PENGARUH KETERLIBATAN KERJA DAN DUKUNGAN ORGANISASI YANG DIRASAKAN TERHADAP KINERJA KARYAWAN YANG DIINTERVENING OLEH KEPUASAN KERJA PADA DIVISI SDM DAN KEUANGAN PT. PELABUHAN TANJUNG PRIOK, JAKARTA

Qhoirunnisa Sajdah, Lukiyana Lukiyana

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui untuk mengetahui pengaruh keterlibatan kerja terhadap kinerja karyawan melalui kepuasan kerja dan untuk mengetahui pengaruh dukungan organisasi yang dirasakan karyawan terhadap kinerja karyawan melalui kepuasan kerja pada Divisi SDM dan Keuangan                    PT. Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik pengumpulan datanya menggunakan metode kuesioner. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini  adalah seluruh karyawan pada Divisi SDM dan Keuangan   PT. Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta yang berjumlah 43 orang pegawai, sedangkan metode pengambilan sampel menggunakan teknik non probability sampling. Yang menjadi variabel bebas dalam penelitian ini adalah keterlibatan kerja dan dukungan organisasi, variabel intervening dalam penelitian ini kepuasan kerja. Sedangkan variabel terikatnya adalah kinerja karyawan. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan model SEM dengan pendekatan partial least square (PLS) 3.0.

Dari hasil penelitian keterlibatan kerja berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan. Hal ini membuktikan bahwa hipotesis pertama (H1) diterima. Keterlibatan kerja berpengaruh signifikan terhadap kepuasan kerja. Hal ini membuktikan bahwa hipotesis kedua (H2) diterima. Dukungan organisasi berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan. Hal ini membuktikan bahwa hipotesis ketiga (H3) diterima. Dukungan organisasi berpengaruh signifikan terhadap kepuasan kerja. Hal ini membuktikan bahwa hipotesis keempat (H4) diterima. Kepuasan kerja berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan. Hal ini membuktikan bahwa hipotesis kelima (H5) diterima. Keterlibatan kerja berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan melalui kepuasan kerja. Hal ini membuktikan bahwa hipotesis keenam (H6) diterima. Dukungan organisasi berpengaruh terhadap kinerja karyawan melalui kepuasan kerja. Hal ini membuktikan bahwa hipotesis ketujuh (H7) diterima.

Kata Kunci  :   kinerja karyawan, keterlibatan kerja, dukungan organisasi, dan kepuasan kerja.

ABSTRACT

This study aims to determine to determine the effect of work involvement on employee performance through job satisfaction and to determine the effect of organizational support perceived employee to the performance of employees through job satisfaction in the Division of Human Resources and Finance          PT. Port of Tanjung Priok, Jakarta

This research uses quantitative approach with data collection technique using questionnaire method. The population used in this research is all employees in the Division of Human Resources and Finance PT. Port of Tanjung Priok, Jakarta, amounting to 43 employees, while the sampling method using non-probability sampling technique. The free variable in this research is job involvement and organizational support, intervening variable in this research job satisfaction. While the dependent variable is employee performance. Data analysis technique used in this research using SEM model with partial least square approach (PLS) 3.0.

From result of research of work involvement have an effect on signifikan to employee performance. This proves that the first hypothesis (H1) is accepted. Job involvement has a significant effect on job satisfaction. This proves that the second hypothesis (H2) is accepted. Organizational support has a significant effect on employee performance. This proves that the third hypothesis (H3) is accepted. Organizational support has a significant effect on job satisfaction. This proves that the fourth hypothesis (H4) is accepted. Job satisfaction has a significant effect on employee performance. This proves that the fifth hypothesis (H5) is accepted. Job involvement has a significant effect on employee performance through job satisfaction. This proves that the sixth hypothesis (H6) is accepted. Organizational support affects employee performance through job satisfaction. This proves that the seventh hypothesis (H7) is accepted.

Keywords: employee performance, job involvement, organizational support, and job satisfactio


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Abuzar. Asra., et al. 2015. Metode Penelitian Survei. Bogor : IN MEDIA.

Agustiningrum. E. P. & Suryanto. 2013. Hubungan Antara Persepsi Dukungan Organisasi dan Trait Anxiety dengan Performance Pemain Speeder Pump It Up di Surabaya. Jurnal Psikologi Industri dan Organisasi. Vol. 2 No.1 h. 1- 10.

Ahmadi. Candra & Hermawan Dadang. 2013. E-Business dan E-Commerce. Yogyakarta: Andi.

Alkaf. Halid Nuraida. 2009. Metodologi Penelitian Penelitian. Ciputat: Islamic Research publishing.

Armstrong. M. and Baron. A. 1998. Performance Management – The New. Realities. London: Institute of Personnel and Development.

Arikunto. S. 2013. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

As'ad. 2001. Seri Ilmu Sumber Daya Manusia Psikologi Industri. Yogyakarta : Liberty.

Bilgin.N., & Demirer. H. 2012. The examination of the relationship among organizational support. affective commitment and job satisfaction of hotel employee. Social Behavioral Sciences. 52. 470-473

Blau. G.J dan Boal. K.B., 1987. Conseptualizing How Job Involvement and Organizational Commitment Affect Turnover and Absenteeism. Academy of Management Review. vol. 12. no. 2

Brown. dan Ghiselli. 1950. Personnel dan Industrial Psychology. New York:McGrawHill.

Donni Junni Priansa 2014. Perencanaan & Pengembangan SDM. Bandung: Alfabeta.

Sutrisno Edy. 2014. Manajemen Sumber Daya Manusia. Cetak Ke Enam. Pranada Media Group. Jakarta.

Eisenberger. R., Stinglhamber. F., Vandenberghe. C., Sucharski. I., & Rhoades. L. 2013. Perceived Supervisor Support: Contributions to Perceived Organizational Support and Employee Retention. Journal of Applied Psychology. 87. 565-573.

Fahmi. Irham. 2012. Analisis Laporan Keuangan. Cetakan Ke-2. Bandung: Alfabeta.

Gunawan Ade. Yuwono Budi. 2007. Pengembangan E-Government dalam Menuju Tata Pemerintahan yang Baik Good Governance: Studi Kasus Biro Perencanaan dan Organisasi Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional LAPAN. Jakarta

Ghozali. Imam. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang: Badan Universitas Diponegoro

Gronroos. C. 1990. Service Management and Marketing: Managing the Moment of Truth in Service Competition. Massachusetts: Lexington

Hasibuan. Malayu. SP. 2008. Dasar-Dasar Perbankan. Jakarta: Bumi Aksara.

Hiriyappa. B. 2009. Organizational Behavior. New Delhi: New Age International Publishers.

Istijanto. 2008. Riset Sumber Daya Manusia. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.

Jogiyanto dan Abdillah. Willy. 2009. Konsep & Aplikasi PLS Partial least Square Untuk penelitian Empiris. Eds. Pertama. Yogyakarta: BPFEYogyakarta

Kondalkar.V. 2007. Organizational Behaviour. New Delhi:New Age International. Publisher.

Kraimer. J. 2001. Organisasi dan Konsep Manajemen Terpadu. Jakarta: Erlangga.

Liao. C., Palvia. P. dan Chen. J.L. 2009. Information Technology Adoption Behavior Life Cycle: Toward A Technology Continuance Theory. International Journal of Information Management. 29. 309-320

Luthans.Fred. 1996. Organizational Behavior. International Edition Management series.. Sixth edition. New York:McGraw-Hill.

Lukiyana. Arsinta. 2018 Pengaruh Pelayanan Tenaga Administrasi dan Kualitas Tenaga Medis Terhadap Kepuasan Pasien BPJS Yang Dimoderasi oleh Kepercayaan Pasien. Vol.14 (1 ) : 1-73

Mangkunegara, AA. Anwar Prabu. 2012. Evaluasi Kinerja Sumber Daya Manusia. Bandung:PT. Reflika Aditama.

Mangkunegara, AA. Anwar Prabu. 2014. Manajemen Sumber Daya Manusia. Perusahaan. PT. Remaja Rosdakarya. Bandung.

Martinis Yamin. 2011. Paradigma Baru Pembelajaran. Jakarta: Gaung Persada

Mathis.L.Robert dan Jackson.H.John. 2001. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta : Buku kedua.

Muchinsky. Paul M. 2003. Psychology Applied to Work. 7th edition. USA :Thomson Wadsworth.

Noe. Raymond A., Hollenbeck. John R., Gerhart. Barry., & Wright. Patrick M. 2011. Manjemen Sumber Daya Manusia: Mencapai Keunggulan Bersaing. Edisi 6. Jilid 2. Terjemahan David Wijaya Jakarta: Salemba Empat

Ramdhani. Arif. 2012. Penilaian Kinerja. Bandung: PT. Sarana Panca Karya Nusa.

Ramdhani Robbins.Stephen P. and Coulter.Mary. 2012. Management. New Jersey: Pearson Education. Inc.

Sambung. R., 2011. Pengaruh Kepuasan Kerja terhadap OCB-I dan OCB-O dengan Dukungan Organisasi Sebagai Variabel Moderatin Studi pada Universitas Palangka Raya. Analisis Manajemen Vol. 5 No. 2 Desember 2011: 77-90 ISSN : 14411-1799

Siagian. 2013. Manajemen Sumber daya Manusia. Bumi Aksara. jakarta

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Sugiyono. 2013. Metodelogi Penelitian Kuantitatif. Kualitatif dan R&D. Bandung: ALFABETA.

Supranto. J. dan Nandan Limakrisna. 2012. Petunjuk Praktis Penelitian Ilmiah untuk Menyusun Skripsi. Tesis. dan Disertasi. Edisi Ketiga. Jakarta:Mitra Wacana Media.

Suwatno. dan Tjutju Yuniarsih. 2013. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.52447/mmj.v6i2.1405

Refbacks

  • There are currently no refbacks.