Analisis Perbandingan Tingkat Usabilitas, Citra Perusahaan Dan Kualitas Pelayanan Aplikasi Online Shop Terhadap Kepuasan Belanja Online (Studi Kasus pada Tokopedia dan Shopee)
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana analisa perbandingan Tingkat Usabilitas, Citra Perusahaan, dan Kualitas Layanan aplikasi online marketplace, dapat mempengaruhi Kepuasan Pelanggan belanja online (studi kasus pada Tokopedia dan Shopee). Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh pengguna pada aplikasi Tokopedia dan Shopee di kelurahan Kayu Jati Rawamangun. Sampel yang digunakan pada penelitian ini menggunakan teknik probability sampling dengan tipe purposive sampling sehingga diperoleh sebanyak 97 responden. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan kuesioner dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini anaisis Regresi linier berganda dan pengujian hipotesis secara parsial maupun simultan dengan menggunakan SPSS 22. Melalui perhitungan koefisien determinasi dan uji hipotesis seluruh variabel independent Tokopedia berpengaruh terhadap variabel dependent nya, sedangakan Shopee, terdapat satu variabel independent yaitu variabel Citra Perusahaan yang tidak mempengaruhi variabel dependent nya. Meskipun demikian, keseluruhan penelitian mengindikasikan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari setiap variabel untuk mendukung pelanggan kedua Online Shop tersebut untuk memuaskan dan membuat pelanggannya bertahan menggunakan produk mereka.
Keywords : Tingkat Usabilitas; Citra Perusahaan; Kualitas Layanan; Kepuasan Pelanggan
ABSTRACT
This study aims to find out how the comparative analysis of Usability Level, Corporate Image, and Service Quality of online marketplace applications, can affect online shopping customer satisfaction (case studies on Tokopedia and Shopee). The population in this study were all users of the Tokopedia and Shopee applications in the Kayu Jati Rawamangun village. The sample used in this study used a probability sampling technique with purposive sampling type in order to obtain as many as 97 respondents. The data collection method used in this study used a questionnaire and observation. The data analysis technique used in this study is multiple linear regression analysis and partial or simultaneous hypothesis testing using SPSS 22. Through the calculation of the coefficient of determination and hypothesis testing, all Tokopedia independent variables affect the dependent variable, while Shopee, there is one independent variable, namely the variable Company image that does not affect the dependent variable. Nevertheless, the overall research indicates that there is a significant effect of each variable to support the customers of the two Online Shops to satisfy and keep their customers using their products.
Keywords : Usability Level; Company Image; Service Quality; Customer Satisfaction.
Full Text:
PDFReferences
Aaker, David A.( 2013). Manajemen Pemasaran Strategi. Edisi kedelapan. Salemba Empat. Jakarta.
Arikunto, S. 2013. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta. Buchari. Alma. (2016). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung. Alfabeta
Chandrarin, Grahita. 2017. Metode Riset Akuntansi Pendekatan Kuantitatif. Jakarta : Salemba 4.
Djahmhari, Yogi Nurhadie. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, Promosi, dan Kepercayaan terhadap loyalitas Pelanggan Kanza Accessories di Online Shop. Jurnal Ilmiah Ilmu Ekonomi, 5(10), 98-115.
Ghozali, imam. 2013. Aplikasi Analisis Multivariate dengan program SPSS. Edisi Ketujuh. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hatch M., J. & Schulz M. 2017. Are the strategic star aligned for your corporate brand (70:74)
Jessica Novia J. (2016). Pengaruh Kualitas Layanan dan Kepercayaan seseorang Terhadap Loyalitas belanja Pada Vittoriashop. Jurnal Manajemen dan Star-up Bisnis, 1(2).
Jihad kamillulah, Ari Kusyanti, Himawat Aryadit. (2017). Analisis Pengaruh Kepercayaan, Kepuasan, dan Reputasi TerhadapLoyalitas Konsumen Online Shop Dalam Pembelian Produk di Toko XYZ. Jurnal Pengembangan Teknologi dan Informasi dan Ilmu Komputer, 2(7), 2660-2669.
Jill, Griffin. (2015). Customer Loyalty: Menumbuhkan & Mempertahankan Kesetiaan Pelanggan. Jakarta: Erlangga
Kotler, Philip and Kevin Lane Keller, (2016): Marketing Management, 15th.
and Amstrong. 2012. Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi 13 Jilid 1 Jakarta : Erlangga. dan Keller. 2012. Manajemen Pemasaran. Edisi 12. Jakarta : Erlangga.
Michael Christian, Vincent Nuari. (2016). Pengaruh Kualitas Layanan Tehadap Loyalitas konsumen Studi Kasus : Belanja Online Bhinneka.com. Jurnal Siasat Bisnis, (2016), 20 (1), 33-53.
Laudon. Kenneth C., dan Laudon. Jane P.,"Management Information System", 10th ed. Jakarta: Salemba Empat, 2013
Lovelock, Christoper. et al. 2012. Pemasaran Jasa, Edisi 7, Jilid 2. Jakarta : Erlangga.
Meng-Chen Lin, Ya-Ping Chiu2, (2017) School of Business Administration, Hubei University of Economics. International Journal of e-Education, e-Business, e-Management and e- Learning, Vol. 7 No. 4
Moez Ltifi, Jamel Eddine Gharbi. (2015). E-satisfaction And E-Loyalty of Consumers Shopping Online. Journal Of Internet Banking And Commerce, 6(3), 1-20.
Inspirasi Shopee. 24 Agustus 2018.https://Shopee.co.id/inspirasi-Shopee/sudah-tahu-kelebihan- Shopee-dibanding-e-commerce-lainnya/.
Obeidat, Zaid Mohammad, dan Rami Mohammad. (2017). The Impact of E-Service Quality and E-Loyalty on Online Shopping: Moderating Effect of E-Satisfaction and E-Trust. International Journal of Marketing Studies, 9(2),92-103.
Pranitasari, D., & Prawira, S. A. (2020). Analisa Kepuasan Penumpang Disabilitas Di Kereta Rel Listrik Jakarta. Media Manajemen Jasa, 8(2), 12–22. http://journal.uta45jakarta.ac.id/index.php/MMJ/article/view/4397/1723
Pranitasari, D., & Sidqi, A. N. (2021). Analisis Kepuasan Pelanggan Elektronik Shopee Menggunakan Metode E-Service Quality dan Kartesius. Jurnal Akuntansi Dan Manajemen, 18(02). https://ejournal.stei.ac.id/index.php/JAM/article/view/438
Rika Mardatilla, Ari Kusyanti, Himawat Aryadita. (2017). Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan, Kepercayaan dan Loyalitas Pelanggan Pada E-Commerce (Studi Kasus : Berrybenka). Jurnal Pengembangan Teknologi dan Informasi dan Ilmu Komputer, 1(12), 1822-1832.
Sangadji, E.M., dan Sopiah. (2013). Prilaku Konsumen: Pendekatan Praktis Disertai: Himpunan Jurnal Penelitian. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Soemirat S, Ardianto E. 207. 2012. Pencitraan pada perusahaan. Jakarta: Rosdakarya.
Susanto dan Susanti dalam Wijaya. (2018), Perilaku Konsumen – Pendekatan Praktis disertai Himpunan Jurnal Penelitian. Yogyakarta : Andi OFFSET.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Bisnis. Cetakan ke 18.Bandung. Alfabeta.
.2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif , dan R&D. Bandung : Alfabeta.
Tjiptono, Fandy (2014). Pemasaran jasa - Prinsip, penerapan dan penelitian. Yogyakarta. Andi offset. 55-282.
Trianah, L., Pranitasari, D., & Marichs, S. Z. (2017). Pelanggan ( Studi Kasus Pada Pelanggan D ’ Besto Mangun Jaya 2 Tambun Selatan). https://www.ejournal.stei.ac.id/index.php/JEMI/article/view/201. 26(01), 105–122.
Trianah, L., Pranitasari, D., & Rahmanasari, T. E. (2017). Pada Soerabi Bandung Enhaii Cabang Rawamangun). Media Studi Ekonomi, Vol. 20, No. 1 (2017). http://journal.uta45jakarta.ac.id/index.php/MSE/article/view/772
Warta, Waska. 2017. Manajemen Reputasi. Bandung : PT Remaja Rosdakarya. Wijaya, Tony. Manajemen Kualitas Jasa.2018. Jakarta : Indeks.
Yuniarti, Vinna Sri. Perilaku Konsumen. (2015). Bandung : Pustaka Setia
Ziaullah, M., Feng, Y., dan Akhter, S,N. (2014). E-loyalty: The Influence of Product Quality and Delivery Service on E-trust and E-satisfaction in China, Journal of Theoretical and Applied Information Technology, 3(10), 20-31.
DOI: https://doi.org/10.52447/mmj.v10i1.6143
Refbacks
- There are currently no refbacks.