ANALISA KEPUASAN PENUMPANG DISABILITAS DI KERETA REL LISTRIK JAKARTA

Diah Pranitasari, Sendi Arief Prawira2 Arief Prawira

Abstract


ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kepuasan penumpang disabilitas kereta rel listrik Jakarta dengan melihat pengaruh dari aksesibilitas, inovasi dan kualitas pelayanan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh penumpang disabilitas yang tergabung dalam komunitas disabilitas penumpang KRL di Jakarta pusat, dengan jumlah sampel 100 responden. Analisis data penelitian ini menggunakan analisis koefisien determinasi. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa aksesibilitas berpengaruh terhadap kepuasan konsumen, inovasi secara berpengaruh terhadap kepuasan konsumen,  kualitas pelayanan berpengaruh terhadap kepuasan konsumen. Secara simultan aksesibilitas, inovasi dan kualitas pelayanan berpengaruh terhadap kepuasan konsumen.

Kata Kunci: Aksesibilitas, Inovasi, Kualitas Pelayanan, dan Kepuasan Konsumen

 

 

ABSTRACT

The purpose of this study is to see how the disabled passengers satisfaction of the Jakarta electric railroad is by looking at the influence of accessibility, innovation and service quality. The population in this study were all disabled passengers who are members of the KRL passenger disability community in Central Jakarta, with a sample size of 100 respondents. Analysis of research data using analysis of the coefficient of determination. The results of this study prove that accessibility affects customer satisfaction, innovation affects customer satisfaction, and quality affects customer satisfaction. Simultaneously accessibility, innovation and service quality affect customer satisfaction.

Keywords: Accessibility, Innovation, Service Quality, and Customer Satisfaction


Full Text:

PDF

References


Apriyadi, D. 2017. Analisis Pengaruh Ketepatan Waktu, Fasilitas Dan Harga Tiket Terhadap Kepuasan Penumpang Kereta Api Di Stasiun Purwosari. Jurnal Magistra. 99 (71-83). ISSN 0215-9511.

Aqli, E. et al., 2019. Permeabilitas Kawasan Jalan MH Thamrin Terhadap Akses Pejalan Kaki Menuju Stasiun MRT Bundaran HI Jakarta. NALARs Jurnal Arsitektur. (18) 1 (75-84). P-ISSN 1412-3266. E-ISSN 2549-6832.

Artharini, I. 2016. Membuka Akses Transportasi Buat Kelompok Difabel. Diunduh tanggal 6 januari 2016, https://www.bbc.com.

Ashar, D. et al., 2019. Panduan Penanganan Perkara Penyandang Disabilitas Berhadapan Dengan Hukum. Diterbitkan Oleh Masyarakat Pemantau Peradilan Indonesia, Fakultas Hukum Universitas Indonesia.

Bhavesh, S. et al., 2018. A proposal for smart railway station at vadodara junction (India). International Journal of Scientific Research in Science, Engineering and Technology. (4) 1 (1148-1150). Print ISSN 2395-1990. Online ISSN 2394-4099.

Biomantara, K. dan H. Herdiansyah. 2019. Peran Kereta Api Indonesia (KAI) Sebagai Infrastruktur Transportasi Wilayah Perkotaan. Cakrawala-Jurnal Humaniora. (19) 1 (1-8). P-ISSN 1411-8629. E-ISSN 2579-3314.

Dhewanto, W. et al., 2014. Manajemen Inovasi: Peluang Sukses Menghadapi Perubahan. Edisi ke-1. Yogyakarta: Andi.

Ghozali, I. 2013. Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponogoro.

Hardiyanto, S. M. 2019. Pengaruh Kualitas Layanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Pengguna Jasa PT. Kereta Api Indonesia DAOP VIII jurusan Surabaya-Malang. Jurnal Pendidikan Tata Niaga. (07) 2 (440-444). ISSN 2337-6078.

Hubeis, M. 2012. Manajemen Kreatifitas Dan Inovasi Dalam Bisnis. Jakarta: PT. Hecca Mitra Utama.

Jihan, N. S. et al., 2019. Analisis Kualitas Pelayanan Dalam Meningkatkan Kepuasan Pelanggan Kereta Api Pangrango Kelas Eksekutif Rute Bogor-Sukabumi. Jurnal GOVERNANSI. (5) 1 (79-88). P-ISSN 2442-3971. E-ISSN 2549-7138.

Kotler, P. and K. L. Keller. 2016 marketing management, 15th edition, pearson education, inc.

Lupiyoadi, R. 2013 Manajemen Pemasaran Jasa, Berbasis Kompetensi. Edisi ke-3. Jakarta: Salemba empat.

Matuska, J. 2017. Railway System Accessibility Evaluation For Wheelchair User: Case Study In The Czech Republic (Czech Republic). Journal Transport. (32) 1 (32-43). ISSN 1648-4142. E ISSN 1648-3480.

Mustapha, R. and N. F. Habidin. 2016. Using DMAIC improvement of customer satisfaction and facilities provided at commuter station (Malaysia). International journal of academic research in business and social sciences. (6) 2 (821-836). ISSN 2222-6990.

Nurdin, S. 2016. Kurikulum dan pembelajaran. Edisi ke-2. Jakarta: Rajawali press.

Pranitasari, D., & Trianah, L. (2020). Evaluation of Small Trade Extension Programs. 132(AICMaR 2019), 26–30. https://doi.org/10.2991/aebmr.k.200331.006

Pranitasari, D., Trianah, L., Ningrat, M.A. 2017. Pengaruh Celebrity Endorser Dan Promosi Penjualan Terhadap Keputusan Konsumen Membeli Produk (Studi Kasus Pada Produk Dr. Ricks Denim). Jurnal STEI Ekonomi - JEMI Vol. 25 No. 02 (Des - 2016). https://ejournal.stei.ac.id/index.php/JEMI/article/view/98

Prasetyo, A. 2016. Pengaruh Fasilitas Ticketing Online, Fasilitas Ruang Tunggu, Dan Fasilitas Parkir Terhadap Corporate Image PT. Kereta Api Indonesia Di Stasiun Kereta Api Sragen. Jurnal Magistra. 98 (55-63). ISSN 0215-9411.

Ray, R. I. W. 2020. Inovasi Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik Dalam Penerapan Sistem Check-In Dan Boarding Pass Pada Pt KAI Daop 1 Jakarta. Journal of Governance Innovation. (2) 1 (32-52). P-ISSN 2656-6732. E-ISSN 657-1714.

Selinda, E. M dan Parjono. 2020. Pengaruh kualitas layanan, fasilitas, dan harga tiket terhadap kepuasan pengguna jasa transportasi kereta api probowangi pada pt KAI (persero) Daop 9 Jember. Jurnal Pendidikan Tata Niaga. (8) 1 (695-701). ISSN 2337-6078.

Sri, A. 2018. Belum Aksesibel, Berikut Beberapa Tips Difabel Naik Kereta Api. Diunduh tanggal 9 mei 2018, https://www.solider.id/.

Sutarno. 2012. Serba Serbi Manajemen Bisnis. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sunyoto, D. 2013. Metodologi Penelitian Akuntansi. Bandung: PT Refika Aditama Anggota Ikapi.

Tjiptono, F. 2014. Pemasaran Jasa, Prinsip: Penerapan Dan Penelitian. Yogyakarta: Andi.

Tjiptono, F dan A. Diana. 2016. Pemasaran Esensi Dan Aplikasi. Yogyakarta: Andi.

Tjiptono, F. dan G. Chandra. 2017. Pemasaran Staregik. Edisi ke-3. Yogyakarta: Andi (Anggota IKAPI).

Trianah, L., Pranitasari, D., Rahmahsari, T.E. 2017. Analisis Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, Dan Harga Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan (Studi Kasus Pada Soerabi Bandung Enhaii Cabang Rawamangun). Media Studi Ekonomi Vol. 20 No. 1, Januari-Juni 2017. http://journal.uta45jakarta.ac.id/index.php/MSE/article/view/772

Trianah, L., Pranitasari, D., Marichs, S.Z. 2017. Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Dan Loyalitas Pelanggan (Studi Kasus Pada Pelanggan D’besto Mangun Jaya 2 Tambun Selatan). Jurnal STEI Ekonomi Vol 26, No. 01 Juni 2017. https://stei.ac.id/ojsstei/index.php/JEMI/article/view/201




DOI: https://doi.org/10.52447/mmj.v8i2.4397

Refbacks

  • There are currently no refbacks.