Moderasi Pengawasan Perpajakan atas Pengaruh Penggunaan E-Form dan Edukasi Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Pebisnis E-Commerce

Rio Johan Putra, Mei Welensya Br Simatupang

Abstract


This article proves the effect of the Use of E-Form and Tax Education on Taxpayer Compliance of E-commerce Businessmen moderated by Tax Supervision. The results tested, the effect of using e-forms and Tax Education on Taxpayer Compliance of E-commerce Businessmen. The sample of this research is 220 respondents from the E-commerce Businessmen. The analysis uses Structural Equation Modeling to test this research model. Next, examine the effect of the Effect of E-Form Use and Tax Education on Taxpayer Compliance of E-commerce Businesses moderated by Tax Supervision. The results of the study prove that Tax Education has proven to have an impact on E-commerce Business Taxpayer Compliance. Then, Moderation of Tax Supervision on Taxation Education proved to have an effect on E-commerce Business Taxpayer Compliance. The results of this study recommend that creating E-commerce Businessman Taxpayer Compliance in individuals is to have adequate Tax Education within the Taxpayer.


Keywords


Tax Supervision, Use of E-forms, E-Commerce Business Taxpayer Compliance, Tax Education

Full Text:

PDF

References


Afwan, A. (2019). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi. Balance Vocation Accounting Journal, 3(1), 1. https://doi.org/10.31000/bvaj.v3i1.1939

Ainul, N. K. I. K. (2021). Pengaruh Pengetahuan Perpajakan, Sosialisasi Perpajakan, Dan Penerapan Sistem E-filling Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi Pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Surabaya Wonocolo. Jurnal Pendidikan Ekonomi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi, Dan Ilmu Sosial, 15, 9–19. https://doi.org/10.19184/jpe.v15i1.18004

Aprilia, A., Astuti, E. S., & Nuzula, N. F. (2013). Penanganan dan Pengawasan Perpajakan dalam rangka intensifikasi di bidang e-commerce. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Azmi, M. nurul. (2018). Pengaruh Pengetahuan Perpajakan, Tingkat Kesadaran, Dan Sanksi Pajak Terhadap Kepatuhan Pelaporan Wajib Pajak Orang Pribadi Yang Melakukan Kegiatan Usaha Dan Pekerjaan Bebas ( Studi Di Wilayah KPP Pratama Pontianak ). Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia Yogyakarta, 1–97.

Gustani Putro, R., & Saryadi. (2019). Pengaruh Pemahaman Wajib Pajak Dan Sanksi Perpajakan Terhadap Kepatuhan Pelaporan SPT Tahunan Pajak p. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 53(9), 1–10.

Hazmi, M. Z., Suhendro, & Dewi, R. R. (2020). Pengaruh Pemahaman Wajib Pajak , Kualitas Pelayanan Dan Sanksi Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Pada KPP Pratama Surakarta. Jurnal Akuntansi Universitas Jember, 18(1), 28–40.

Indriyani, P. D. (2020). Pajak , Dan Sanksi Pajak Terhadap Kepatuhan Pelaku E-Commerce. Pengaruh Sosialisai Perpajakan, Pemahaman Perpajakan, Kesadaran Wajib Pajak, Dan SanksiI Pajak Terhadap Kepatuhan Pelaku E-commerce Dalam Memenuhi Kewajiban Perpajakan (Studi Kasus Wajib Pajak Orang Pribadi Pelaku E-Commerce Di Kota Semarang Pada Platform, Skripsi.

Maryani, N. K. J. (2019). Pengaruh Perilaku Wajib Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Dengan Penggunaan E-Filing Sebagai Variabel Intervening Pada KPP Pratama Gianyar. JSAM (Jurnal Sains, Akuntansi Dan Manajemen), 1(2), 107–150.

Noviasari, D. T., Dewi, D. A. S., Syafingi, H. M., & Nurwati. (2020). Application of Equity Principles in the Development of E-Commerce Taxes. 436, 721–724. https://doi.org/10.2991/assehr.k.200529.151

Prajogo, J. N., & Widuri, R. (2013). Pengaruh Tingkat Pemahaman Peraturan Pajak Wajib Pajak,Kualitas Pelayanan Petugas Pajak dan Persepsi atas Sanksi Perpajakan Terhadap Umkm Di Wilayah Sidoarjo. Tax & Accounting Review, 3(2), 1–12.

Shanti, N. K. N. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Pemahaman Peraturan Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Wiraushawan Dalam Membayar Pajak Penghasilan di KPP Pratama Gianyar. Jurnal Program Studi Pendidikan Ekonomi, 7(2).

Suprihatin, N. S., & Afriyanti, M. (2021). Dampak Penerapan Transaksi E-Commerce Melalui Pemungutan Pajak Penghasilan (PPh). Going Concern : Jurnal Riset Akuntansi, 16(1), 29. https://doi.org/10.32400/gc.16.1.28829.2021

Suwardi. (2020). Pengaruh Penggunaan E-form Terhadap Peningkatan Kepatuhan Wajib Pajak (pp. 654–1115).

Valentino, F., & Wairocana, I. G. N. (2018). Potensi Perpajakan Terhadap Transaksi E-Commerce di Indonesia. Journal Ilmu Hukum, 1–15.

Wardani, D. K., & Wati, E. (2018). Pengaruh Sosialisasi Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Dengan Pengetahuan Perpajakan Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Wajib Pajak Orang Pribadi di KPP Pratama Kebumen). Nominal, Barometer Riset Akuntansi Dan Manajemen, 7(1). https://doi.org/10.21831/nominal.v7i1.19358

Yulia Putri Zalisma. (2020). Pengaruh Edukasi, Himbauan, Dan Persepsi Atas Kepercayaan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi Dengan Norma Sosial Sebagai Variabel Moderasi Studi Kasus Di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Palembang Seberang Ulu. Universitas Muhammadiyah Palembang.

Zulkarnain, & Iskandar, A. E. (2019). Kepatuhan Wajib Pajak Melalui Pengetahuan Perpajakan Dan Kepercayaan Pada Pemerintah. Repositori IMWI, 2(April), 87–99.




DOI: https://doi.org/10.52447/jam.v7i2.6792

Refbacks

  • There are currently no refbacks.