STRATEGY POLITICAL MARKETING DALAM PEMILIHAN KEPALA DESA (Studi Kasus: Kepala Desa Yang Terpilih Prastowo Di Desa Sidodadi Kecamatan Waylima Kabupaten Pesawaran Tahun 2019)

Putri Rahmaini

Sari


Penelitian ini dilakukan agar dapat mengetahui strategi political marketing yang Prastowo terapkan pada pemenangannya sebagai Kepala Desa. Penelitian ini dilakukan agar masyarakat mengetahui apasaja yang akan dipakai dalam strategy political ini. Metodelogi penelitian yang digunakan oleh peneliti menggunakan penelitian kualitatif deskriptif, dengan melakukan teknik wawancara, observasi dan studi pustaka. Dalam penelitian ini juga menggunkan data primer dan data sekunder. Hasil kesimpulan dari penelitian ini menunjukan bahwa Prastowo sebagai calon kandidat Kepala Desa dapat memakai strategy political marketing agar lebih memudahkan dalam mendapatkan perolehan suara dalam Pemilihan Kepala Desa. Dengan Menggunakan Pendekatan Party Oriented Party (POP) yang merupakan bagian sangat penting dilakukan sebelum pelaksanaan Pilkades diadakan. Political Marketing melakukan kunjungan kedaerah tertentu atau datang kerumah penduduk setempat yang ikut berpartisipasi dalam asosiasi maupun organsasi.  


Kata Kunci


Strategy, Political Marketing, Pilkades

Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Antlov Hans, 2003. Negara Dalam Desa (Patronase Kepemimpinan Lokal). Yogyakarta: Lampera Pustaka Utama.

Andrias, M.A, 2013. Partai Politik dan Pemilukada (Analisis Marketing Politik dan Strategi Positioning Partai Politik) Tasikmalaya: Universitas Siliwangi.

Arikunto, Suharsimi, 1993. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Budiarjo, Miriam, 2009. Dasar-Dasar Ilmu Politik. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Nursal, Adman.2004. Political Marketing: Strategi Memenangkan Pemilu. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

Ibrahim Amin, 2004. Pokok-Pokok Analisis Kebijakan Publik (AKP). Bandung: Mandar Maju.

Syafiie, Inu Kencana. 2010. Ilmu Politik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Kaloh, J., Mencari Bentuk Otonomi Daerah, Suatu Solusi dalam Menjawab Kebutuhan Lokal dan Tantangan Global, Bhineka Cipta, Jakarta, 2002.

Moelang J Lexy, 2006. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Offset.

Firmanzah, 2012. Marketing Politik. Jakarta: Pustaka Obor Indonesia.

Nursal, Adman, 2004. Political Marketing: Strategi Memenangkan Pemilihan Umum, Jakarta, Gramedia Pustaka Utama




DOI: https://doi.org/10.52447/polinter.v7i1.4584

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.