budaya Politik Pemilih Desa Adat (Studi Kasus Tentang Tipologi Pemilih Desa Kakara Dalam Pemilihan Kepala Daerah Maluku Utara). OSF Preprints, 1-7.

Goraph, F. A. (2018). Pemasaran Politik Calon Independen Dalam Pemilihan Umum Kepala Daerah Maluku Utara 2013-2018. OSF Preprints, 1-7.

Andy Offset. 2008. Francois Vellas & Lionel Becherel, Pemasaran Pariwisata Internasional, Sebuah Pendekatan Strategis. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia anggota IKAPI DKI: 2008.

Hary Rachmat Riyadi, “Analisis Strategi Pemasaran Pariwisata Pantai Parangtritis Pasca Gempa Bumi Dan Tsunami”, Skripsi, Institus.

Marketing Politik Lokal. Teori Dan Analisis Strategi Politik., Alfon Kimbal & Frets A. Gorap, 2017.

Soerjono, Faktor-faktor yang Mempengaruhi Penegakan Hukum. RajaGrafindo Persada, Jakarta, Cetakan Keenam, 2005.

Sudarto, Kapita Selekta Hukum Pidana, Alumni, Bandung, Cetakan Pertama, Edisi Ketiga, 2006. Syaukani, H.R., Otonomi Daerah dalam Negara Kesatuan, Pustaka Pelajar, Yogjakarta, 2002.

Wijadjaja, A.W., Titik Berat Otonomi DaerahTingkat II, Raja Grafind




DOI: https://doi.org/10.52447/polinter.v7i1.4581

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.