PENGARUH LOKASI, PELAYANAN DAN KELENGKAPAN FASILITAS TERHADAP KEPUASAN PASIEN INSTALASI RAWAT JALAN

Anna Kridaningsih, Ghozali Ghozali

Abstract


ABSTRAK

Rumah sakit yang representatif dapat dilihat dari lokasi, fasilitas, layanan, dan kepuasan dari pasien. Tujuan dari penelitian ini yakni untuk membuktikan  pengaruh lokasi, pelayanan dan kelengkapan fasilitas terhadap kepuasan pasien instalasi rawat jalan di Rumah Sakit Citra Medika Sidoarjo baik secara parsial maupun simultan. Sample yang digunakan adalah 120 pasien instalasi rawat jalan di Rumah Sakit Citra Medika Sidoarjo. Metode analisis  yang digunakan melalui pendekatan kuatitatif dengan model korelasi dengan bantuan Software SPSS 25. Hasil penelitian membuktikan  bahwa kelengkapan berpengaruh positip dan signifikan terhadap kepuasan pasien instalasi rawat jalan  sementara lokasi, kelengkapan fasilitas dan pelayanan tidak ada pengaruh terhadap kepuasan pasien  instalasi rawat jalan. Hasil penelitian selanjutnya lokasi, kelengkapan fasilitas dan pelayanan secara simultan tidak ada pengaruh terhadap kepuasan pasien  instalasi rawat jalan.

Kata Kunci : Lokasi, Kelengkapan Fasilitas, Pelayanan, Kepuasan Pasien.

 

ABSTRACT

Representative hospitals can be seen from their location, facilities, services, and patient satisfaction. The purpose of this study is to prove the effect of location, service and completeness of facilities on outpatient patient satisfaction at Citra Medika Hospital Sidoarjo either partially or simultaneously. The sample used was 120 outpatient installation patients at Citra Medika Sidoarjo Hospital. The analytical method used was a quantitative approach with a correlation model with the help of SPSS 25 software. The results of this study proved that completeness had a positive and significant effect on outpatient patient satisfaction while location, completeness of facilities and services had no effect on outpatient patient satisfaction. The results of further research on location, completeness of facilities and services simultaneously have no effect on outpatient patient satisfaction.

Keywords : Location, Complete Facilities, Services, Patient Satisfaction.


Full Text:

PDF

References


Aji, B. M., & Riyadi, S. (2019). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Pasien terhadap Pelayanan Rumah Sakit. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 19(2), 107–113.

Arikunto, S. (2019). Prosedur Penelitian. In Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Bramantoro, T. (2017). Pengantar Klasifikasi dan Akreditasi Pelayanan Kesehatan. In Surabaya: UNAIR (AUP).

Darmawan, D., & Lili, D. (2016). Hubungan Antara Kepuasan Pasien dan Loyalitas Pasien di Rumah Sakit. Jurnal Manajemen Pelayanan Kesehatan, 19(1), 14–21.

Handayani, T., & Alisjahbana, A. (2015). Analisis Kepuasan Pasien Rawat Jalan di Rumah Sakit XYZ. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 18(2), 114–123.

Husada, M. S. (2018). Konsep dan Karakteristik Rumah Sakit yang Menyenangkan bagi Pasien. Jurnal Kesehatan Manarang, 4(1), 41–50.

Jeong, H. et al. (2021). Patient Safety Silence and Safety Nursing Activities: Mediating Effects of Moral Sensitivity. International Journal of Environmental Research and Public Health, 18(21), 11499. https://doi.org/https://doi.org/10.3390/ijerph182111499

Karpinski, M. et al. (2021). Relationship-Centered Care in Canadian Medial Education. Canadian Medical Education Journal. https://doi.org/https://doi.org/10.36834/cmej.73945.

Mahran, K, S, G. et al. (2019). Designing and Validating a Safety Plan for Patient in Intensive Care Unit. International Journal of Nursing Didactics, 9(03), 28–36. https://doi.org/https://doi.org/10.15520/ijnd.v9i03.2477

Moleong, L. J. (2017). Metode Penelitian Kualitatif. In Bandung : PT. Remaja Rosdakarya Offset.

Mulyadi, E. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien di Rumah Sakit. Jurnal Manajemen Dan Pemasaran Jasa, 12(1), 44–56.

Nasution, A., & Syafaruddin, S. (2019). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Pasien terhadap Pelayanan Rumah Sakit. Jurnal Administrasi Kesehatan Indonesia, 7(2), 143–150.

Notoatmodjo, S. (2012). Metodologi Penelitian Kesehatan. In Jakarta: Rineka Cipta.

Pohan, I. S. (2007). Jaminan Mutu Layanan Kesehatan: Dasar-dasar Pengertian dan Penerapan. In Jakarta: Penerbit Buku Kedokteran EGC (pp. 144–154).

Prasetyo, E. S. (2014). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap di Rumah Sakit Umum Pusat Dr. Kariadi Semarang. Jurnal Kesehatan Masyarakat, 8(2), 72–80.

Setiawati, E., & Anggreni, E. (2018). Kepuasan Pasien Rawat Jalan di Rumah Sakit X: Analisis Faktor yang Mempengaruhi. Jurnal Ilmu Kesehatan Masyarakat, 9(3), 177–183.

Tjiptono, F. dan G. C. (2005). Service, Quality, & Satisfaction. In Yogyakarta: Penerbit Andi.




DOI: https://doi.org/10.52447/mmj.v11i1.6966

Refbacks

  • There are currently no refbacks.