Pengaruh Investasi Dan Insentif Komisaris Terhadap Harga Saham Yang Dimoderasi Oleh Disclosure Social

melisa melisa, Rio Johan Putra

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris pengaruh dari pertumbuhan laba dan pemberian insentif komisaris terhadap harga saham yang dimoderasi oleh investasi yang diterima perusahaan. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2014 – 2018. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Penelitian ini akan menggunakan software STATA dalam menganalisis data penelitian. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa investasi tidak berpengaruh signifikan terhadap harga saham, pemberian insentif komisaris tidak berpengaruh signifikan terhadap harga saham, disclosure social berpengaruh signifikan positif terhadap harga saham, investasi tidak berpengaruh signifikan terhadap harga saham yang dimoderasi oleh disclosure social, dan pemberian insentif komisaris berpengaruh signifikan positif terhadap harga saham yang dimoderasi oleh disclosure social.


Keywords


Investasi, Insentif Komisaris, Harga Saham, dan Disclosure Social

References


Fatemi, A., Glaum, M., & Kaiser, S. (2018). ESG performance and firm value: The moderating role of disclosure. Global Finance Journal, 38, 45–64. https://doi.org/10.1016/j.gfj.2017.03.001

Huck, S., Seltzer, A. J., & Wallace, B. (2011). Deferred compensation in multiperiod labor contracts: An experimental test of Lazear’s model. American Economic Review, 101(2), 819–843. https://doi.org/10.1257/aer.101.2.819

Humanitisri, N., Ghozali, I., Prof, J., & Sh, S. (2018). Perusahaan Sebagai Variabel Mediasi , dan Visibilitas Sebagai Variabel Moderasi dalam Hubungan antara CSR dengan Reputasi ( Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2015-2016 ). 7, 1–13.

Maharani, S. (2013). Corporate Sustainability Report Sebagai Indikator Pengambilan Keputusan Investasi. 15(2), 191–200. Retrieved from http://www.yinglisolar.com/us/about/sustainability/

Muhammad, T. T., & Rahim, S. (2015). Pengaruh Tingkat Likuiditas Dan Profitabilitas Terhadap Harga Saham Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia ( BEI ). Jurnal Akunntansi Aktual, 3(2), 117–126.

Purwanto, B. I. (2015). Analisis kinerja portofolio saham LQ-45. Journal of Business Studies, 04(1), 1–16.

PWC. (2019). Investasi yang bertanggung jawab dan pembangunan yang berkelanjutan semakin diprioritaskan oleh ekuitas swasta, menurut survei PwC. Retrieved January 22, 2020, from https://www.pwc.com/id/en/media-centre/press-release/2019/indonesian/investasi-yang-bertanggung-jawab.html

Rohmah, R., Muslich, M., & Rahadi, D. R. (2019). Pengaruh Keputusan Investasi, Keputusan Pendanaan, dan Kinerja Keungan Terhadap Harga Saham (Studi pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI). Jurnal Kewirausahaan, Akuntansi Dan Manajemen, 1(1), 1–12.

Sheikh, S. (2018). Is corporate social responsibility a value-increasing investment? Evidence from antitakeover provisions. Global Finance Journal, 38, 1–12. https://doi.org/10.1016/j.gfj.2017.08.002

Sulistyaningsih, S., & Gunawan, B. (2018). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Risk Management Disclosure (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2012-2014). Riset Akuntansi Dan Keuangan Indonesia, 1(1), 1–11. https://doi.org/10.23917/reaksi.v1i1.1973

Uly, Y. A. (2018). IHSG Akhir Tahun 6.194, Presiden Jokowi: Sesuai Target : Okezone Economy. Retrieved November 17, 2019, from Okezone website: https://economy.okezone.com/read/2018/12/28/278/1997162/ihsg-akhir-tahun-6-194-presiden-jokowi-sesuai-target

Wheelen, Thomas L.; Hunger, J. D. (2012). Strategic Management Model Gathering Information Societal Environment: General forces.

Yunita, A. (2013). Biaya Sosial Sebagai Bagian Corporate Social Responsibility Dalam Sudut Pandang Akuntansi. Society, 1(1), 1–18. Retrieved from https://www.neliti.com/id/publications/130606/biaya-sosial-sebagai-bagian-corporate-social-responsibility-dalam-sudut-pandang




DOI: https://doi.org/10.52447/jam.v5i1.4166

Refbacks

  • There are currently no refbacks.