ANALISA FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUASAN PELANGGAN

Diah Pranitasari, Muhamad Fachroji, Ginanjar Syamsur, Dwi Windu Suryono, Muhammad Natser Abdoellah

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepercayaan, harga, dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan pada PT Tiki Jalur Nugraha Ekakurir Temasline Jakarta Utara, Populasi dalam penelitian ini menggunakan teknik nonprobability sampling yaitu incidental sampling dengan sampel sebesar 111 pelanggan. Hasil menunjukan kepercayaan, harga, dan kualitas pelayanan secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Kualitas pelayanan secara parsial berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan sedangkan kepercayaan dan harga secara parsial tidak berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan.

Kata Kunci: Kepercayaan, Harga, Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pelanggan.

ABSTRACT

This study aims to determine the effect of trust, price, and service quality on customer satisfaction at PT Tiki Jalur Nugraha Ekakurir Temasline North Jakarta. The population in this study used a non-probability sampling technique, namely incidental sampling with a sample of 111 customers. The results show that trust, price, and service quality simultaneously have a significant effect on customers. Service quality partially affects the customer's goal of trust and price partially has no effect on the customer's goal.

Keywords: Trust, Price, Quality of Service, Customers.


Full Text:

PDF

References


Alma, B. (2018). Manajemen Pemasaran & Pemasaran Jasa. Alfabeta.

Armstrong, K. (2016). Marketing An Introducing Prentice Hall Twelfth Edition. Pearson Education, Inc.

Ismail, T., & Yusuf, R. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Kantor Indihome Gegerkalong Di Kota Bandung. Jurnal Ilmiah Mea (Manajemen, Ekonomi, Dan Akuntansi), 5(1), 1124–1135.

Kasmir. (2017). Pengantar Manajemen Keuangan. Kencana Prenada Media Group.

Kotler, P., & Keller, K. (2016). Manajemen Pemasaran, Edisi 13 Jilid 1 Dan 2. Erlangga.

Mahendra, K. P., & Indriyani, R. (2018). Pengaruh Kepercayaan Pelanggan Terhadap Kepuasan Pelanggan CV Mitra Perkasa Utomo. Agora, 7(1).

Mowen, J., & Minor, M. (2017). Perilaku Konsumen, (Jilid 1) Edisi Ketujuh. Erlangga.

Novia, H. E., & Sutrisna, E. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Ekspedisi Di Pekanbaru. Jom Fisip, 4, 1–15.

Paris, Y., Rahman, S., & Rahmawati, D. (2020). Pengaruh Persepsi Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Pengguna Jasa Travel. Bongaya Journal For Research In Management (Bjrm), 3(2), 21–27. Https://Doi.Org/10.37888/Bjrm.V3i2.239

Pranitasari, D. (2017). Pengaruh Celebrity Endorser Dan Promosi Penjualan Terhadap Keputusan Konsumen Membeli Produk (Studi Kasus Pada Produk Dr. Ricks Denim). Jurnal Stei Ekonomi, 25(2), 23–33. Https://Doi.Org/10.36406/Jemi.V25i2.98

Pranitasari, D., & Prawira, S. A. (2020). Analisa Kepuasan Penumpang Disabilitas Di Kereta Rel Listrik Jakarta. Media Manajemen Jasa, 8(2), 12–22. Http://Journal.Uta45jakarta.Ac.Id/Index.Php/Mmj/Article/View/4397/1723

Pranitasari, D., Reynaldi, R., Syamsuar, G., & Suryono, D. W. (2022). Analisis Perbandingan Tingkat Usabilitas, Citra Perusahaan Dan Kualitas Pelayanan Aplikasi Online Shop Terhadap Kepuasan Belanja Online (Studi Kasus Pada Tokopedia Dan Shopee). Media Manajemen Jasa, 10(1), 14–31.

Pranitasari, D., & Sidqi, A. N. (2021). Analisis Kepuasan Pelanggan Elektronik Shopee Menggunakan Metode E-Service Quality Dan Kartesius. Jurnal Akuntansi Dan Manajemen, 18(02). Https://Doi.Org/10.36406/Jam.V18i02.438

Pranitasari, D., Sihotang, S., Prastuti, D., Hermastuti, P., Saodah, E. S., & Harini, S. (2019). Pengaruh Kepuasan Pelanggan Dalam Memediasi Customer Relationship Management Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Masa Pandemi. Visionida, 8(1), 34–49.

Priansa, D. (2017). Perilaku Konsumen Dalam Bisnis Kontemporer. Alfabeta.

Stanton, W. (2016). Prinsip Pemasaran. Erlangga.

Sudaryono. (2018). Metodologi Penelitian. PT.Rajadrafindo Persada.

Swastha, B. (2016). Manajemen Pemasaran Modern. Liberty.

Tjiptono, F. (2016). Strategi Pemasaran Edisi 4. Andi Offset.

Trianah, L., Pranitasari, D., & Marichs, S. Z. (2017). Pelanggan ( Studi Kasus Pada Pelanggan D ’ Besto Mangun Jaya 2 Tambun Selatan ). 26(01), 105–122.

Trianah, L., Pranitasari, D., & Rahmanasari, T. E. (2017). Pada Soerabi Bandung Enhaii Cabang Rawamangun). Internasional & Nasional, 20(1), 26–42. Www.Journal.Uta45jakarta.Ac.Id




DOI: https://doi.org/10.52447/mmj.v10i2.6620

Refbacks

  • There are currently no refbacks.