Menilai Valuasi Saham PT DCII untuk Menentukan Investasi Terbaik Masyarakat Terhadap Perkembangan Teknologi
Abstract
PT DCI Indonesia Tbk (PT DCII) merupakan entitas bisnis yang beroperasi dalam sektor teknologi informasi, khususnya penyediaan layanan pusat data (data center) dan komputasi awan (cloud computing). Sejak resmi tercatat di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2021, perusahaan ini menunjukkan pertumbuhan yang signifikan seiring meningkatnya adopsi digitalisasi di berbagai sektor industri, seperti perbankan, jasa keuangan, manufaktur, ritel, media, hingga pendidikan. Fenomena ini menciptakan permintaan tinggi terhadap infrastruktur digital yang andal dan berkelanjutan, di mana PT DCII menempatkan dirinya sebagai salah satu pelaku utama dalam menyediakan solusi tersebut.
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi potensi keberlanjutan keuntungan jangka panjang bagi investor saham PT DCII melalui pendekatan analitis terhadap laporan keuangan dan dinamika harga sahamnya sejak tahun 2021 hingga 2024. Tiga metode valuasi digunakan dalam kajian ini, yakni Free Cash Flow to the Firm (FCFF), Return on Equity (ROE), serta Price Earnings Ratio (PER). Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan, ditemukan bahwa PT DCII memiliki fundamental keuangan yang sangat solid serta menunjukkan kestabilan dalam kinerjanya. Hal ini diperkuat oleh laporan keuangan kuartal pertama tahun 2025, di mana perusahaan berhasil mencatatkan kinerja tertingginya sepanjang periode penelitian. Temuan ini mengindikasikan prospek investasi yang positif dan menjanjikan bagi para pemegang saham dalam jangka panjangKeywords
Full Text:
PDFReferences
Alwi, M. N., Bahari, F., Turot, M., & Semmawi, R. (2024). Tantangan Dan Peluang Perbankan Digital : Studi Kasus Inovasi Keuangan Dan Transformasi Perbankan Universitas Mercu Buana , 2 Universitas Mitra Bangsa , 3 Universitas Victory Sorong , Universitas Methodist Indonesia , 5 Institut Agama Islam Negeri Manado. Jurnal Cahaya Mandalika, 3(2), 2160–2177.
Berger, A. N., & Mester, L. J. (2005). Erratum To “ Explaining The Dramatic Changes In Performance Of Us Banks : Technological Change , Deregulation , And Dynamic Changes In Competition .” Journal Of Financial Intermediations, 14, 278–279. Https://Doi.Org/10.1016/J.Jfi.2005.01.001
Jit, S., Liaqat, K., Kabir, A. M., & Al, H. (2021). Adoption Of Digital Banking Channels In An Emerging Economy : Exploring The Role Of In ‑ Branch Efforts. Journal Of Financial Services Marketing, 26(2), 107–121. Https://Doi.Org/10.1057/S41264-020-00082-W
Julito, K. A., & Maimunah, L. (2025). Pengaruh Corporate Governance Dan Corporate Social Responsibility Disclosure Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Pergerakan Laba Sebagai Pemoderasi. Journal Akuntansi Manajerial, 10(01), 55–66.
Julito, K. A., & Ramadani, I. (2024). Pengaruh Kenaikan Pajak Pertambahan Nilai Dan Digital Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Di Generasi Z Dalam Transaksi E- Commerce Sebagai Pemoderasi. Media Akuntansi Perpajakan, 9(1), 28–40.
Julito, K., & Ticoalu, R. (2023). Firm Value The Moderating Role Of Risk Management: Growth, Size, Age, And Profitability. In Proceedings Of The 3rd Internasional Seminar And Call For Paper Scitpress, 87–98. Https://Doi.Org/10.5220/0011976600003582
Permatasari, S. S., Chen, H. J., & Julito, K. A. (2025). Analysis And Comparing The Effect Of Financial Ratios On Stock Returns Of Automotive And Components Companies Listed In Indonesia Stock Exchange And. Journal Akuntansi Manajerial, 10(01), 118–124.
Pratiwi, E. D. (2024). Pengaruh Digital Banking, Fintech Payment, Dan Fintech Lending Terhadap Kinerja Keuangan Perbankan Konvensional Tahun 2018-2022 (Studi Pada Otoritas Jasa Keuangan). Jurnal Akuntansi, Keuangan, Perpajakan Dan Tata Kelola Perusahaan, 2(1), 51–58.
Windasari, N. A., Kusumawati, N., Larasati, N., & Amelia, R. P. (2022). Digital-Only Banking Experience: Insights From Gen Y And Gen Z. Journal Of Innovation & Knowledge, 7(2), 100170. Https://Doi.Org/10.1016/J.Jik.2022.100170
Yulia Ruwatie, M. S. (2025). Implementasi Buku Besar Berbasis Web Sebagai Penunjang Sistem. Akademik: Jurnal Mahasiswa Ekonomi & Bisnis, 5(3), 1779–1787.
DOI: https://doi.org/10.52447/jam.v10i2.8264
Refbacks
- There are currently no refbacks.




