SIKAP DAN KEPUASAN PENGEMUDI ANGKUTAN TAKSI TERHADAP SISTEM KOMISI JASA ANGKUTAN TAKSI BLUE BIRD (Studi Kasus Pada Perusahaan Angkutan Taksi Blue Bird Pool Kramat Jati)

Kustiadi Basuki

Abstract


ABSTRAK

Hasil penelitian, sistem komisi merupakan salah satu sistem penjualan (sistem operasi) jasa angkutan taksi yang berlaku/diterapkan di DKI Jakarta. Penelitian ini mencoba mengungkap dua hal yang berkaitan dengan sistem komisi ditinjau dari aspek pengemudi, yaitu (1) bagaimana sikap pengemudi taksi terhadap sistem komisi jasa angkutan taksi dan (2) bagaimana tingkat kepuasan pengemudi taksi terhadap sistem komisi jasa angkutan taksi.   Hasil kajian menunjukkan sikap pengemudi taksi blue bird terhadap sistem komisi jasa angkutan taksi blue bird umumnya relatif  positif,  setuju atau mau menerima dengan tingkat jawaban di atas lima puluh persen. Tingkat kepuasan responden (pengemudi) atas sistem komisi yang diterapkan relatif  rendah di bawah lima puluh persen, Banyak faktor yang mempengaruhi kepuasan  atau ketidakpuasan seorang pengemudi dalam melaksanakan pekerjaan dalam sistem komisi, diantaranya diduga dipengaruhi oleh target setoran yang relatif  tinggi dan tingkat persaingan yang semakin ketat sesama  operator  taksi. Dampaknya menurunnya hasil penjualan yang akhirnya dapat mengurangi tingkat kesejahteraan pengemudi.  

Perlu dilakukan penelitian lanjutan terhadap sistem penjualan (sistem komisi) jasa taksi ditinjau dari aspek perusahaan atau operator taksi. Perusahaan taksi lebih memperhatikan aspek kesejahteraan pengemudi taksi, seperti menurunkan batas target setoran secara realistis agar tingkat kepuasan pengemudi meningkat.

Kata kunci : Sikap Pengemudi,Kepuasan Pengemudi, dan Sistem Komisi Jasa Taksi

 

                                                         ABSTRACT

            The results of the study, the commission system is one of the sales systems (operating systems) of taxi transportation services that is applicable / applied in DKI Jakarta. This study tries to uncover two things related to the commission system in terms of the driver aspect, namely (1) how the attitude of the taxi driver towards the taxi service commission system and (2) how the level of satisfaction of the taxi driver to the taxi transportation commission system. The results of the study showed that the attitude of blue bird taxi drivers towards the blue bird taxi service commission system was generally relatively positive, agreed or willing to accept with an answer rate above fifty percent. The level of satisfaction of respondents (drivers) for the commission system applied is relatively low under fifty percent. Many factors affect the satisfaction or dissatisfaction of a driver in carrying out work in the commission system, including allegedly influenced by relatively high deposit targets and increasingly fierce competition levels fellow taxi operators. The impact of the decline in sales results which ultimately can reduce the level of welfare of the driver. Further research needs to be done on the sales system (commission system) taxi services in terms of the company or taxi operator aspects. Taxi companies pay more attention to the welfare aspects of taxi drivers, such as reducing the deposit target limit realistically so that the level of driver satisfaction increases.

Keywords: Driver's Attitude, Driver's Satisfaction, and Taxi Service Commission                    System


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Arief, 2007, Pemasaran Jasa dan Kualitas Pelayanan (Bagaimana Mengelola Kualitas Pelayanan Agar Memuaskan Pelanggan), Edisi 1, Malang : Bayumedia Publishing

Azwar, Saifuddin, 2007, Metode Penelitian, Edisi 1, Cetakan 8, Yogyakarta : Pustaka Pelajar

Abbas Salim, 2002, Manajemen Transportasi, Edisi 1, Jakarta : PT. RajaGrafindo Persada

Hasan, Ali 2008, Marketing, Yogyakarta : Media Utama

Kotler, Philip, 2007, Manajemen Pemasaran, Jilid 1, Edisi 12, Jakarta : Indeks

Madjid, SA, 2011, Customer Service Dalam Bisnis Jasa Transportasi, Jakarta : Rajawali Pers.

Rivai,Veithzal, dan Mulyadi, Dedi, 2009, Kepemimpinan dan Perilaku Organisasi, Edisi 3, Jakarta : Rajawali Pers.

Sakti Adji Adisasmita, 2011, Jaringan Transportasi : Teori dan Analisis, Yogyakarta : Graha Ilmu

Simamora, Bilson, 2002, Panduan Riset Perilaku Konsumen, Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.

Sugiyono, 2008, Metode Penelitian Bisnis, Bandung : Alfabeta

Tjiptono, Fandy, 2004, Manajemen Jasa, Yogyakarta : Andi




DOI: https://doi.org/10.52447/mmj.v7i1.2449

Refbacks

  • There are currently no refbacks.