Pengaruh Profitabilitas Terhadap Zakat Bank Syariah Dengan Islamic Social Reporting (ISR) Sebagai Variabel Moderating
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh profitabilitas terhadap zakat perusahaan dengan Islamic Social Reporting (ISR) sebagai variabel moderating. Sampel yang digunakan adalah Bank Umum Syariah (BUS) selama tahun 2014-2019, berdasarkan metode purposive sampling diperoleh 6 BUS. Metode pengujian data yang digunakan adalah analisis regresi linier sederhana dan uji Moderated Regression Analysis (MRA). Hasil penelitian menunjukan profitabilitas berpengaruh positif terhadap zakat perusahaan dan Islamic Social Reporting (ISR) tidak dapat memoderasi pengaruh profitabilitas terhadap zakat perusahaan.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Afandi, Muhammad Anif. 2019. “Profitability Variables and Bank Size Effects on Corporate Zakat: Evidence from Indonesian Islamic Banks.” International Journal of Zakat 4(1): 55–66.
Ahzar, Fahri Ali, and Rina Trisnawati. 2013. “Pengungkapan Islamic Social Reporting Pada Bank Syariah Di Indonesia.” Proceeding Seminar Nasional SANCALL 2013: 477–83.
Ari, Rahmawati. 2017. “Pengaruh Profitabilitas, Ukuran Dewan Pengawas Syariah Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Pembayaran Zakat (Studi Kasus Pada Bank Umum Syariah Di Indonesia Periode 2010-2015).” 53(9): 1689–99.
Dewi, Lia Kusuma, Anny Widiasmara, and Nik Amah. 2019. “Pengaruh Profitabilitas Dan Manajemen Laba Terhadap Tax Avoidance Dengan Corporate Social Responsibility Sebagai Variabel Moderating Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2015-2017.” Simba: 867–78.
Firmansyah, Irman, Aam S Rusydiana, Kata Kunci, and Bank Islam. 2013. “Pengaruh Profitabilitas Terhadap Pengeluaran Zakat Pada Bank Umum Syariah Di Indonesia Dengan Ukuran Perusahaan Sebagai Variabel Moderasi.” Jurnal Liquidity 2(2): 110–16.
Harianto, Syawal. 2014. “Analisis Metode Perhitungan Zakat Perusahaan.” Jurnal Ekonomi dan Pembangunan (Ekonomika) 6(11): 1–12.
Hasty, Ayu Dwi and Vinola Herawaty. 2017.”Pengaruh Struktur Kepemilikan Leverage, Profitabilitas dan Kebijakan Dividen Terhadap Manajemen Laba dengan Kualitas Audit Sebagai Variabel Moderasi."Media Riset Akuntansi 17(1): 1–16.
Kalbarini, Rahmah Yulisa. 2018. “Implementasi Akuntabilitas Dalam Shari’ah Enterprise Theory Di Lembaga Bisnis Syari’ah (Studi Kasus: Swalayan Pamella Yogyakarta).” Al-Tijary 4(1): 1–12.
Mardliyyah, Zharifah, Sigid Eko Pramono, and Mukhammad Yasid. 2020. “Pengaruh Islamic Social Reporting Terhadap Kinerja Bank ( Studi Pada Perbankan Syariah Di Indonesia ).” 4(1): 43–51.
Widiastuti, Indah. 2018. “Pengaruh Profitabilitas Terhadap Pembayaran Zakat Dengan Ukuran Perusahaan Sebagai Variabel Moderasi.”61-80
Mukhlis, Ahmad, and Irfan Syauqi Beik. 2013. “Analisis Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Tingkat Kepatuhan Membayar Zakat: Studi Kasus Kabupaten Bogor.” Al-Muzara’ah 1(1): 83–106.
Sultan Mubarok dan Anisatus Sholihah. 2020. “Implementasi Islamic Social Reporting Index.” 6(1): 1–25.
Putrie, Regi Dinita Narika, and Siti Achiria. 2019. “Pengaruh Rasio Profitabilitas Terhadap Zakat Perusahaan Pada Bank Devisa Syariah.” Al-Azhar Journal of Islamic Economics 1(1): 38–48.
Sawmar, Abdulsalam Ahmed, and Mustafa Omar Mohammed. 2019. “Governance of Formal Zakat Institution in Saudi Arabia; Issues and Challenges to Improving Zakat Payers’ Compliance.” International Journal of Zakat 4(2): 23–40.
Sulistiyo, Fauzi, and Indah Yuliana. 2019. “Pengaruh Profitabilitas Dan Kecukupan Modal Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Islamic Social Report (Isr) Sebagai Variabel Moderasi (Studi Pada Bank Umum Syariah Indonesia Tahun 2014-2018).” Jurnal Manajemen dan Keuangan 8(2): 238–55.
Sumiyati, Ani. 2017. “Pengaruh Profitabilitas Terhadap Pengeluaran Zakat Dengan Ukuran Perusahaan Sebagai Variabel Moderasi Pada Bank Umum Syariah Di Indonesia.” 5(1): 1–9.
Swandari, Fifi. 2018. “Pengaruh Pengungkapan Islamic Social Reporting (ISR) Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Kinerja Keuangan.” 6: 168–86.
Syahbani, Dini Isnaini. 2018. “Analisis Pengaruh Rasio Likuiditas, Leverage Dan Profitabilitas Terhadap Return Saham Pada Perusahaan Makanan Dan Minuman Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2012-2016.” Economica 7(1): 1–6.
DOI: https://doi.org/10.52447/jam.v5i2.4345
Refbacks
- There are currently no refbacks.