ANALISIS KEPENTINGAN INDONESIA BERGABUNG DALAM APEC

Polii Restilia

Sari


Perdebatan antara para akademisi maupun praktisi Hubungan Internasional mengenai mengapa Indonesia mau bergabung dalam Asia Pacific Economic Cooperation (APEC) sampai saat ini masih belum berakhir. Terdapat kelompok yang optimis dan juga pesimis. Penelitian ini akan membahas mengenai apa sebenarnya kepentingan Indonesia bergabung dalam APEC, yang akan dilihat dari kepentingan ekonomi, maupun kepentingan politik. Teori yang digunakan adalah konsep saling ketergantungan dan teori neoliberal institusionalisme. Hasil penelitian ini akan menguraikan manfaat dan peluang serta tantangan Indonesia dalam keanggotaan APEC.

Kata Kunci


Indonesia, APEC, Kepentingan Negara, Kerjasama

Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Asia Pacific Economic Cooperation. 1999. Asia Pacific Economic Cooperation 1999, Singapore: APEC Secretariat.

DR. Anak Agung Banyu Perwita dan DR. Yanyan Mochammad Yani. 2006. Pengantar Ilmu Hubungan Internasional, Bandung : PT Rosdakarya.

Hero U. Kuntjoro-Jakti, Broto Wardoyo dan Tirta Nugraha (Ed). “Regionalisme, Gejala Pasca-Perang Dingin?”, Kebangkitan Kembali Asia Timur.

Ikenberry John. G, (2008), “Rising Powers and Global Institutions”, dalam Art & Jervis, (2009), International Politics, Ninth ed, hal. 560-566

Imron Rosyadi, 2002. Ringkasan Ekonomi Internasional Soal Dan Penyelesaiannya, Surakarta, Muhammadiyah Press.

Keohane O., Robert (1989), International Institutions and State Power (Essay in International Relations Theory), London: Westvie Press.

Robert Jackson dan Gorge Sorensen, Pengantar Studi Hubungan Internasional, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2005.

Suryodipuro. Arto (Direktur Kerja Sama Intra kawasan Asia Pasifik dan Afrika) dalam seminar “Proyeksi Peran Indonesia dalam Kerjasama Ekonomi Asia-Pasifik” November 2012.

Tarmidi, Lepi T, 1995. AFTA, NAFTA, CER and APEC: Possibilities for Enhancing Trade and Investment Flows. Jakarta: UI-Press.

Yanuar Ikbar, 2006, Ekonomi Politik Internasional 1: Konsep dan Teori, Bandung: PT Refika Aditama.

Sumber Internet :

http://ditpolkom.bappenas.go.id/basedir/Politik%20Luar%20Negeri/3%29%20Keanggotaan%20Indonesia%20dalam%20Organisasi%20Internasional/5%29%20APEC/APEC.pdf

http://bisnis.liputan6.com/read/567102/ri-cetak-rekor-aliran-investasi-asing-tertinggi-di-asia tenggara




DOI: https://doi.org/10.52447/polinter.v1i1.64

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.