MODERASI SISTEM PELACAKAN ATAS PENGARUH LAYANAN HARI LIBUR DAN KETEPATAN WAKTU PENGIRIMAN TERHADAP KEPUTUSAN PENGGUNAAN JASA J&T EXPRESS

Diansyah Diansyah, Imam Suryono, Muhammad Indra Laksamana

Abstract


ABSTRAK

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui moderasi   sistem pelacakan atas pengaruh layanan hari libur dan ketepatan waktu pengiriman terhadap keputusan menggunakan jasa J&T Express. Sample yang digunakan adalah 151 dari pelanggan yang menggunakan jasa J&T Express. Metode analisis yang dipergunakan adalah structural equation modelling dengan menggunakan bantuan software Smart PLS. Hasil penelitian membuktikan bahwa layanan hari libur berpengaruh positip dan signifikan terhadap keputusan penggunaan jasa J&T Express. Ketepatan waktu pengiriman tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan penggunaan jasa J&T Express. Sistem pelacakan berpengaruh positip dan signifikan terhadap keputusan penggunaan jasa J&T Express. Interaksi sistem pelacakan mampu memperkuat dan signifikan atas pengaruh ketepatan waktu terhadap keputusan penggunaan jasa J&T Express tetapi interaksi sistem pelacakan belum mampu memperkuat (memperlemah) dan tidak signifikan atas layanan hari libur terhadap keputusan penggunaan jasa J&T Express.

Kata kunci :   Layanan Hari Libur, Ketepatan Waktu, Sistem Pelacakan, Keputusan  Penggunaan  

ABSTRACT

The purpose of this study is to determine the moderation of the tracking system for the influence of holiday services and timely delivery on the decision to use J&T Express services. The sample used is 151 from customers who use J&T Express services. The analytical method used is structural equation modeling with the help of Smart PLS software. The results of the study prove that holiday services have a positive and significant effect on the decision to use J&T Express services. The timeliness of delivery has no significant effect on the decision to use J&T Express services. The tracking system has a positive and significant effect on the decision to use J&T Express services. The interaction of the tracking system is able to strengthen and significantly influence the timeliness of the decision to use J&T Express services, but the interaction of the tracking system has not been able to strengthen (weaken) and is not significant for the holiday service on the decision to use J&T Express services.

Keywords : Holiday Services, Punctuality, Tracking Systems, Usage Decisions


Full Text:

PDF

References


Agustina, T. S. (2021). Penerapan Teori Perilaku Terencana Pada Mahasiswa Yang Tergabung Pada Komunitas Kewirausahaan. Accounting and Management Journal, 5(1), 29–38.

Angelia, V., Carolina, A., Cynthia, C., & Pratania, A. (2022). Pengaruh Kualitas Auditor, Audit Tenure, Umur Perusahaan Dan Reputasi Kap Terhadap Ketepatan Waktu Publikasi Pada Perusahaan Manufaktur Sektor Pangan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2018-2020. COSTING: Journal of Economic, Business and Accounting, 6(1), 864–876.

Anggi. (2019). Perkembangan J&T Express dan Keistimewaan di Era 4.0. Https://Www.Kompasiana.Com/, 2015–2017.

Ariefana, P. (2021). Daftar 11 Jasa Pengiriman Terbaik di Indonesia, Mana yang Paling Cepat dan Aman?

Hair, J., & Alamer, A. (2022). Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM) In Second Language And Education Research: Guidelines Using An Applied Example. Research Methods in Applied Linguistics, 1(3), 100027.

Herdani, K. P., & Ratnasari, I. (2021). Pengaruh Budaya dan Kelompok Referensi Terhadap Keputusan Penggunaan Aplikasi Tiktok di Kabupaten Karawang. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 5(3), 1–14.

Ichsan, R. N., & Karim, A. (2021). Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah Pt. Jasa Raharja Medan. Jurnal Penelitian Pendidikan Sosial Humaniora, 6(1), 54–57.

Kurniawan, M., Lubis, M. M., & Simanullang, E. S. (2020). Comparative Analysis of Consumers Behavior Who Shop for Daily Food in Modren and Traditional Market. Jurnal Agriuma, 2(1), 11–19.

Mahira, M., Hadi, P., & Nastiti, H. (2021). Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Indihome. Konferensi Riset Nasional Ekonomi Manajemen Dan Akuntansi, 2(1), 1267–1283.

Muafa, R. Z. (2022). Evaluasi Kualitas Layanan KRL Yogyakarta-Solo. Jurnal Syntax Fusion, 2(03), 501–519.

Mulyana, R. N. (2021). Saat Ini Pengiriman Paket Per Hari Mencapai 2,5 Juta Paket Di Hari Normal Dan Meningkat Di Masa Peak Season. J&T Express Memiliki Lebih Dari 2.000 Gerai Drop Point Yang Memungkinkan Untuk Menjangkau Seluruh Indonesia . 2–3.

Nurjannah, N., Dar, M. H., & Bangun, B. (2021). Sistem Pelacakan Kontak Covid-19 Menggunakan Teknologi QR Code Berbasis Web. JURTEKSI (Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi), 7(3), 283–292.

Pranoto, A., Puspita, A. A., PB, C. S., Pangestu, T. R., Wardani, E. K., & Dwiadi, Q. A. (2022). Pengembangan Kewirausahaan Mahasiswa Melalui Usaha Taman Makan Sehat Warmindo Tamans Di Era Pandemi Covid-19. Dharma Bakti, 194–202.

Pratama, D. A. (2022). Kajian Implementasi Teori Perilaku Terencana dalam Pengelolaan Minyak Jelantah Berbasis Komunitas. Universitas Jenderal Soedirman.

Rahayu, D. N., Taufik, M., & Irwanto, J. (2020). Pengaruh Fasilitas Perpustakaan dan Pelayanan Pustakawan Terhadap Kepuasan Berkunjung di Perpustakaan Umum Kabupaten Lumajang. Jobman: Journal of Organization and Bussines Management, 2(3), 160–165.

Rohman, S., & Abdul, F. W. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Ketepatan Pengiriman Terhadap Kepuasan Pelanggan Dalam Menggunakan Jasa Pengiriman Barang Ninja Express Di Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Logistik Indonesia, 5(1), 73–85.

Salehuddin, S. (2022). Pengaruh Kualitas Layanan, Promosi, Harga Dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian Jasa (Studi Kasus Jnt Ekspress Cabang Mlandingan Kabupaten Situbondo). Universitas Muhammadiyah Jember.

Sirait, F. Y., & Pohan, S. (2021). Internalisasi Nilai-Nilai Al-Maun Dalam Pengembangan Kelembagaan Muhammadiyah Meningkatkan Kualitas Pelayanan (Studi Kasus: LAZISMU Kota Medan). UMSU.

Syafitri, L. A. (2022). Analisis Peningkatan Kualitas Pelayanan Untuk Meningkatkan Kepuasan Konsumen Pada Alfamart Sidoyoso Kota Surabaya. Jurnal Ilmiah Poli Bisnis, 256–271.

Zulkarnain, R., Taufik, H. E. R., & Ramdansyah, A. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanandan Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Nasabah Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Mu’amalah Cilegon).Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 2(01 SE-Articles). https://doi.org/10.47080/10.47080/vol1no02/jumanis




DOI: https://doi.org/10.52447/mmj.v11i1.6970

Refbacks

  • There are currently no refbacks.