PENGARUH PERKEMBANGAN TEKNOLOGI APLIKASI SMARTPHONE DAN SELF MANAGEMENT TERHADAP SIKAP DAN PERILAKU GENERASI MILENIAL YANG DI MODERASI OLEH KECERDASAN EMOSIONAL

Lukiyana Lukiyana

Abstract


ABSTRAK

Pengaruh dari perkembangan jaman dan semakin canggih nya dunia smartphone tidak dipungkiri berdampak terhadap sikap atau perilaku generasi millennial, Tujuan dari penelitan berikut adalah meminimalisir dampak dari perkembangan jaman dan perkembangan teknologi khusus nya di smartphone yang ber-impact terhadap generasi muda, Dengan menggunakan Metode Penelitian kualitatif jenis fenomenologi yang dimana jenis penelitian tersebut mengkhususkan pada fenomena dan realita yang ada. Dari penelitian diatas inti nya adalah didapatkan Hasil yang pertama bahwa Pengaruh Perkembangan Teknologi Terhadap Generasi Milenial dapat diterima oleh responden karna banyak nya yang menyetujui bahwa perkembangan teknologi membawa pengaruh baik dan buruk terhadap generasi milenial Hasil yang didapatkan adalah signifikan, selanjutnya yang kedua bahwa Self Management Terhadap Generasi Milenial tidak dapat diterima dan kurang signifikan, hal ini dikarenakan responden banyak yang kurang setuju dengan fakta yang dikutip dari kuisioner bahwa manajemen diri berpengaruh terhadap generasi milenial saat ini , yang ketiga bahwa Kecerdasan Emosional Terhadap Generasi Milenial tidak dapat diterima dan kurang signifikan dari hasil berikut juga menyatakan bahwa responden tidak setuju bahwa kecerdasan emosional berpengaruh terhadap generasi milenial, lalu selanjutnya yang Keempat bahwa Kecerdasan Emosional Sebagai Variabel Mediasi Pengaruh Perkembangan Teknologi adalah berpengaruh signifikan terhadap Generasi Milenial, lalu Hipotesis Kelima bahwa hubungan antara Kecerdasan Emosional Sebagai Variabel Mediasi Self Management adalah berpengaruh signifikan terhadap Generasi Milenial.

Kata Kunci : (Pengaruh Perkembangan Teknologi Aplikasi Smartphone, Self Management, Sikap dan Perilaku Generasi Miennial, Kecerdasan Emosional)

 

ABSTRACK

The influence of the development of the era and the increasingly sophisticated smartphone world is undeniably an impact on the attitudes or behavior of the millennial generation, the purpose of the following research is to minimize the impact of the changing times and the development of its special technology on smartphones that impact on the younger generation, by using qualitative research methods the type of phenomenology in which this type of research specializes in existing phenomena and reality. From the above research the core is obtained the first result that the effect of technological development on millennial generation can be accepted by respondents because many of them agree that technological development has good and bad effects on millennial generation. The results obtained are significant, the second is that self management towards Millennial generation is unacceptable and less significant, this is because many respondents do not agree with the facts quoted from the questionnaire that self-management affects the current millennial generation, the third that Emotional Intelligence Against Millennial Generation is unacceptable and less significant from the following results also states that respondents do not agree that emotional intelligence influences millennial generation, and then the fourth that Emotional Intelligence as a Mediating Variable Influence of Technology Development is a significant effect on ap Millennial Generation, then the Fifth Hypothesis that the relationship between Emotional Intelligence as a Self Management Mediation Variable is a significant influence on Millennial Generation.

Keyword : (Influence of the Development of Smartphone Application Technology, Self Management, Attitudes and Behaviors of Milennial Generation, Emotional Intelligence)


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Alia, T. and Irwansyah (2018), Pendampingan Orang Tua pada Anak Usia Dini dalam Penggunaan Teknologi Digital, A Journal of Language, Literature, Culture and Education. doi: 10.19166/pji.v14i1.639.

Apriandi, R. F. (2018), Pengaruh Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Intelektual, Motivasi Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi Dengan Kepercayaan Diri Sebagai Variabel Moderating, Jurnal Riset Akuntansi Jambi, 2(1), pp. 27–34. doi: 10.35141/jraj.v2i1.291.

Aziza, N. and Melandy, R. R. (2006), Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi, Kepercayaan Diri Sebagai Variabel Pemoderasi, Simposium Nasional …, pp. 23–26.

Barlow, J. et al. (2002), Self-Management Approaches For People With Chronic Conditions: A Review’, Patient Education and Counseling, 48(2), pp. 177–187. doi: 10.1016/S0738-3991(02)00032-0.

Cherniss, C., Roche, C. and Barbarasch, B. (2016), Emotional Intelligence’, Encyclopedia of Mental Health: Second Edition, 2, pp. 108–115. doi: 10.1016/B978-0-12-397045-9.00207-X.

Van Deursen, A. J. A. M. et al. (2015), Modeling Habitual And Addictive Smartphone Behavior: The Role Of Smartphone Usage Types, Emotional Intelligence, Social Stress, Self-Regulation, Age, And Gender, Computers in Human Behavior. Elsevier Ltd, 45, pp. 411–420. doi: 10.1016/j.chb.2014.12.039.

Hidayatullah, S., Waris, A. and Devianti, R. C. (2018), Perilaku Generasi Milenial dalam Menggunakan Aplikasi Go-Food, Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 6(2), pp. 240–249. doi: 10.26905/jmdk.v6i2.2560.

Ika Sandra, K. (2013) ‘Manajemen Waktu, Efikasi-Diri Dan Prokrastinasi’, Persona:Jurnal Psikologi Indonesia, 2(3), pp. 217–222. doi: 10.30996/persona.v2i3.140.

Lorig, K. R. and Holman, H. R. (2003), Self-Management Education: History, Definition, Outcomes, And Mechanisms, Annals of Behavioral Medicine. doi: 10.1207/S15324796ABM2601_01.

Mutia, T. (2017), Generasi Milenial, Instagram Dan Dramaturgi: Suatu Fenomena Dalam Pengelolaan Kesan Ditinjau Dari Perspektif Komunikasi Islam’, An-Nida’.

Newton, P. (2005) ‘What Is Emotional, The Emotionally Intelligent Social Worker, (1962), pp. 10–23.

Sabani, N. (2018) ‘Generasi Millenial Dan Absurditas Debat Kusir Virtual’, Informasi. doi: 10.21831/informasi.v48i1.18078.

Samaha, M. and Hawi, N. S. (2016), Relationships Among Smartphone Addiction, Stress, Academic Performance, And Satisfaction With Life, Computers in Human Behavior. Elsevier Ltd, 57, pp. 321–325. doi: 10.1016/j.chb.2015.12.045.

Setiawan, D. (2018), Dampak Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi Terhadap Budaya, Jurnal Simbolika: Research and Learning in Communication Study, 4(1), p. 62. doi: 10.31289/simbollika.v4i1.1474.

Suplig, M. A. (2017), Pengaruh Kecanduan Game Online Siswa SMA Kelas X Terhadap Kecerdasan Sosial Sekolah Kristen Swasta Di Makassar, Jurnal Jaffray, 15(2), p. 177. doi: 10.25278/jj71.v15i2.261.

Berikut Link Kuisioner yang saya sebar : https://forms.gle/Mniw4Jc6Uyctwey16




DOI: https://doi.org/10.52447/mmj.v8i1.4206

Refbacks

  • There are currently no refbacks.