PENGARUH KEPEMILIKAN SAHAM PUBLIK DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP CORPORATE SOSIAL RESPONSIBILITAS DENGAN PROFITABILITAS SEBAGAI VARIABEL MODERATING PADA BANK UMUM MILIK NEGARA PERIODE TAHUN 2015-2019

Ade Irma Tias, Diansyah Diansyah

Abstract


ABSTRAK

 

Tujan penelitian ini adalah untuk menggamati Pengaruh Ukuran Perusahaan dan Kepemilikan Saham Publik terhadap Corporate Sosial Responsibilitas dengan Profitabilitas sebagai Variabel Moderating pada Bank Umum Milik Negara periode tahun 2015-2019. Sampel dalam penelitian ini adalah bank umum yang ada Indonesia yang terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) tahun 2015 – 2019. Data berupa data sekunder yang diperoleh dari website masing-masing bank dan website Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Penelitian ini akan menggunakan software STATA dalam menganalisis data penelitian.vHasil penelitian ini menunjukan bahwa kepemilikan saham publik tidak berpengaruh signifikan terhadap corporate sosial responsibilitas, ukuran perusahaan berpengaruh signifikan positif terhadap corporate sosial responsibilitas, Profitabilitas tidak berpengaruh signifikan terhadap corporate sosial responsibilitas, kepemilikan saham publik berpengaruh signifikan terhadap corporate sosial responsibilitas yang dimoderasi oleh profitabilitas, ukuran perusahaan berpengaruh signifikan positif terhadap corporate sosial responsibilitas yang dimoderasi oleh profitabilitas

Kata kunci : Corporate sosial responsibilitas, Kepemilikan Saham Publik, Ukuran Perusahaan, dan Profitabilitas

 

ABSTRACT

 

The purpose of this research is to keep the influence of corporate size and public shareholding of social Corporate Resposibility with profitability as a Moderating variable in state owned public Bank from 2015-2019. The sample in this study is the Indonesian public bank registered with the Financial Services Authority (OJK) year 2015 – 2019. Data of secondary data obtained from each bank's website and website of the Financial Services Authority (OJK). Sampling techniques are performed using purposive sampling techniques. This research will use STATA software in analyzing the research data.nThe results of this study showed that public shareholding has no significant effect on the social corporate resposibility, the size of the company's significant positive influence towards corporate social resposibility, profitability has no significant effect on the social corporate resposibility, the public shareholding has significant effect on the social corporate responsibility which is moderated by the profitability

Keywords: Corporate Social Responsibility, public shareholding, company size, and profitability


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.52447/mmj.v8i2.4400

Refbacks

  • There are currently no refbacks.