PENGARUH GAME ONLINE TERHADAP KONSENTRASI BELAJAR DENGAN MANAJEMEN WAKTU DAN EFIKASI DIRI SEBAGAI PEMODERASI

Lukiyana Lukiyana, Rizki Ayu Wulandari

Abstract


ABSTRAK

Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisa dan membuktikan ada pengaruh antara game online kaitanya dengan manajemen waktu dan efikasi diri terhadap konsentrasi belajar. Sample yang digunakan adalah 170  dari para pelajar sekolah ataupun masyarakat yang sering bermain games online. Metode analisis yang dipergunakan adalah structural equation modelling dengan menggunakan bantuan software Smart PLS. Hasil penelitian membuktikan bahwa pengaruh game online berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap konsentrsi belajar. Manajemen waktu memiliki pengaruh positif dan siginifikan terhadap konsentrasi belajar. Efek moderasi efikasi diri memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadapt konsentrasi belajar. Moderasi efikasi diri tidak memiliki hubungan signifikan atas   pengaruh game online gterhadap konsnetrasi belajar. Efek moderasi manajemen waktu tidak memiliki hubungan secara signifikan atas pengaruh game online terhadap konsentrasi belajar. Implikasi dalam penelitian ini yaitu memberikan pandangan bagi para pengguna game online yang harus selalu membagi waktunya dengan baik terutama bagi pelajar agar tidak mengganggu konsentrasi belajar untuk kedepanya. Hasil penelitian ini memberikan pandangan bahwa tidak semua pengaruh game online berpengaruh negatif semua tergantung bagaimana kita mengatur waktu dengan baik.

Kata Kunci  : Games Online, Konsentrasi Belajar, Manajemen Waktu, Efikasi Diri

 

 

ABSTRACT

            The purpose of this study is to analyze and prove that there is an influence between online games in relation to time management and self-efficacy on learning concentration. The sample used was 170 from school students or people who often play online games. The analytical method used is structural equation modeling with the help of Smart PLS software. The results of the study prove that the influence of online games has a negative and insignificant effect on learning concentration. Time management has a positive and significant influence on learning concentration. The moderating effect of self-efficacy has a positive and significant effect on learning concentration. Self-efficacy moderation has no significant relationship with the effect of online games on learning concentration. The moderating effect of time management has no significant relationship with the effect of online games on learning concentration. The implication of this research is to provide insight for online game users who must always manage their time well, especially for students so as not to disturb their concentration in studying in the future. The results of this study provide the view that not all effects of online games have a negative effect, it all depends on how we manage our time well.

Keywords: Online Games, Learning Concentration, Time Management, Self-Efficacy


Full Text:

PDF

References


Amelia, R., & Siregar, S. U. (2022). Efektivitas Manajemen Kelas untuk Meningkatkan Konsentrasi Belajar Matematika. Jurnal Basicedu, 6(2), 2361–2369.

Aviana, R., & Hidayah, F. F. (2021). Pengaruh tingkat efikasi diri terhadap konsentrasi belajar siswa terhadap daya pemahaman. Jurnal Pendidikan Sains Universitas Muhammadiyah Semarang, 3(1), 30–33.

Bambang Sudaryana, D. E. A., Ak, M., Agusiady, H. R. R., & SE, M. M. (2022). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Deepublish.

CNN. (2022). dampak adanya game online menjadikan negara indonesia no.3 tertinggi penggunaan game online. 399041.

Dwijayanti, A., Ariawan, P. W., & Gunartha, I. W. (2022). Hubungan Disiplin Belajar, Motivasi Berprestasi, Efikasi Diri Dengan Hasil Belajar Matematika Siswa Sd. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 9(1), 218–229. https://doi.org/10.38048/jipcb.v9i1.665

Eudya, A., Prihatin, I., & Saputro, M. (2021). Pengaruh Motivasi, Minat, Dan ,Anajemen Waktu Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(1), 50–57. https://doi.org/10.37478/jpm.v2i1.812

Evelyn, C., Ainiyah, R., Fauziyah, S., Anisa, R., Evelyn, C., Ainiyah, R., Fauziyah, S., & Anisa, R. (2022). Pengaruh Kualitas Tidur Dan Manajemen Waktu Terhadap Performa Akademik Mahasiswa Pre-Klinik Selama Pembelajaran Daring Dalam Kualitas Tidur. Jurnal Kedokteran Komunitas, 1–14.

Febriani, N. (2021). Dampak Game Online Terhadap Konsentrasi Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Kecamatan Rimbo Ulu. 70. http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/6720

Gettinger, M. (2020). Individual Differences In Time Needed For Learning: A Review Of Literature. Educational Psychologist, 19(1), 15–29.

Gunawan, I. (2013). Kualitatif. Pendidikan, 143. http://fip.um.ac.id/wp-content/uploads/2015/12/3_Metpen-Kualitatif.pdf

Hair, J., & Alamer, A. (2022). Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM) In Second Language And Education Research: Guidelines Using An Applied Example. Research Methods in Applied Linguistics, 1(3), 100027. https://doi.org/10.1016/j.rmal.2022.100027

Haruna, N. H., & Fajar, M. (2021). Pengaruh Manajemen Waktu Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Xii Ips Sma Perguruan Islam Makassar Di Masa Pendemi Covid-19. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 13–21. https://doi.org/10.30605/pedagogy.v6i1.1194

Henukh, L. R., Abolladaka, J., & Simanungkalit, E. F. B. (2022). Pengaruh Game Online Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas XI IPS SMAN1 Lobalin. Journal Economic Education, Business and Accounting (JEEBA), 1(1), 1–6.

Indrapuri, R. S. A., Mutiara Z, P., Puspita S, V., & Egalitha R, A. (2021). Pengaruh Kecanduan Game Online Mobile Legends Terhadap Konsentrasi Belajar Mahasiswa Dimasa Mendatang. Journal of STIKes Awal Bros Pekanbaru, 2(2), 11–15. https://doi.org/10.54973/jsabp.v2i2.139

Jani, F., Hashemzadeh, F., Baradarannia, M., & Kharrati, H. (2023). Robust Event-Triggered Finite-Time Control Of Faulty Networked Flexible Manipulator Under External Disturbance. Journal of Vibration and Control, 29(1–2), 317–333.

Khiat, H. (2022). Using Automated Time Management Enablers To Improve Self-Regulated Learning. Active Learning in Higher Education, 23(1), 3–15.

Kosanke, R. M. (2019). The Use Of Onile Games Can Interfere With Learning Concentration. 8–43.

Kurniawati, H., & Liana, C. (2022). Pengaruh Self Efficacy Terhadap Hasil Belajar Sejarah Siswa. AVATARA, e-Journal Pendidikan Sejarah, 12(1), 1–10.

Li, Y., Niu, B., Zong, G., Zhao, J., & Zhao, X. (2022). Command Filter-Based Adaptive Neural Finite-Time Control For Stochastic Nonlinear Systems With Time-Varying Full-State Constraints And Asymmetric Input Saturation. International Journal of Systems Science, 53(1), 199–221.

Maghfirah, I., Wolor, C. W., & Sariwulan, R. T. (2023). Pengaruh Efikasi Diri,Perhatian Orang Tua Dan Dukungan Sosial Teman Sebaya Terhadao Motivasi Belajar Pada Siswa. Berajah Journal, 3(1), 59–74.

Nasir, M., & Syahnur, M. H. (2021). Peran Ilngkungan Keluarga Dan Efikasi Diri Yang Memotivasi Mahasiswa Untuk Menjadi Young Entreprenuer. Akmen Jurnal Ilmiah, 18(3), 331–342. https://doi.org/10.37476/akmen.v18i3.2385

Parahita, A. R., & Handayani, E. (2023). Afek Positif Sebagai Mediator dalam Hubungan antara Efikasi Diri dan Bias Atensi Emosional pada Remaja. Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS), 5(3), 1670–1678.

Pratama, M. Y. A., & Satwika, Y. W. (2022). Hubungan Antara Regulasi Diri Dengan Perilaku Cyberloafing Pada Mahasiswa Psikologi Universitas Negeri Surabaya. Jurnal Penelitian Psikologi, 9(1), 21–33.

Rahyuni, Yunus, M., & Hamid, S. (2021). The Effect Of Online Games On Learning Motivation And Learning Achievement Of Students In SD Pammana District Wajo Regency. Bosowa Journal of Education, 1(2), 65–70.

Rosendo-Rios, V., Trott, S., & Shukla, P. (2022). Systematic Literature Review Online Gaming Addiction Among Children And Young Adults: A Framework And Research Agenda. Addictive Behaviors, 107238.

Sandi, A. P. (2022). Komunikasi Dakwah Orang Tua Dalam Mengatasi Remaja Kecanduan Game Online Di Dusun Simpang Rowo Desa Dadapan ,Sumberejo.Tanggamus. UIN Raden Intan Lampung.

Sanjaya, V. F., & Faiyah, L. I. (2022). Pengaruh Flow Experience dan moderasi promosi selama masa pandemi. INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis Dan Manajemen Indonesia, 5(3), 314–326. https://doi.org/10.31842/jurnalinobis.v5i3.232

Sativa, Y. A., & Purwanto, J. (2022). Pengaruh konsentrasi belajar dan kejenuhan belajar terhadap prestasi belajar matematika. JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal), 5(2), 11–14.

Sugiarto, I. (2022). Metodologi penelitian bisnis.

Surbakti, K. (2017). Pengaruh Game Online Terhadap konsentrasi belajar Remaja. Jurnal Curere, 1(1), 29. https://doi.org/10.30595/jkp.v16i2.14027

Wahyudi, R. (2022). Pengaruh Iklan Dan Influencer Terhadap Keputusan Pembelian Item Virtual Padagames Online Mobile Legends. SIBATIK JOURNAL: Jurnal Ilmiah Bidang Sosial, Ekonomi, Budaya, Teknologi, Dan Pendidikan, 1(5), 563–578. https://doi.org/10.54443/sibatik.v1i5.64

Wijayanti, D. A., Komalasari, G., & Zakiah, E. (2021). Pengaruh efikasi diri akademik terhadap flow akademik mahasiswa di Jakarta pada masa pandemi covid-19. Jurnal Penelitian Bimbingan Dan Konseling, 6(2), 38–44.

Yapono, F. (2020). Konsep-Diri, Kecerdasan Emosi Dan Efikasi-Diri. Persona:Jurnal Psikologi Indonesia, 2(3), 208–216. https://doi.org/10.30996/persona.v2i3.136

Yeung, M. W. L., & Yau, A. H. Y. (2022). A Thematic Analysis Of Higher Education Students’ Perceptions Of Online Learning In Hong Kong Under Covid-19: Challenges, Strategies And Support. Education and Information Technologies, 27(1), 181–208. https://doi.org/10.1007/s10639-021-10656-3

Zega, Y. X. G. H., & Kurniawati, G. E. (2022). Pentingnya Manajemen Waktu Bagi Mahasiswa Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Di Sekolah Tinggi Teologi Duta Panisal. Metanoia, 4(1), 58–70.




DOI: https://doi.org/10.52447/mmj.v11i1.6967

Refbacks

  • There are currently no refbacks.