Pengaruh E-Commerce Development Dan Financial Technology Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Keputusan Pembelian Online Pada Market Place Shopee Sebagai Variabel Moderating

Monetio Julian, Ari Soeti Yani

Abstract


ABSTRAK

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh e-commerce development dan financial technology terhadap loyalitas pelanggan dengan keputusan pembelian online pada Market place shopee sebagai variabel moderasi. Adapun jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang berasal dari pelanggan shopee di Kelurahan Warakas Jakarta Utara. Sampel yang di ambil yaitu 76 responden. Pengambilan sampel penelitian ini teknik sampling Random Sampling. Penelitian ini menganalisis hubungan antara pengaruh E-commerce development dan financial technology terhadap loyalitas pelanggandengan keputusan pembelian online pada marketplace shopee sebagai variabel moderasi . Penelitian ini menggunakan metode analisis data Partial Least Square (PLS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-commerce  development berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan pada market place shopee. Financial technology berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan pada market place shopee. Variabel  moderasi keputusan pembelian online berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan pada market place shopee. E-commerce development berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan dengan keputusan pembelian online sebagai variabel moderasi. Financial technology tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan dengan keputusan pembelian online sebagai variabel moderasi.

Kata kunci : E-Commerce Development , Financial Technology , Loyalitas Pelanggan , Keputusan Pembelian Online

 

ABSTRACT

The purpose of this study was to determine the effect of e-commerce development and financial technology on customer loyalty with online purchasing decisions on the Shopee Marketplace as a moderating variable. The type of data used in this study is primary data derived from shopee customers in Warakas Village, North Jakarta, the sample taken was 76 respondents. The sample of this research is random sampling technique. This study analyzes the relationship between the influence of E-Commerce development and financial technology on customer loyalty with online purchasing decisions at the shopee marketplace as a moderating variable. This research uses data analysis method Partial Least Square (PLS). The results showed that e-commerce development has a significant effect on customer loyalty in the shopee market place. And financial technology has a significant effect on customer loyalty at the shopee market place. The moderating variable of online purchasing decisions has a significant effect on customer loyalty in the shopee market place. E-Commerce development has a positive and significant effect on customer loyalty with online purchasing decisions as a moderating variable. Financial technology has no positive and significant effect on customer loyalty with online purchasing decisions as a moderating variable.

Key word : E-Commerce Development, Financial Technology, Customer Loyalty, Online Purchasing Decisions


Full Text:

PDF

References


Akter, S., & Wamba, S. F. (2016). Big data analytics in E-commerce: a systematic review and agenda for future research. Electronic Markets. https://doi.org/10.1007/s12525-016-0219-0

APJII. (2020). Laporan Survei Internet APJII 2019 – 2020. Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia, 2020, 1–146. Retrieved from https://apjii.or.id/survei

Arli, D., & Tjiptono, F. (2014). The End of Religion? Examining the Role of Religiousness, Materialism, and Long-Term Orientation on Consumer Ethics in Indonesia. Journal of Business Ethics, 123(3), 385–400. https://doi.org/10.1007/s10551-013-1846-4

Aswati, W. O., Mas’ud, A., & Nudi, T. N. (2018). Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak, Pengetahuan Pajak, dan Akuntabilitas Pelayanan Publik Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor (Studi Kasus Kantor UPTB Samsat Kabupaten Muna). Jurnal Akuntansi Dan Keuangan, 3(1), 27–39.

Auliani, P. A., Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “Geliat Fintech di Era Industri 4.0,” H. kompas. com/read/2018/10/18/144300126/geliat-fintech-di-era-industr.-40?page=all., & Auliani, E. : P. A. (2018). No Title.

Awiagah, R., Kang, J., & Lim, J. I. (2016). Factors affecting e-commerce adoption among SMEs in Ghana. Information Development. https://doi.org/10.1177/0266666915571427

Burhanuddin, 2019. (2019). Tingkat Pemahaman dan Minat Masyarakat dalam Penggunaan Fintech. Owner, 3(1), 21. https://doi.org/10.33395/owner.v3i1.79

Chaffey, D. (2015). Digital Business And E-Commerce Management Strategy, Implementation And Practice. In Digital Economies.

Chin, W. W. (1998). The Partial Least Squares Approach to Structural Modeling. Modern Methods for Business Research.

Davis, 2015. (2020). Pengaruh Tampilan Web Dan Harga Terhadap Minat Beli Dengan Kepercayaan Sebagai Intervening Variable Pada E-Commerce Shopee. Jurnal Manajemen Pemasaran, 14(1), 35–43. https://doi.org/10.9744/pemasaran.14.1.35-43

Dhatuswasti, R., Putri, H., & Susanta, H. (2018). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Loyalitas Konsumen Pada Bisnis E-Commerce shopee. 1(1), 1–8. Retrieved from www.the-marketeers.com

Duli, 2019. (2002). Bab III Prosedur Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT. Rineka CiptaJakarta: Bumi Aksara, 136(2), 2–3. Retrieved from http://digilib.uinsby.ac.id/1041/6/Bab 3.pdf

Effendi, Y., & Aprileny, I. (n.d.). The Influence Of System Quality , Perception Of Benefits , And Customers Convenience Of Using Internet Banking On Loyalty ( Case Studies on Customers of PT . Bank BCA , Tbk . KCU Gajah. 1–22.

Ella, F., Wulandari, T., & Limbing, L. P. B. (2020). Maskapai Penerbangan Lion Air the Influence of Brand Images and Purchase Decisions on Customer Loyalty in Lion Water. 7–14.

Farisi, S., & Siregar, Q. R. (2020). Pengaruh Harga dan Promosi Terhadap Loyalitas Pelanggan Pengguna Jasa Transportasi Online di Kota Medan. Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 3(1), 148–159. https://doi.org/10.30596/maneggio.v3i1.4941

Griffin. (2017). Indikator Keputusan pembelian online.

Griffin, 2015. (2014). PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN KUALITAS Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Dalam Membentuk Loyalitas Pelanggan (Studi pada Pelanggan McDonaldâs MT.Haryono Malang). Jurnal Administrasi Bisnis S1 Universitas Brawijaya, 15(1), 84504.

hasan, (2013). (2020). Pengaruh Kualitas Produk Dan Citra Merek Terhadap Loyalitas Pelanggan Dan Kepuasan Pelanggan Pada Fast Fashion Uniqlo Di Jurnal Ilmu Dan Riset

Hurriyati, R. (2010). Bauran Pemasaran Dan Loyalitas Pelanggan. Jurnal Pendidikan Manajemen Bisnis.

Ilham, M. (2017). Implementasi Analisis Swot Dalam Start Up Fintech Terhadap Loyalitas Konsumen. Jurnal Ilmu Manajemen, 2(2), 196–206.

Jayani, D. H. (2019). 10 E-Commerce dengan Pengunjung Terbesar Kuartal III-2019. Katadata.Co.Id.

Kepuasan, P., Maharani, S., & Ak, M. (2020). Pengaruh Kepuasan, Kepercayaan, Dan Kemudahan Penggunaan Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Online Shop Di Shopee.

Khoirunnisa, E. (2017). Pengaruh Penggunaan E-Banking, Kepercayaan (TRUST) Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Nasabah Bank BNI Syariah Kantor Cabang Surakarta. IAIN Salatiga, 1–144.

Kosasi, S. (2015). Perancangan Sistem E-Commerce Untuk Memperluas Pasar Produk Oleh-Oleh Khas Pontianak. SNASTIA.

Kotler, P., & Amstrong, G. (2012). pengaruh lokasi, kualitas pelayanan terhadap keputusaan pembelian. HIFADH.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Mangement. In Pearson Edition Limited.

lia dwi jayanti. (2020). Pengaruh Relationship Marketing, Kualitas Pelayanan Dan Financial Technology Terhadap Loyalitas Nasabah Bank Syariah Dengan Kepuasan Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Bank BNI Syariah Kantor Cabang Surakarta). 21(1), 1–9. Retrieved from http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/JKM/article/view/2203

Mahardhika, N. P. (n.d.). Pengaruh Terpaan Social Media Marketing, Sales Promotion, Inovasi terhadap Loyalitas Konsumen dalam Menggunakan Layanan Go-Pay.

Maiti, & Bidinger. (1981). Analisis Dan Perancangan E-Commerce Dalam Menentukan Loyalitas Pelanggan Menggunakan Metode Algoritma C 4.5 Pada PT GIP. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Mu’afiah, N. (2020). Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Loyalitas Pelanggan Dalam Melakukan Transaksi Online Pada E-Commerce Bukalapak. Jurnal Mitra Manajemen, 4(11), 1558–1572. Retrieved from http://e-jurnalmitramanajemen.com/index.php/jmm/article/view/125/69

Muttaqin, R., Fatihudin, D., & Aisyah, R. A. (2016). Kualitas Layanan Online Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pengguna Kereta Api Ekonomi Maharani Surabaya Pasar Turi-Semarang Poncol Pada PT. K.A.I. Daop VIII Surabaya. Jurnal BALANCE: Business, Management and Accounting, Economic, 13(1), 68–85.

Nursalam, 2016, metode penelitian, & Fallis, A. . (2013). financial technology. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

NURSIANA, A. (2015). Pengaruh Internet Banking, Kualitas Layanan, Reputasi Produk, Lokasi, Terhadap Loyalitas Nasabah Dengan Intermediasi Kepuasan Nasabah. Jurnal Keuangan Dan Perbankan, 19(3), 450–462. https://doi.org/10.26905/jkdp.v19i3.43

Philip Kotler. (2014). Economics Development Analysis Journal. 2(4), 446–455.

Priska Ayu Kriesnanda. (2017). Pengaruh Teknologi Layanan Mandiri, Taktik Pemasaran Relasional, Hubungan Pemasaran Terhadap Loyalitas Nasabah Dengan Mediasi Kepuasan Nasabah Dalam Penggunaan Mobile Banking Bank Bri Di Makassar. Вестник Росздравнадзора, 4, 9–15.

Purbawati, D., & Prasetyo, H. D. (2015). Pengaruh E-Commerce and E-Security terhadap E-Satisfaction melalui Keputusan Pembelian Konsumen E-(Studi Kasus pada Konsumen Lazada Indonesia).

Putri, Y. L., & Utomo, H. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Loyalitas Pelanggan dengan Kepuasan sebagai Variabel Intervening (Studi Persepsi Pada Pelanggan Dian Compp Ambarawa). Among Makarti.

Rahma Soediro. (2018). No Title.

Rahmadhania, G. (n.d.). Konsumen Pada Pengguna Financial Technology Ovo the Effect Perceived Usefulness and Perceived Ease of Use Toward Loyalty Through Customer Satisfaction of Users of Financial Technology Ovo. 1–16.

Rani, P., & Rahmawati, D. (2007). Pengertian E-Business. Technology.

Rebecca. (2016). Pengertian E-Commerce (Perdagangan Elektronik). ProgressTech.

Robinette (2015). (2015). pengaruh e-commerce terhadap loyalitas pelanggan. 28–47.

Sarwono, J., & Narimawati, U. (2020). Membuat Skripsi, Tesis, dan Disertasi dengan Partial Least Square SEM (PLS-SEM). In CV ANDI OFFSET (Penerbit Andi).

Setyaningsih, O. (2017a). Pengaruh Persepsi Kualitas Pelayanan E-Commerce Terhadap Kepuasan Pelanggan, Kepercayaan Dan Loyalitas Pada Produk Fashion. Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 14(2), 67. https://doi.org/10.20961/jbm.v14i2.4126

Setyaningsih, O. (2017b). Pengaruh Persepsi Kualitas Pelayanan E-Commerce Terhadap Kepuasan Pelanggan, Kepercayaan Dan Loyalitas Pada Produk Fashion. Jurnal Bisnis Dan Manajemen. https://doi.org/10.20961/jbm.v14i2.4126

Siregar, A. H. (2019). Pengaruh Trust Dan Satisfaction Terhadap Customer Loyalty Di Era E-Commerce Pada Toko Cheire Amore. III(1), 1–10.

Sudiartana, I. M., & Mendra, N. P. Y. (2017). Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Kepatuhan Wajib Pajak. Proceeding TEAM. https://doi.org/10.23887/team.vol2.2017.170

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, kualitatif dan R & D. Alfabeta. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Sugiyono. (2017a). Metode Penelitian Bisnis (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi dan R&D). In Metodelogi Penelitian.

Sugiyono. (2017b). MetodePenelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet. Sugiyono. (2017). MetodePenelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: PT Alfabet.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif,Kualitatif dan R&D. Ke-26.

Suhari, Y. (2010). E-Commerce : Model Perilaku Konsumen. Jurnal Dinamika Informatika.

Tjiptono, F. (2014). Pemasaran Jasa - Prinsip, Penerapan, dan Penelitiab. In 1.

Tugiso, I., Haryono, A. T., & Minarsih, M. M. (2016). Pengaruh relationship marketing, Keamanan, kepercayaan dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian online shop dan loyalitas konsumen sebagai variabel intervening studi kasus pada onlineshop “Numira” Semarang. Journal of Management, 2(2), 1–18. Retrieved from https://jurnal.unpand.ac.id/index.php/MS/article/view/558/543

Tunjungsari, R. H., & Iriani, S. S. (2016). Pengaruh Brand Extension, Kualitas Produk, Dan Layanan Purna Jual Terhadap Keputusan Pembelian Asus Smartphone. Jurnal Riset Ekonomi Dan Manajemen, 15(2), 212. https://doi.org/10.17970/jrem.15.150202.id

Turban, E., & Volonino, L. (2011). Information Technology for Management. In Jhon Wiley & Sons, Inc.

Zahra, M. N., & Rachmawati, I. (2019). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Loyalitas Pada Situs Web E-Commerce ( Studi Pada Lazada Indonesia ) Factors Affecting Loyality Through E-Commerce Sites ( a Study in Lazada ). 6(1), 263–270.

Zedadra, O., Guerrieri, A., Jouandeau, N., Seridi, H., Fortino, G., Spezzano, G., … Thesis, A. (2019). Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Nasabah Bank Pengguna E-Banking. Sustainability (Switzerland), 11(1), 1–14.




DOI: https://doi.org/10.52447/mmj.v9i2.5556

Refbacks

  • There are currently no refbacks.