Pengaruh Transportasi Online Dan Aplikasi Pembayaran Online Terhadap Keputusan Menjadi Milenial Entrepreneur Dimediasi Regulasi Startup

Kustiadi Basuki

Abstract


ABSTRAK

                  Penelitian ini bertujuan  untuk menganalisis dan mengetahui besaran  pengaruh transportasi online dan aplikasi pembayaran online terhadap keputusan menjadi milenial entrepreneur dimoderasi oleh regulasi startup. Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah 39 orang karyawan dan teknik penentuan sampel menggunakan teknik sampling jenuh yaitu, teknik penentuan sampel yang menggunakan populasi (seluruh pegawai Nissan) sebagai sampel. Pengumpulan data dilakukan dengan menyampaikan kuesioner berisi pernyataan/pertanyaan tentang variabel yang diteliti  kepada respoden sampel yang berjumlah 39 orang, sebagai data primer yang diukur dengan metode Skala Likert, selanjutnya diolah dan dianalisis menggunakan SEM melalui  bantuan  software Partial Least Square (PLS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa, transportasi online secara parsial berpengaruh  positif dan signifikan terhadap keputusan menjadi milenial entrepreneur, namun secara parsia tidak berpengaruh signifikan terhadap regulasi startup. Aplikasi pembayaran online secara parsial  tidak berdampak signifikan terhadap keputusan menjadi milenial entrepreneur, namun  secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap regulasi startup. Adapun  regulasi startup secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan menjadi milenial entrepreneur. Regulasi startup secara parsial tidak mampu menambah pengaruh transportasi online dan aplikasi pembayaran online terhadap keputusan menjadi milenial entreprneur. 

Kata Kunci: Transportasi Online, Aplikasi Pembayaran Online, Keputusan Milenial Entrepreneur, Regulasi Startup

 

 

ABSTRACT

            This study aims to analyze and determine the magnitude of the influence of online transportation and online payment applications on the decision to become a millennial entrepreneur moderated by startup regulations. The total population in this study were 39 employees and the sampling technique used was saturated sampling technique, namely, the sampling technique used the population (all Nissan employees) as the sample. Data was collected by submitting a questionnaire containing statements/questions about the variables studied to a sample of 39 people, as primary data measured by the Likert Scale method, then processed and analyzed using SEM through the help of Partial Least Square (PLS) software. The results show that online transportation partially has a positive and significant effect on the decision to become a millennial entrepreneur, but partially does not have a significant effect on startup regulation. Partially, online payment applications do not have a significant impact on the decision to become a millennial entrepreneur, but partially have a positive and significant impact on startup regulations. The startup regulations partially have a positive and significant effect on the decision to become a millennial entrepreneur. Startup regulations are partially unable to increase the influence of online transportation and online payment applications on the decision to become a millennial entrepreneur.

Keywords: Online Transportation, Online Payment Application, Millennial Entrepreneur Decision, Startup Regulation


Full Text:

PDF

References


Cahyadi, D. (2016). Analisis Faktor - Faktor Yang Mempengaruhi Pendapatan Driver Ojek Online. Universitas Brawijaya, 5 No 2.

Dahlqvist, O., Davidsson, P., & Wicklund, J. (2000). Initial Conditions as Predictors of New Venture Performance : A Replication and Extension of the Cooper et al.study. Enterprise and Innovation Management Studies, 1(1), 1–18.

Ebis, S. (2017, February). 6 Faktor Pendorong Bisnis E-Comerce Indonesia. Smartbisnis.Co.Id.

Godwin, J. (2001). Privacy and Security Concerns as Major Barriers for e-Commerce : A Survey Study. Information Management & Computer Security, 9(4), 165–174

Hidayatullah, S. (2018). Perilaku Generasi Milenial Dalam Menggunakan Aplikasi Online. Jurnal Manajemen Kewirausahaan, 6 No 2(240–249).

Intan Fitriyani. (2019). Era Globalisasi Menuntut Generasi Milenial Berjiwa Entrepreneur. Student’s Column.

Kotler, K. (2012). Manajemen Pemasaran (13th ed.). Jakarta: Erlangga.

Lucky Radi, Ane Kurniawati, D. K. (2017). Analisis Faktor - Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembeliah Inleh Generasi Milenial Pada Industri Kuliner di Kota Tasikmalaya. Ekonomi Manajemen, 3 No 1(18–27).

Maulana, C. (2019). Regulasi Dan Pengawasan Transportasi Online. Swa.Co.Id, p. https://swa.co.id/swa/trends/regulasi-dan-pengawas.

Novia. (2019). Keuntungan Memulai Bisnis Startup Dibanding Bisnis Konvensional Bagi Milenial. Retrieved October 18, 2019, from Jurnal.id website: https://www.jurnal.id/id/blog/keuntungan-memulai-bisnis-startup-dibanding-bisnis-konvensional/

Nuraini Anitasari. (2017, August). Faktor - Faktor Penyebab Kegagalan Bisnis Startup. Zahiraccounting.Com.

Putri, A. A. K. S. (2018). Analisis Pengaruh Sikap Generasi Milenial Terhadap Minat Beli Onlie Pada Situs Jejaring Sosial. Universitas Islam Indonesia.

Redaksi AyoBandung. (2019, February 26). Startup Bisnis Generasi Milenial. Ayobandung.Com.

Rosad, S. dan. (2015). Manajemen Pemasaran. bogor: in media.

Siregar, T. (2019, March 21). Jumlah Wirausaha di Indonesia Tembus 8 Juta Jiwa. RRI.Co.Id.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (Bandung).

Wuryasti, F. (2019). Regulasi Startup Harus JElas. Mediaindonesia.Com.

Yamsibe, S. Y. (2018). Profil Generasi Milenial Indonesia (BPS, Ed.). Jakarta: Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak.




DOI: https://doi.org/10.52447/mmj.v9i2.5557

Refbacks

  • There are currently no refbacks.