Peran Diplomasi Kebudayaan Jepang Dalam Perkembangan Perekonomian Jepang Melalui JAK Japan Matsuri Di Indonesia Pada Tahun 2017-2019

Rahmawati Rahmawati, Indrawati Indrawati

Abstract


Abstract

Japanese cultural diplomacy also enters the next stage in the 21st century. Through this period, Japan also wants to show through its cultural diplomacy efforts in this era of globalization that Japan adheres to the same values as the values held by the international community, Japan has a strong appeal. unique compared to cultures in other Asian countries by using popular culture as a form of diplomacy carried out by Japan Indonesia through the Jak Japan Matsuri which is held in Indonesia Jak Japan Matsuri is a festival formed by Japanese citizens living in Indonesia.The influence of Cultural Diplomacy has a large impact on public opinion which makes Japan's image more positive, Japan takes advantage of this to improve its economy Cultural diplomacy is one of the important foreign policies for Japan to increase the national economy.

Keyword : Cultural Diplomacy, Jak Japan Matsuri

Abstrak

Diplomasi budaya Jepang juga memasuki tahap selanjutnya di abad ke-21. Melalui periode ini, Jepang juga ingin menunjukkan melalui upaya diplomasi budayanya di era globalisasi ini bahwa Jepang menganut nilai-nilai yang sama dengan nilai-nilai yang dianut masyarakat internasional, Jepang memiliki daya tarik yang kuat. unik dibandingkan dengan budaya di negara Asia lainnya dengan menggunakan budaya populer sebagai bentuk diplomasi yang dilakukan oleh Jepang Indonesia melalui Jak Japan Matsuri yang diadakan di Indonesia Jak Japan Matsuri merupakan festival yang dibentuk oleh warga negara Jepang yang tinggal di Indonesia. Diplomasi berdampak besar pada opini publik yang membuat citra Jepang semakin positif, Jepang memanfaatkan hal ini untuk meningkatkan perekonomiannya Diplomasi budaya merupakan salah satu kebijakan luar negeri yang penting bagi Jepang untuk meningkatkan perekonomian nasional.

Keyword : Diplomasi Kebudayaan, Jak Japan Matsuri


References


Adhyasa, D. (2021). 10 Nrgara Berpenduduk Muslim Terbesar Di Dunia . Retrieved from yahooberita: id.berita.yahoo.com

AichiNow. (2021). Shoryudo (Central Japan) . Retrieved from www.aichi-now.jp: https://www.aichi-now.jp/en/travelkits/area_shoryudo/

All Japan Magazine and Book Publishers. (2021). Manga Selling Statistics. Retrieved from ajpea.or.jp: https://www.ajpea.or.jp/publication/

Bestor, T. C. (2018). How Sushi Went "Foreign Policy". Harvard.edu.

Erwindo, C. W. (2018). Efektifitas Diplomasi Budaya Dalam Penyebaran Anime Dan Manga Sebagai Nation Branding Jepang. Jurnal Analisis Hubungan Internasional, Vol. 7 No 2.

Fikri, M. (2019). Fandomnya Banyak, Yuk Melihat Kembali Perjalanan Anime di RI. Retrieved from cnbcindonesia: https://www.cnbcindonesia.com/lifestyle/20190316114109-33-61045/fandomnya-banyak-yuk-melihat-kembali-perjalanan-anime-di-ri

Firmansyah, J. (2018). Takoyaki Laris Manis di Jak-Japan Matsuri 2018. Retrieved from tempo.com: https://metro.tempo.co/read/1124834/takoyaki-laris-manis-di-jak-japan-matsuri-2018/full&view=ok

Gravett, P. (2004). Manga: Sixty Years of Japanese Comics .

Japan National Tourism Organizations. (2020). statistics Indonesian visitors in Aichi . Retrieved from jnto.go.jp: https://statistics.jnto.go.jp/en/graph/#graph--lodgers--by--prefecture

Japan, M. O. (2021). Retrieved from Cultural Exchang: Pop-Culture Diplomacy: https://www.mofa.go.jp/

Jepang, K. B. (2021). Hubungan Bilateral Jepang dan Republik Indonesia . Retrieved from emb-japan.go.jp: https://www.id.emb-japan.go.jp/infcul.html

Kartini Subekti. (2007). Diplomasi Kebudayaan.

Kedutaan Besar Jepang di Indonesia. (2021). Hubungan Perekonomian Indonesia - Jepang. Retrieved from id.emb-japan.go.jp: https://www.id.emb-japan.go.jp/birelEco_id.html

Kedutaan Besar Jepang di Indonesia. (2021). Upaya menjadikan Jepang kembali sebagai surga wisata. Retrieved from https://www.id.emb-japan.go.jp/aj303_05.html

McCurry. (2008). Japan Lost Decade.

Ministry of Economy, T. a. (2012). meti.go,jp. Retrieved from https://www.meti.go.jp

Ministry of Economy, T. a. (2018). diplomatic in indonesia. Retrieved from https://www.meti.go.jp

Morghentau, H. J. (1951). In Defense Of Thne National Interest. University Press Of America.

Nuraini. (2017). Diplomasi kebudayaan Jepang Terhadap Indonesia Dalam Mengembangkan Bahasa Jepang. Journal Fisip Unri,Vol4,No(2,).

Ogura, K. (2009). Japan’s Cultural Diplomacy,Past And Present. jripec.aoyama.ac.jp.

Pramana, N. A. (2018). COSPLAY ADALAH “JALAN NINJAKU” SEBUAH INTERPRETATIVE PHENOMENOLOGICAL ANALYSIS. Jurnal Empati, Volume 8 (Nomor3).

PURBA, A. L. (2021). COOL JAPAN STRATEGY DALAM HUBUNGAN DIPLOMASI. Medan.

Putralisindra, D. (2017). UPAYA DIPLOMASI KERJASAMA KEBUDAYAAN INDONESIA DAN JEPANG GUNA MENINGKATKAN SEKTOR PARIWISATA. Universitas Negeri Malang.

Rahayu, S. (2014). Indonesian National Branding Perception for Supporting Export Performance to Japan and Australia. Kementerian Perdagangan - RI.

Safariani, P. (2016). PENYEBARAN POP CULTURE JEPANG OLEH ANIME.

Seta, M. A. (2014). Kepentingan Nasional Dalam Hubungan Internasional. Unair.ac.id.

Shoelhi, M. (2011). DIPLOMASI Praktik Komunikasi Internasional . Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Sihombing, L. (2017). PENINGKATAN KERJA SAMA BILATERAL INDONESIA-JEPANG. Majalah Info Singkat Hubungan Internasional, Vol. IX, No. 02/II/Puslit/Januari/2017.

Sitepu, P. A. (2011). Studi Hubungan Internasional. Yogyakarta: Edisi Pertama.

Station, J. (2017). Japan Movies in indonesia. Retrieved from https://japanesestation.com/entertainment

Sugiono, P. D. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D . Bandung: Alfabeta.

Utomo, M. B. (2017). Memaknai 50 Tahun Hubungan Jepang Jepang. Jurnal Hubungan Internasional.

Waluyo, A. (2019). Jokowi: Indonesia Bisa Jadi Penyeimbang Asia Timur. Retrieved from voaindonesia: https://www.voaindonesia.com/a/jokowi-dorong-stabilitas-asia-timur




DOI: https://doi.org/10.52447/gij.v7i2.6584

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Editorial Office of Global Insight Journal:

Fakultas Ekonomi, Bisnis dan Ilmu Sosial

Gedung UTA'45 Jakarta Lantai 4

Jl. Sunter Permai Raya, Jakarta 14350