Pengaruh Corporate Social Responsibility, Political Connection, Financial Performance, terhadap Reputasi Perusahaan dengan Agresivitas Pajak sebagai Variabel Modersting

Riska Mawarni, Rio Johan Putra

Abstract


This study aims to examine the effect of Corporate Social Responsibility, Political Connection, and Financial Performance on Company Reputation with Tax Aggressiveness as a moderating variable. Secondary data used in this study through data collection available on the Indonesian Stock Exchange website in the form of annual financial reports. The main population used in this study are companies registered on JII for the 2017-2021 period, where the sampling method is used. The results of this study indicate that corporate social responsibility has a positive effect on company reputation, political connections have a negative effect on company reputation, financial performance has a positive effect on company reputation, tax aggressiveness has a positive effect on company reputation, moderation of tax aggressiveness weakens the effect of corporate social responsibility on reputation. firms, moderation of tax aggressiveness strengthens the effect of political connections on corporate reputation, and moderation of tax aggressiveness strengthens the effect of financial performance on corporate reputation.

Keywords


Corporate Social Responsibility, Political Connection, Financial Performance, Corporate Reputation, Tax Aggressiveness

Full Text:

PDF

References


Adityamurti, E., & Ghozali, I. (2019). Pengaruh penghindaran pajak dan biaya agensi terhadap nilai perusahaan. Diponegoro Journal of Accounting, 6(3), 124–135.

Adrianingtyas, D. A., & Sucipto, A. (2020). Pengaruh kinerja keuangan dan keputusan investasi terhadap nilai perusahaan dengan kebijakan dividen sebagai variabel intervening. Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan, 2(2), 23.

Afifah, D. Z., & Sofianty, D. (2022). Pengaruh Tax Avoidance dan Struktur Modal terhadap Nilai Perusahaan. Bandung Conference Series: Accountancy, 2(1).

Afifah, N., Astuti, S. W. W., & Irawan, D. (2021). Pengaruh Corporate Social Responsibility dan Reputasi Perusahaan terhadap Nilai Perusahaan. Ekuitas (Jurnal Ekonomi Dan Keuangan), 5(3), 346–364.

Agustina, L., Nurmalasari, E., & Astuty, W. (2023). Corporate Social Responsibility Dan Risiko Investasi Terhadap Reputasi Perusahaan Dengan Profitabilitas Sebagai Variabel Intervening. Owner: Riset Dan Jurnal Akuntansi, 7(1).

Alexander, N., & Palupi, A. (2020). Pengaruh corporate social responsibility reporting terhadap manajemen laba. Jurnal Bisnis Dan Akuntansi, 22(1), 105–112.

Amelia, R., & Suratman, H. S. S. (2022). Pengaruh Islamic Corporate Social Responsibilit (ICSR) Disclosure dan Reputasi terhadap kinerja Keuangan bank umum syariah yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Universitas Pasundan Bandung.

Anggoro, S. T., & Septiani, A. (2020). Analisis pengaruh perilaku penghindaran pajak terhadap nilai perusahaan dengan transparansi sebagai variabel moderating. Diponegoro Journal of Accounting, 4(4), 437–446.

Anggraini, P., & Wahyudi, I. (2022). Pengaruh reputasi perusahaan, environmental, social and governance dan kualitas audit terhadap tax avoidance. Fair Value: Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Keuangan, 5(2), 643–649.

Annisa, A., Taufik, T., & Hanif, R. A. (2021). Pengaruh return on asset, leverage, ukuran perusahaan dan koneksi politik terhadap penghindaran pajak (studi empiris pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI periode tahun 2012-2015). Riau University.

Badjuri, A., Jaeni, J., & Kartika, A. (2021). Peran Corporate Social Responsibility sebagai Pemoderasi dalam Memprediksi Profitabilitas dan Ukuran Perusahaan terhadap Agresivitas Pajak Di Indonesia: Kajian Teori Legitimasi. Jurnal Bisnis Dan Ekonomi, 28(1), 1–19.

Dangnga, M. T., & Haeruddin, M. (2022). Kinerja keuangan perbankan: Upaya untuk menciptakan sistem perbankan yang sehat. CV. Nur Lina.

Dantara, Y., Kadek, I., & Rahanatha, G. B. (2022). Pengaruh corporate social responsibility terhadap reputasi perusahaan yang dimediasi oleh kepuasan pelanggan (studi pada PT. Coca Cola Amatil Denpasar). Udayana University.

Desai, M. A., & Dharmapala, D. (2019). Corporate tax avoidance and firm value. The Review of Economics and Statistics, 91(3), 537–546.

Dewanti, M. R. (2022). Pengaruh koneksi politik terhadap nilai perusahaan yang terdaftar di BEI. STIE Perbanas Surabaya.

Dewi, I. A. A. W. C., & Wirawati, N. G. P. (2017). Pengaruh agresivitas pajak pada corporate social responsibility dengan likuiditas sebagai variabel pemoderasi. E-Jurnal Akunatansi Universitas Udayana, 19, 19431969.

Dhamayanti, S. K. (2021). Analisis implementasi tanggung jawab sosial berbasis stakeholder pada perusahaan perkebunan kelapa sawit. Jurnal Bisnis, Logistik Dan Supply Chain, 1(2), 86–96.

Diatmika, M. D., & Sukartha, I. M. (2019). Pengaruh manajemen laba pada agresivitas pajak dan implikasinya terhadap nilai perusahaan. E-Jurnal Akuntansi, 26(1), 591–621.

Dyreng, S. D., Hanlon, M., Maydew, E. L., & Thornock, J. R. (2017). Changes in corporate effective tax rates over the past 25 years. Journal of Financial Economics, 124(3), 441–463.

Feldman, P. M., & Vasquez‐Parraga, A. Z. (2021). Consumer social responses to CSR initiatives versus corporate abilities. Journal of Consumer Marketing.

Fischarina Herlingga, L. L. (2022). Pengaruh Capital Intensity, Leverage, dan Ukuran Perusahaan terhadap Agresivitas Pajak perusahaan Industri Dasar dan Kimia yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia.

Hamidah, S. A., & Dailibas, D. (2022). Pengaruh Kinerja Keuangan Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Manufaktur Di Bursa Efek Indonesia (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur di Bursa Efek Indonesia Periode 2019-2021). Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(23), 537–552.

Ideh, A. O., Okolo, N. M., & Emengini, E. S. (2021). Non-Oil Sector and Economic Growth in Nigeria: The National Accounts Perspective. European Journal of Sustainable Development, 10(1), 185.

Identiti, I. (2022). Pengaruh Kepemilikan Keluarga, Koneksi Politik, ukuran perusahaan, Capital intensity, Profitabilitas dan Leverage terhadap Agresivitas Pajak. Jurnal Ekonomi Dan Ilmu Sosial (JEIS), 1(01), 1–12.

Jao, R., Kampo, K., & Lie, A. V. (2020). Peran Kinerja Keuangan dalam Meningkatkan Reputasi Perusahaan (Studi Empiris pada Perusahaan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia). Seminar Nasional Hasil Penelitian & Pengabdian Kepada Masyarakat (SNP2M), 272–277.

Jasmadeti, J., & Amrulloh, A. (2022). Pengaruh Struktur Modal dan Profitabilitas terhadap Return Saham dan Dampaknya terhadap Reputasi Perusahaan. Eqien-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 11(02), 328–337.

Lenaini, I. (2021). Teknik pengambilan sampel purposive dan snowball sampling. Historis: Jurnal Kajian, Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan Sejarah, 6(1), 33–39.

Lestari, G. A. W., & Putri, I. (2019). Pengaruh corporate governance, koneksi politik, dan leverage terhadap penghindaran pajak. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, 18(3), 2028–2054.

Marlina, N., & Darma, S. S. (2022). Pengaruh Sales Growth, Crporate Social Responsibility dan Capital Intensity terhadap Tax Avoidance (Studi Pada Perusahaan Sektor Barang dan Konsumsi di Bursa Efek Indonesia Tahun 2016-2020). Jurnal Ekonomi Dan Akuntansi, 2(2), 241–260.

Nadia, N. (2020). Pengaruh Political Connection terhadap Nilai Perusahaan dengan Kepemilikan Institusional sebagai variabel moderasi (Studi Empiris pada Perusahaan Indeks LQ-45 Tahun 2015-2017). Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB, 7(2).

Nashar, M., & Taru, T. (2020). Pengaruh Lingkungan Kerja dan Budaya Organisasi terhadap Reputasi Perusahaan dengan Komitmen Organisasi sebagai variabel intervening. Journal of Applied Business Administration, 4(2), 156–162.

Nasution, P. (2022). Faktor-faktor yang mempengaruhi reputasi perusahaan pada perusahaan makanan dan minuman yang terdaftar di bursa efek.

Nugroho, H. (2019). Pengaruh keputusan investasi, keputusan pendanaan, kebijakan dividen, likuiditas, dan profitabilitas terhadap nilai perusahaan (Studi Kasus Pada Perusahaan Yang Terdaftar di Jakarta Islamic Index Tahun 2015–2017). Universitas Islam Sultan Agung.

Nurhayati, M. (2012). Analisis pengaruh kinerja keuangan, good corporate governance dan corporate social responsibility terhadap nilai perusahaan yang terdaftar dalam LQ45 pada tahun 2009-2011.

Oktavianus, L. C., Randa, F., Jao, R., & Praditha, R. (2022). Kinerja Keuangan dan Reputasi Perusahaan: Studi Pada Perusahaan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. KRISNA: Kumpulan Riset Akuntansi, 13(2), 218–227.

Prastiwi, D., & Walidah, A. N. (2020). Pengaruh agresivitas pajak terhadap nilai perusahaan: Efek moderasi transparansi dan kepemilikan institusional. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 23(2), 203–224.

Pratiwi, A. P. (2020). Pengaruh Kepemilikan Institusional dan Kinerja Keuangan Terhadap Penghindaran Pajak dengan CSR Sebagai Pemediasi. Jurnal Ilmu Manajemen Dan Bisnis, 9(2), 56–66.

Pratiwi, A., & Suripto, S. (2022). Pengaruh Green Accounting Kinerja Lingkungan dan Ukuran Perusahaan terhadap Financial Performance pada Perusahaan Sektor Energy yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2016–2020. Syntax Literate; Jurnal Ilmiah Indonesia, 7(12), 16497–16513.

Purwanto, P. (2022). Political Connection dalam kajian filsafat ilmu. Nominal: Barometer Riset Akuntansi Dan Manajemen, 11(2), 340–355.

Rakhmayani, A., Ekaristi, C. Y. D., & Aresteria, M. (2022). Konsekuensi Penghindaran Pajak. Tax Accounting Applied International Journal, 1(1), 20–31.

Richardson, G., Taylor, G., & Lanis, R. (2015). The impact of financial distress on corporate tax avoidance spanning the global financial crisis: Evidence from Australia. Economic Modelling, 44, 44–53.

Saputro, A. N., & Syahfruddin, M. (2012). Pengaruh Struktur Kepemilikan Dan Mekanismen Corporate Governance Terhadap Biaya Keagenan. Diponegoro Journal of Accounting, 1(1), 1–13.

Savitri, A., & Pinem, D. B. (2022). Pengaruh Kinerja Keuangan dan Nilai Pasar terhadap Harga Saham: Studi pada Perusahaan yang Secara Konsisten Terdaftar sebagai Indeks LQ45 Selama 2020-2021. Studi Akuntansi, Keuangan, Dan Manajemen, 2(1), 59–70.

Sejati, R. S. (2019). Pengaruh Political Connection terhadap Nilai Perusahaan (Perusahaan yang Listing di Bursa Efek Indonesia Tahun 2014).

Siciliya, A. R. (2021). Intensitas Persediaan, Ukuran Perusahaan, dan Agresivitas Pajak: Koneksi Politik sebagai Variabel Moderasi. Jurnal Literasi Akuntansi, 1(1), 28–39.

Sugiarti, R., & Fitria, D. (2022). Peran Kinerja Keuangan dalam Memediasi Pengaruh Risiko Keuangan terhadap Nilai Perusahaan: Bukti dari Negara Islam. LITERATUS, 4(2), 981–991.

Sulistiyowati, M., Dewi, R. R., & Chomsatu, Y. (2022). Pengaruh tata kelola perusahaan terhadap kinerja keuangan tahun 2015-2020 pada perusahaan farmasi. INOVASI, 18(4), 763–771.

Supraptiningsih, J. D., & Nuridah, S. (2022). Pengaruh Profitabilitas Dan Good Corporate Governance Terhadap Agresivitas Pajak. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 8084–8094.

Suprihatin, N. S. (2020). Pengaruh Agresivitas Pajak Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Transparansi Informasi Sebagai Variabel Moderasi. Akuntansi Dewantara, 4(1), 1–13.

Surbakti, A. B., & Sudjiman, P. E. (2022). Pengaruh Penghindaran Pajak terhadap nilai perusahaan (pada perusahaan manufaktur sub-sektor tekstil dan garment yang terdaftar di BEI pada tahun 2018-2020). Journal Transformation of Mandalika, 3(3), 95–103.

Suripto, S. (2019). Pengaruh Tarif Pajak, Earning Per Share Dan Pertumbuhan Penjualan Terhadap Harga Saham (Studi Empiris Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2012-2016). Jurnal Renaissance, 4(01), 479–494.

SURNA, G. (2022). Pengaruh Ukuran Perusahaan dan Profitabilitas terhadap Agresivitas Pajak (studi pada perusahaan industri farmasi yang terdaftar di BEI tahun 2017-2021).

Ul’fah Hernaeny, M. P. (2021). Populasi dan sampel. Pengantar Statistika 1, 33.

Ulfa, R. (2021). Variabel Penelitian Dalam Penelitian Pendidikan. AL-Fathonah, 1(1), 342–351.

Wardaniatama, H. A. (2022). Pengaruh Penerapan Corporate Social Responsibility (CSR) Ekonomi, Sosial dan Lingkungan. Universitas Katholik Soegijapranata Semarang.

Wicaksono, A. P. N. (2020). Koneksi politik dan aggresivitas pajak: Fenomena di indonesia. Akuntabilitas, 10(1), 167–180.

Wulandari, T., & Raharja, R. (2019). Analisis pengaruh political connection dan struktur kepemilikan terhadap kinerja perusahaan. Diponegoro Journal of Accounting, 141–152.

Yuliani, N. (2022). Pengaruh Penghindaran Pajak terhadap Nilai Perusahaan. Universitas Internasional Batam.




DOI: https://doi.org/10.52447/jam.v8i1.6930

Refbacks

  • There are currently no refbacks.