PENGARUH KUALIITAS PRODUK DAN MINAT BELANJA TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN YANG DI MODERASI OLEH E- COMMERCE

Kustiadi Basuki

Abstract


ABSTRAK

             Tujuan ini untuk mengetahui Peengaruh Kualitas Produk dan Minat Belanja terhadap Kepuasan Pelaanggan yang dimoderasikan oleh E-Commerce. dan Mahasiswa Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta. Jumlah sampel dalam penelitian sebesar ini sebesar 100 orang mahasiswa Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta. Metode analisis data dengan menggunakan Partial Least Square (PLS). Hasil penelitian ini membuktikan bahwa secara parsial variabel Kualitas Produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan, Minat Belanja berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan, E-Commerce berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan, Kualitas Produk terhadap Kepuasan Pelanggan berpengaruh negative dan tidak signifikan yang dimoderasikan oleh E-Commerce, dan Minat Belanja terhadap Kepuasan Pelanggan berpengaruh negative dan tidak signifikan yang dimoderasikan oleh E-Commerce.

Kata Kunci : Kepuasan Pelanggan, E-Commerce, Kualitas Produk, Minat Belanja

 

ABSTRACT

This objective is to determine the effect of product quality and shopping interest on customer satisfaction moderated by e-commerce. and University Students of 17 August 1945 Jakarta. The number of samples in this study was 100 students from the University of August 17, 1945, Jakarta. The data analysis method used Partial Least Square (PLS). The results of this study prove that partially the variable Product Quality has a positive and significant effect on Customer Satisfaction, Shopping Interest has a positive and significant effect on Customer Satisfaction, E-Commerce has a positive and significant effect on Customer Satisfaction, Product Quality has a negative and insignificant effect on Customer Satisfaction moderated by E-Commerce, and Shopping Interest on Customer Satisfaction has a negative and insignificant effect which is moderated by E-Commerce.

Keywords: Customer Satisfaction, E-Commerce, Product Quality, Shopping     Interest


Full Text:

PDF

References


Adianto, Harna. (2018). Analisis Pengaruh Ketepatan Waktu Pengiriman Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan. Journal of Chemical Information and Modeling 2 (4): 48–61. http://aksarapublic.com/index.php/home/article/view/107.

Afnina, Afnina, and Yulia Hastuti. (2018). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan. Jurnal Samudra Ekonomi Dan Bisnis 9 (1): 21–30. https://doi.org/10.33059/jseb.v9i1.458.

Ashari, Aditya. (2020). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Proses Keputusan Pembelian Sepeda Motor Yamaha Vixion, 16–45.

Bahrudin, Muhammad, and Siti Zuhro. (2016). Pengaruh Kepercayaan Dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan. BISNIS : Jurnal Bisnis Dan Manajemen Islam 3 (1): 1. https://doi.org/10.21043/bisnis.v3i1.1463.

Deddy Rakhmad Hidayat, and Muhammad Riza Firdaus. (2014). Analisis Pengaruh Kualitas Layanan, Harga, Kepercayaan, Citra Perusahaan, Dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan : (Studi Pada Pelanggan Telkom Speedy Di Palangka Raya). Wawasan Manajemen 2 (3): 237–49.

DFF, Englan. (2020.) Metode Penelitian STP. Repository.Stp, 26–37.

Faradila, Rr. Selli Nisrina, and Harry Soesanto. (2016). Analisis Pengaruh Persepsi Kemudahan Penggunaan Dan Persepsi Manfaat Terhadap Minat Beli Dengan Kepercayaan Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Pengunjung Toko Online Berrybenka.Com Di Kalangan Mahasiswa Universitas Diponegoro).Jurnal Studi Manajemen Organisasi 13 (2): 149. https://doi.org/10.14710/jsmo.v13i2.13406.

Foster, Bob. (2017). Pengaruh Pengalaman Belanja Online Produk Fashion

Terhadap Kepuasan Dan Niat Beli Ulang Pelanggan Zalora Serta Berrybenka. Kontigensi 5 (1): 68–76.

Hayati, Salma, and Lailatussaadah Lailatussaadah. (2016). Validitas Dan Reliabilitas Instrumen Pengetahuan Pembelajaran Aktif, Kreatif Dan Menyenangkan (Pakem) Menggunakan Model Rasch. Jurnal Ilmiah Didaktika 16 (2): 169. https://doi.org/10.22373/jid.v16i2.593.

Henriawan, Desan. (2015). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi Kasus Pada Toko Cabang Mufin Wilayah Bandung Timur). Copetition VI (2): 71–62.

Hilaliyah, Sari Atul, Achmad Helmy Djawahir, and Christin Susilowati. (2017). “Pengaruh Kualitas Layanan Dan Kualitas Produk Yang Di Moderasi Oleh Suasana Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Pada Mahasiswa Pelanggan Kafe Ria Djenaka Malang) Jurnal Bisnis Dan Manajemen 4 (2): 172–87. http://jurnal.unmer.ac.id/index.php/jbm/article/view/1699.

Indrawati, Ayu Desi. (2013). Pengaruh Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Dan Kepuasan Pelanggan Pada Rumah Sakit Swasta Di Kota Denpasar. Jurnal Manajemen, Strategi Bisnis Dan Kewirausahaan 7 (2): 135–42. https://doi.org/10.24843/MATRIK:JMBK.

Korry, Debby Ivana. (2017). Pengaruh Status Kerja Ibu Rumah Tangga Terhadap Coping Stress. Repository Unika Sogijapranata, 36–44. http://repository.unika.ac.id/id/eprint/14757.

Lenzun, Jessica J, James D.D Massie, and Decky Adare. (2014). Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Promosi Terhadap Kepuasan Pelanggan Kartu Prabayar Telkomsel. Jurnal EMBA 2 (3): 1237–45. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/emba/article/viewFile/5802/5335.

Lesmana, Rosa. (2019).Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pt. Radekatama Piranti Nusa. Jurnal Pemasaran Kompetitif 2 (2): 115. https://doi.org/10.32493/jpkpk.v2i2.2464.

Maria, Monica, and Mohamad Yusak Anshori. (2016). Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Konsumen King Cake. Jurnal Manajemen Teori Dan Terapan| Journal of Theory and Applied Management 6 (1): 50–51. https://doi.org/10.20473/jmtt.v6i1.2654.

Nurul. (2017). Kinerja Karyawan Starbucks Coffee Tunjungan Plaza. Ilmu Dan Riset Manajemen 53 (9).

Putro, Shandy Widjoyo. (2014). Pengaruh Kualitas Layanan Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan Dan Loyalitas Konsumen Restoran Happy Garden Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran 2 (1): 1–9. http://publication.petra.ac.id/index.php/manajemen- pemasaran/article/view/1404.

Rinaldi, Adhitya, and Suryono Budi Santoso. (2018). Analisis Pengaruh Kualitas Informasi, Kualitas Sistem Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Beli Ulang Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Pelanggan Traveloka Di Kota Semarang). Diponegoro Journal of Management 7 (2): 1–14. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/djom/article/view/20901.

Sari, Rini Kartika, and Nanik Hariyana. (2019). Pengaruh Harga, Kualitas Pelayanan Dan Kualitas Produk Terhadap Minat Pembelian Ulang Dan Kepuasan Pelanggan Online Shopping Pada Remaja Di Situbondo. JurnaBisnis Dan Manajemen 6 (2): 107–16. https://doi.org/10.26905/jbm.v6i2.3674.

Sari, Rini Kartika, Diah Yulisetiarini, and Sudaryanto. (2016). Pengaruh Harga Dan Kualitas Pelayanan Serta Kualitas Produk Terhadap Minat Pembelian Ulang Dan Kepuasan Pelanggan Online Shopping Pada Mahasiswa Universitas Abdurachman Saleh. Bisma Jurnal Bisnis Dan Manajemen 10 (2): 115–26.

Savitri, Ida Ayu Putu Dian, and I Made Wardana. (2018). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk Dan Persepsi Harga Terhadap Kepuasan Dan Niat Beli Ulang. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana 7 (10): 5748. https://doi.org/10.24843/ejmunud.2018.v07.i10.p19.

Suandana, Ni, Ketut Rahyuda, and Ni Yasa. (2016). Pengaruh Pengalaman Membeli Produk Fashion Terhadap Niat Membeli Kembali Melalui Kepuasan Dan Kepercayaan Pelanggan. Matrik:Jurnal Manajemen, Strategi Bisnis Dan Kewirausahaan 10 (1): 85–97.

Sugiyono. (2017). Pengaruh Profitabilitas Dan Non Debt Tax Shield Terhadap Struktur Modal Pada Perusahaan Manufaktur Subsektor Otomotif Dan Komponen Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Selama Periode Tahun 2011-2015.” (2): 47–71.

Sunarsi, Denok. (2020). Pengaruh Bauran Pemasaran Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Giant Dept Store Cabang BSD Tangerang. E-Mabis: Jurnal Ekonomi Manajemen Dan Bisnis 21 (1): 7–13. https://journal.unimal.ac.id/emabis/article/view/473.

Tahir, Suci Amalia. 2020. Pengaruh Penggunaan E-Commerce Terhadap Kepuasan Pelanggan Hotel Zodiak Bandung, April 2016: 1–25

Weenas, Jackson.(2013). Kualitas Produk, Harga, Promosi Dan Kualitas Pelayanan Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Spring Bed Comforta. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi 1 (4): 607–18. https://doi.org/10.35794/emba.v1i4.2741.

Yanti Febrini, Irma, Retno Widowati PA, and Misbahul Anwar. (2019). Pengaruh Experiential Marketing Terhadap Kepuasan Konsumen Dan Minat Beli Ulang Di Warung Kopi Klotok, Kaliurang, Yogyakarta. Jurnal Manajemen Bisnis 10 (1): 35–54. https://doi.org/10.18196/mb.10167.

Yolandari, Ni Luh Dian, and Ni Made Wulandari Kusumadewi. (2018). Pengaruh Pengalaman Pelanggan Dan Kepercayaan Terhadap Niat Beli Ulang Secara Online Melalui Kepuasan Pelanggan (Studi Pada Situs Online Berrybenka.Com).” E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana 7 (10): 5343. https://doi.org/10.24843/ejmunud.2018.v07.i10.p06.

Yusup, Febrianawati. (2018). “Uji Validitas Dan Reliabilitas.” Jurnal Tarbiyah: Jurnal Ilmiah Kependidikan 7 (1): 17–23.

https://id.wikipedia.org/wiki/Shopee




DOI: https://doi.org/10.52447/mmj.v10i2.6623

Refbacks

  • There are currently no refbacks.