MODERASI PRIVATE LABEL PRODUCT TERHADAP PENGARUH VISUAL MERCHANDISING PADA IMPULSE BUYING (Studi Pada Pelanggan Hypermarket di Jakarta Utara)

Pristiana Widyastuti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis moderasi private label product terhadap pengaruh visual merchandising pada impulse buying pada pelanggan Hypermarket yang ada di Jakarta Utara. Data yang diperoleh melalui penyebaran kuesioner kepada 65 reponden dan diuji menggunakan Structural Equation Model (SEM) dengan alat uji Partial Least Square (PLS) dapat diketahui bahwa provate label product tidak dapat digunakan sebagai variabel pemoderasi semu (quasi moderator) terhadap pengaruh visual merchandising pada impulse buying. Private label product secara independen dapat mempengaruhi impulse buying dengan nilai positif dan signifikan.

Keywords


impulse buying; private label; visual merchandising; moderasi

Full Text:

PDF

References


Andrian, Randi., Ratih Tresnati, Dede R. Oktini. 2015. Pengaruh Private Label terhadap Keputusan Pembelian. Prosiding Manajemen: Gelombang 2. Bandung: Universitas Islam Bandung

Ashokkumar, S. dan Gopal, S., 2009. Diffusion of Innovation in Private labels in Food Products. The Icfai University Journal of Brand Management, Vol. VI, No.1.

Bhattacharya, Debasis., Shuvendu Dey. 2013. A Study of Impulsive Buying Behavior towards Private Label Brands at Organized Retail Stores: A Multivariate Analysis. Indian Journal Of Research. Volume : 2 | Issue : 7 hal 141-143

Corstjens M., and Lal R., 2000. Building Store Loyalty Through Store Brands, Journal of Marketing Research, Vol. 37, No. 3, pp. 281-291.

Hair, Joseph F., William C. Black, Barry J. Babin, Rolph E. Anderson, & Roland L. Tatham. 2006. Multivariate Data Analysis, 6th Edition. Prentice Hall.

Hetharie, Jondry A. 2012. Model Kecenderungan Pembelian Impulsif (Studi pada Konsumen Matahari Departement Store Kota Ambon). Jurnal Manajemen Teknologi, Vol 11 No. 3.

Ihalauw, John JOI., 2009. Retail Private label, Graduate Certificate Program Level II.

Listiyani, Aprillia. 2011. Pengaruh Karakteristik Produk Terhadap Intensi Pembelian Produk Private label. Tesis Program S2 Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.

Novia, Jessica. 2015. The Effect Of Visual merchandising On Impulsive Buying With Impulsive Buying Tendency As Moderating Variable. Journal The WINNERS, Vol. 16 No. 1, p 1-5

Rook, D.W. & Fisher, R.J. 1995. Normative Influences on Impulsive Buying. Journal of Consumer Research. Vol.22.hlm. 305-313.

Pancaningrum, Erminati. 2017. Visual Merchandise Dan Atmosfer Toko: Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Impuls. JIEP-Vol. 17, No 1

Sari, Dewa Ayu Taman dan Alit Suryani. 2015. Pengaruh Merchandising, Promosi Dan Atmosfir Toko Terhadap Impulse buying. E-jurnal Manajemen Universitas udayana, Vol 3 No. 8. pp 851-867

Schiffman, L. G. & Kanuk, L. 2007. Consumer Behavior. N inth Edition, New Jersey : Pearson Prentice Hall

Semuel, H. 2006. Dampak respon emosi terhadap kecenderungan perilaku pembelian impulsive konsumen online dengan sumberdaya yang dikeluakan dan orientasi belanja sebagai variabel mediasi. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 8(2), 101–115.

Sondakh, Oliandes dan Amelia. 2011. Materialism Behavior On Private Label Buying Decision Among Indonesian Teenagers. Proceedings of The 1st International Conference on Information Systems For Business Competitiveness (ICISBC).

Sugiarta, I. 2011. Panduan Praktis dan Strategis: Retail Consumer Goods. Jakarta: Expose Mizan Group.

Yanthi, Devi,. Edwin Japariyanto. 2014. Analisis Pengaruh Hedonic Shopping Tendency Dan Visual merchandising Terhadap Impulse buying Dengan Positive Emotion Sebagai Variabel Intervaning Pada Area Ladies Matahari Department Store Tunjungan Plaza Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran Petra Vol. 2, No. 2




DOI: https://doi.org/10.52447/jam.v2i2.935

Refbacks

  • There are currently no refbacks.