PENGEMBANGAN APLIKASI KESEHATAN MENTAL BERBASIS KOTLIN: STUDI KASUS APLIKASI HUGME

Antonius Sigid Priharsanto

Abstract


Akses terbatas terhadap layanan kesehatan mental dan kurangnya kesadaran tentang pentingnya kesehatan mental merupakan masalah yang dihadapi masyarakat saat ini. Pengembangan aplikasi mobile menjadi salah satu solusi yang menjanjikan untuk memberikan akses yang lebih mudah dan cepat terhadap layanan kesehatan mental. Penelitian ini mengembangkan aplikasi kesehatan mental berbasis Android menggunakan bahasa pemrograman Kotlin. Kotlin, sebagai bahasa pemrograman yang populer dan kuat untuk pengembangan aplikasi Android, menawarkan fitur-fitur modern yang dapat mempercepat pengembangan aplikasi dan meningkatkan kualitasnya Aplikasi memanfaatkan teknologi deep learning dengan arsitektur Bidirectional Long Short-Term Memory (Bi-LSTM) dan flatten layer untuk menganalisis catatan pengguna. Dataset yang digunakan terdiri dari 2.432.229 data, dibagi menjadi 2.383.584 (98%) untuk data training dan 48.645 (2%) untuk data validation. Dari proses training model, diperoleh akurasi training mencapai 88.38% dan akurasi validasi 85.34%. Aplikasi ini dirancang untuk memberikan dukungan kesehatan mental dengan fitur-fitur utama seperti analisis catatan pengguna dengan memanfaatkan teknologi deep learning, rekomendasi tempat healing terdekat, chat anonim, dan riwayat catatan. Aplikasi ini diharapkan dapat meningkatkan akses layanan kesehatan mental, mengurangi stigma negatif, dan menguatkan kesadaran kesehatan mental masyarakat. Namun, masih terdapat beberapa kekurangan yaitu pada integrasi layanan deep learning dan API peta, yang dapat di optimalkan dalam penelitian selanjutnya.


Keywords


bidirectional long short-term memory, chat anonim, flatten layer, kesadaran kesehatan mental, kesehatan mental

Full Text:

PDF

References


A. Arif, “Krisis Kesehatan Mental Menghantui Generasi Z Indonesia,” https://www.kompas.id/baca/humaniora/2023/07/09/krisis-kesehatan-mental-menghantui-generasi-z-indonesia.

WHO, “Mental disorders,” https://www.who.int/news-room/fact-sheets/detail/mental-disorders.

WHO, “Mental health,” https://www.who.int/news-room/fact-sheets/detail/mental-health-strengthening-our-response.

Kementerian Kesehatan, “Pengertian Kesehatan Mental.,” https://ayosehat.kemkes.go.id/pengertian-kesehatan-mental.

Google for Developers, “Ringkasan Kotlin. Android Developers,” https://developer.android.com/kotlin/overview?hl=id.

Putra, “PENGERTIAN ANDROID: Sejarah, Kelebihan & Versi Sistem Operasi,” https://salamadian.com/pengertian-android/.

D. A. Verdianto, “Android - Pengertian, Fungsi, Kelebihan dan Kekurangannya,” https://teknogram.id/kamus/android/.

G. Theophillia and C. Chandra, “Perancangan Aplikasi Kesehatan Mental berbasis Mobile Menggunakan Metode Design Thinking,” 2023.

H. Oktasya Ross et al., “Perancangan Aplikasi Kesehatan Mental ‘NAFS’ (Islamic Psycho Spiritual Therapy) Berbasis Android Menggunakan Metode PDCA (Plan-Do-Check-Action),” Jurnal Informatika Universitas Pamulang, vol. 6, no. 4, pp. 849–856, 2021, doi: 10.32493/informatika.v6i4.14421.

I. Khoiri, “Perancangan Aplikasi Kesehatan Mental Online Menggunakan Metode Rapid Application Development(Rad),” 2021.

M. I. Z. Hasibuan and S. Suendri, “Implementasi Hybrid App Framework dalam Membangun Aplikasi Kesehatan Mental berbasis Mobile,” Edumatic: Jurnal Pendidikan Informatika, vol. 7, no. 1, pp. 141–150, Jun. 2023, doi: 10.29408/edumatic.v7i1.17478.

A. Abukhair, N. Herawati, S. Solihat, Y. Nur, and A. Pratiwi, “Perancangan aplikasi curhat online untuk membantu dalam menyelesaikan gangguan kesehatan mental remaja,” 2023, doi: 10.17509/v4i1.xx.

A. Arsandi, “Pengertian dan Cara Self-Healing yang Tepat Menurut Psikolog,” https://www.klikdokter.com/psikologi/kesehatan-mental/pengertian-dan-cara-self-healing-yang-tepat-menurut-psikolog.

F. Amalya, D. D. Laras, and A. Hidayat, “APLIKASI JOURNALING PENDETEKSI KEBAHAGIAAN MENGGUNAKAN NATURAL LANGUAGE PROCESSING BERBASIS ANDROID,” 2023. Accessed: Jul. 11, 2024. [Online]. Available: https://ejournal.gunadarma.ac.id/index.php/ugjournal/article/viewFile/8719/2851

Y. A. Sujarwo and A. Ratnasari, “Aplikasi Reservasi Parkir Inap Menggunakan Metode Fishbone Diagram dan QR-Code,” Jurnal Sisfokom (Sistem Informasi dan Komputer), vol. 9, no. 3, pp. 302–309, Aug. 2020, doi: 10.32736/sisfokom.v9i3.808.

M. Mailasari, “SISTEM INFORMASI PERPUSTAKAAN MENGGUNAKAN METODE WATERFALL,” Jurnal Sisfokom (Sistem Informasi dan Komputer), vol. 8, no. 2, pp. 207–214, Aug. 2019, doi: 10.32736/sisfokom.v8i2.657.

G. Wiro Sasmito, “Penerapan Metode Waterfall Pada Desain Sistem Informasi Geografis Industri Kabupaten Tegal,” Jurnal Informatika:Jurnal Pengembangan IT (JPIT, vol. 2, no. 1, pp. 6–12, 2017, [Online]. Available: http://www.tegalkab.go.id,

E. Listiyan and E. R. Subhiyakto, “Rancang Bangun Sistem Inventory Gudang Menggunakan Metode Waterfall (Studi Kasus Di CV. Aqualux Duspha Abadi Kudus Jawa Tengah).”

M. Susilo and R. Kurniati, “RANCANG BANGUN WEBSITE TOKO ONLINE MENGGUNAKAN METODE WATERFALL,” 2018. doi: https://doi.org/10.30743/infotekjar.v2i2.171.

N. Supiana, “PENGEMBANGAN APLIKASI GEOLOCATION UNTUK MONITORING LOKASI MAHASISWA SELAMA PANDEMI BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN METODE WATERFALL (STUDI KASUS : STMIK INSAN PEMBANGUNAN,” Jurnal Khatulistiwa Informatika, vol. 10, no. 1, pp. 74–80, 2022, [Online]. Available: https://stmik.ipem.ac.id/

A. Reservasi, L. Futsal, B. Web, T. Ardiansah, and D. Hidayatullah, “Penerapan Metode Waterfall Pada,” Journal of Information Technology, Software Engineering, and Computer Science (ITSECS), vol. 1, no. 1, 2023.

V. Olindo and A. Syaripudin, “Perancangan Sistem Informasi Absensi Pegawai Berbasis Web Dengan Metode Waterfall (Studi Kasus : Kantor Dbpr Tangerang Selatan),” OKTAL : Jurnal Ilmu Komputer dan Science, vol. 1, no. 01, 2022.

M. Badrul, “PENERAPAN METODE WATERFALL UNTUK PERANCANGAN SISTEM INFORMASI INVENTORY PADA TOKO KERAMIK BINTANG TERANG,” vol. 8, no. 2, 2021.

L. M. A. A. Gandhi, R. S. Sianturi, and A. P. Kharisma, “Perancangan User Experience Aplikasi Mobile Online Therapy untuk Mengatasi Depresi bagi Remaja menggunakan Metode Human-Centered Design,” Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 6, pp. 3161–3171, 2022.

Y. Karyadi and H. Santoso, “Prediksi Kualitas Udara Dengan Metoda LSTM, Bidirectional LSTM, dan GRU,” JATISI (Jurnal Teknik Informatika Dan Sistem Informasi), vol. 9, no. 1, pp. 671–684, 2022, Accessed: May 26, 2024. [Online]. Available: https://doi.org/10.35957/jatisi.v9i1.1588

Anishnama, “Understanding Bidirectional LSTM for Sequential Data Processing,” https://medium.com/@anishnama20/understanding-bidirectional-lstm-for-sequential-data-processing-b83d6283befc.

P. Srivatsavaya, “Flatten Layer — Implementation, Advantage and Disadvantages,” https://medium.com/@prudhviraju.srivatsavaya/flatten-layer-implementation-advantage-and-disadvantages-0f8c4ecf5ac5.




DOI: https://doi.org/10.52447/jkte.v9i2.7690

Refbacks

  • There are currently no refbacks.