MELACAK PERILAKU MEMILIH MASYARAKAT YOGYAKARTA PADA PEMILU LEGISLATIF 2014: STUDI KASUS DI DESA MLANGI KEC. GAMPING KAB. SLEMAN YOGYAKARTA

Yeby Ma'asan Mayrudin

Sari


Artikel ini membincang persoalan perilaku memilih masyarakat Yogyakarta yang menetap di sekitar kawasan pondok pesantren. Dalam penelitian ini, penulis mendapati beberapa temuan utama, di antaranya adalah para pemilih (responden) di wilayah yang dekat dengan pondok pesantren, seperti Mlangi masih memiliki party ID yang tinggi terhadap partai politik. Para pemilih tersebut, cenderung memiliki preferensi politik yang besar terhadap partai Islam. Terdapat kecenderungan bahwa masyarakat di sana begitu condong kepada partai-partai Islam, sedangkan partai-partai nasionalis-sekuler kurang begitu diminati oleh mereka.


Kata Kunci


Kata kunci: Perilaku Memilih, Partai Islam, Pendekatan Sosiologis, Yogyakarta

Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Baswedan, Anis Rasyid. “Sirkulasi Suara dalam Pemilu 2004” dalam Analisis CSIS vol. 33, no. 2, (Juni, 2004): h. 173 dan 188.

Billah, MM. “Pergolakan NU dan Kelompok Islam: Interplay antara “Gerakan Tandingan” dan ‘Tandingan atas Gerakan Tandingan’,” dalam Asep Gunawan (ed). Artikulasi Islam Kultural: Dari Tahapan Moral ke Periode Sejarah (Jakarta: RajaGrafindo Persada, 2004)

Gunawan, Asep (ed). Artikulasi Islam Kultural: Dari Tahapan Moral ke Periode Sejarah (Jakarta: RajaGrafindo Persada, 2004)

Marijan, Kacung. Quo Vadis NU Setelah Kembali ke Khittah 1926 (Jakarta: Erlangga, 1992).

Mujani, Saiful. Liddle, Robert W. dan Ambardi, Kuskrido. Kuasa Rakyat: Analisis tentang Perilaku Memilih dalam Pemilihan Legislatif dan Presiden Indonesia Pasca Orde Baru (Jakarta: Mizan Publika, 2012)

Mujani, Saiful. Muslim Demokrat: Islam, Budaya Demokrasi, dan Partisipasi Politik di Indonesia pasca Orde Baru (Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama, 2007).

Pamungkas, Sigit. Partai Politik: Teori dan Praktik di Indonesia (Yogyakarta: Institute for Democracy and Welfare: 2012).

Roth, Dieter. Studi Pemilu Empiris: Sumber, Teori-teori, Instrumen dan Metode. Penerjemah Denise Matindas (Jakarta: Friedrick-Naumann-Stiftung fur die Freiheit, 2008)




DOI: https://doi.org/10.52447/polinter.v2i2.601

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.