Analisis Perencanaan Dan Pengendalian Strategi Bisnis Yang Berdampak Pada Penjualan Pt. Indofood Sukses Makmur Tbk

Yulianti Yulianti, Kiko Armenita Julito

Abstract


Penelitian ini bermaksud untuk menganalisis perencanaan dan pengendalian strategi bisnis yang berdampak pada penjualan PT. Indofood Sukses Makmur Tbk. Metodologi penelitian yang dipergunakan, yakni pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus. Data dihimpun melalui analisis dokumen, termasuk laporan tahunan, laporan keuangan, dan dokumen strategi bisnis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Indofood menerapkan proses perencanaan strategis yang dimulai dengan analisis SWOT dan PESTEL, serta mengimplementasikan Balanced Scorecard untuk pengendalian strategi. Perencanaan strategis yang matang dan pengendalian yang ketat membantu Indofood dalam mengidentifikasi pelanggaran rencana dan segera mengambil langkah perbaikan, yang berkontribusi pada peningkatan penjualan. Kepemimpinan yang kuat dan komitmen manajemen terhadap proses ini juga menjadi faktor kunci keberhasilan. Pembahasan menunjukkan bahwa perencanaan dan pengendalian strategi yang komprehensif memungkinkan Indofood untuk beradaptasi dengan perubahan lingkungan bisnis dan mempertahankan daya saing. Penelitian ini menyimpulkan bahwa analisis yang cermat, penggunaan alat pengendalian yang efektif, dan kepemimpinan yang kuat merupakan kunci keberhasilan strategi bisnis Indofood.

Keywords


Perencanaan strategis, Pengendalian strategis, Peningkatan penjualan

Full Text:

PDF

References


Alvina, J., Fatyandri, A. N., & Ng, S. (2024). Analisis Penerapan Strategi Internasional Oleh PT Indofood CBP Sukses Makmur, Tbk. Ekonomi Visionaria: Jurnal Inovasi Ekonomi, 6(2).

Djuwita, T. M. (2021). Pengendalian Strategi Dalam Proses Manajemen Stategis. Transparansi: Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi, 16(1), 1–8.

Fatimah, S. (2019). Teori Perencanaan. Uwais Inspirasi Indonesia.

Johnson, G., Scholes, K., & Whittington, R. (2012). Exploring Strategy–Text and cases. 9. Utgave. Pearson Education Limited. Madsen, EL (2006). Reasearch note: Ressursbasert ….

Kaplan, R. S., & Norton, D. P. (1996). Using the balanced scorecard as a strategic management system.

Kolanus, J. A., Lapian, S. J., & Poluan, J. G. (2024). Evaluasi Strategi Pemasaran Pt. Indofood Sukses Makmur Tbk Sulawesi Utara Terhadap Produk Unggulan Perusahaan (Indomie) Menggunakan Metode Swot. Jurnal Emba: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 12(01), 860–867.

Lennox, J. B. (2024). Robert Rosen and relational system theory: An overview. Springer.

Nuryadin, M., Cik, A., & Digdowiseiso, K. (2024). RETRACTED: The Effect of Work Environment, Workload and Financial Incentives on Employee Performance at PT. Indofood CBP Sukses Makmur Tbk. Journal of Social Science, 5(1), 295–306.

Porter, M. E. (1980). Industry structure and competitive strategy: Keys to profitability. Financial Analysts Journal, 36(4), 30–41.

Riski, M. (2024). Analisis Penerapan Balanced Scorecard sebagai Alat Pengukuran Kinerja Pada PT. Indofood CBP Sukses Makmur Tbk. Jurnal Ekonomi Bisnis, Manajemen Dan Akuntansi (JEBMA), 4(2), 1037–1048.

Soeltanong, M. B., & Sasongko, C. (2021). Perencanaan produksi dan pengendalian persediaan pada perusahaan manufaktur. Jurnal Riset Akuntansi & Perpajakan (JRAP), 8(01), 14–27.

Wistiasari, D., Lilis, L., Clarissa, N., Herliani, H., Wilson, J., & Dikson, D. (2023). Analisis Strategi Pemasaran PT. Indofood Sukses Makmur Tbk di Pasar Internasional. SEIKO: Journal of Management & Business, 6(1), 632–640.




DOI: https://doi.org/10.52447/jam.v9i1.7859

Refbacks

  • There are currently no refbacks.