“NEO KKN” DAN TANTANGAN DEMOKRATISASI INDONESIA DALAM PENDEKATAN OLIGARKI

Sisman Prasetyo

Abstract


Penulisan ini menguraikan mengenai terkait fenomena demokrasi di Indonesia. Memasuki Orde Baru, demokrasi menemukan momentumnya, perguliran ideology politik terjadi dari otoritarianisme, ke demokrasi, Meski demikian, beberapa penyakit pada masa sebelumnya justru muncul dalam bentuknya yang baru dimasa kini Penyakit tersebut masih terait KKN (Korpusi, Kolusi, dan Nepotisme) yang terbalut dalam berbagai isu semacam desentralisasi dan demokratisasi. Artikel ini bertujuan untuk mengurai permasalahan dan pertautan antara fenomena neo-KKN dan demokratisasi di Indonesia dalam pendekatan Oligarki. Oligarki adalah merupakan sistem politik dimana pihak yang memerintah terdiri atas sejumlah orang atau sekelompok orang (kelompok elit). Sekelompok elit tersebut dalam menjalankan pemerintahan selalu menggunakan segala cara agar rakyat dapat dikendalikan dan dikuasainya. Sistem ini disebut juga pemerintahan dari atas yakni Negara dijadikan alat untuk mencapai tujuan kelompok elit, sehingga tujuan yang menyangkut kesejahteraan rakyat, keadilan, dan kemerdekaan perorangan biasanya tidak dapat (sulit).Dengan menggunakan perspektif Mark E. Warren, relasi generik antara korupsi dan demokrasi akan diuraikan, termasuk beberapa langkah strategis dalam menanggulangi permasalahan tersebut

References


Douglas Webber, “Consolidated Patrimonial Democracy? Democratization in Post Suharto Indonesia”. Democratization, vol. 13, no. 3, (2006), hal. 396

Harjanto, Nico. 2011. “Politik Kekerabatan Dan Institusionalisasi Partai Politik Di Indonesia.” Analisis CSIS 40(2): 138–59.

Irham, Muhammad Aqil. “Demokratisasi Indonesia Yang Lebih Demokratis Ketika Gerakan Reformasi Tercetus Di Dikeluarkannya Berbagai Produk Perundang-Undangan Dan Praktik ‘ Demokrasi ’ Di Zaman Orde Baru . Pada Era Orde Baru , Perubahan Sosial Dan Politik Secara Demokratis Di Mela.” XVI: 245–78.

Koho, Intan Rachmina. 2021. “Oligarki Dalam Demokrasi Indonesia.” Lensa 15(1): 60–73.

Sidel, John T. 2005. “Indonesia : Towards an the Study of ‘ Local Strongmen .’” Politicising Democracy : The New Local Politics of Democratisation: 51–74.

Warren, Mark E. 2004. “What Does Corruption Mean in a Democracy?” American Journal of Political Science 48(2): 328–43.




DOI: https://doi.org/10.52447/gij.v8i1.7025

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Editorial Office of Global Insight Journal:

Fakultas Ekonomi, Bisnis dan Ilmu Sosial

Gedung UTA'45 Jakarta Lantai 4

Jl. Sunter Permai Raya, Jakarta 14350