PENGARUH INSENTIF, SERTIFIKASI GURU DAN DISIPLIN KERJA TERHADAP KINERJA GURU (Studi pada SMK 2 Triple “J” Citeureup)
Abstract
ABSTRAK
SMK 2 Triple “J” Citeureup adalah salah satu sekolah terkemuka yang berada di Bogor yang kian hari kian pesat pembangunan maupun reputasinya. Berada di jalur strategis memberikan tantangan yang tidak mudah bagi SMK 2 Triple “J” Citeureup dalam menghadapi berbagai rintangan maupun persaingan pendidikan saat ini. Guru sebagai salah satu aktor utama penentu berbagai kemajuan dan reputasi SMK 2 Triple “J” Citeureup di masa depan diharapkan dapat tampil prima guna menghadapi berbagai rintangan kedepan. Namun dibalik harapan tersebut, penampilan dan kinerja guru sering mendapat keluhan baik dari siswa maupun orangtua siswa. Hal tersebut tidak terlepas dari perkembangan dunia pendidikan yang begitu cepat sementara dilain pihak guru dan institusi dinilai terlambat dalam merespon berbagai kemajuan tersebut. Penelitian ini membahas mengenai pengaruh insentif, sertifikasi guru dan disiplin kerja terhadap kinerja guru di SMK2 Triple “J” Citeureup. Desain penelitian yang digunakan adalah metode survey dengan menggunakan kuesioner. Populasi dari penelitian ini adalah sampel jenuh (non probability sampling) sebanyak 44 sampel dan data diolah dengan metode regresi berganda dengan bantuan perangkat lunak statistik. Hasil dari penelitian ini mengatakan bahwa variabel insentif, disiplin kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru. Sedangkan variabel sertifikasi guru sebagai variabel buatan (dummy variable) tidak berpengaruh terhadap kinerja guru. Variabel yang paling dominan yang mempengaruhi kinerja guru dalam penelitian ini adalah variabel disiplin kerja.
Kata Kunci: Insentif, sertifikasi guru, disiplin kerja dan kinerja guru
ABSTRACT
SMK 2 Triple "J" Citeureup is one of the leading schools in Bogor which is increasingly rapidly growing its reputation and reputation. Being on a strategic path provides an easy challenge for SMK 2 Triple "J" Citeureup in the face of various obstacles and current educational competition. Master as one of the main actors determining the progress and reputation of SMK 2 Triple "J" Citeureup in the future is expected to perform prima to face various obstacles forward. But behind these expectations, the appearance and performance of teachers often get complaints from both students and parents. This can not be separated from the rapid development of the world of education while on the other hand teachers and institutions considered late in responding to these advances. This study discusses the influence of incentives, teacher certification and work discipline on teacher performance in SMK2 Triple "J" Citeureup. The research design used is survey method by using questionnaire. The population of this study is a sample of saturation (non probability sampling) of 44 samples and data processed by multiple regression method with the help of statistical software. The results of this study say that the incentive variable, work discipline has a positive and significant effect on teacher performance. While teacher certification variables as artificial variables (dummy variable) does not affect the performance of teachers. The most dominant variable affecting teacher performance in this research is work discipline variable. Keywords: Incentives, teacher certification, work discipline and teacher performanceFull Text:
PDFReferences
Armstrong, Michael., 2009, Armstrong’s Handbook of Human Resouces Management Practice 11thedition., United Kingdom: Kogan Page.
Baedhowi, 2007, Tantangan Peningkatan Profesionalisme Tenaga Pendidik pada Era Undang-Undang Pemerintah RI No.14 Tahun 2005 Tentang Guru Dan Dosen, Jakarta.
Dessler, Gary., 2007, Manajemen Sumber Daya Manusia, (saduran Agus Dara), Erlangga, Jakarta.
Handoko, T. Hani., 2001, Manajemen, BPFE, Yokyakarta.
Levacic, Rosalind., 2009, Teacher Incentives and Performance: An Application of Principal - Agent Theory. Oxford development Studies,Vol 37, No. 1, March 2009.
Loviani, Yulianti., 2012, Sertifikasi Dan Peningkatan Kinerja Guru, Journal Statement Volume, 2 No.3 Oktober Tahun 2012.
Mulyasa, Enco., 2012, Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru, PT Remaja Roskarya, Bandung.
Murwanti, Hesti., 2013, Pengaruh Sertifikasi Profesi Guru Terhadap Motivasi Kerja Dan Kinerja Guru Di SMK Negeri Se-Surakarta, Jurnal Pendidikan Bisnis dan Ekonomi (BISE), vol.1, No.1.
Nakpodia, E.D, 2011, The Dependent Outcome of Teachers Performance in Secondary Schools In Delta State: An Empirical Assesment of Principal’s Supervision Capacity, African Journal of Educational and Technology, Volume 1 Number 1.
Priansa, Donni Juni., 2014, Kinerja Dan Profesionalisme Guru, CV. Alfabeta, Bandung.
Priansa, D.J., dan Suwatno., 2013, Manajemen SDM Dalam Organisasi Publik dan Bisnis, CV. Alfabeta, Bandung.
Prijodarminto, S., 2004, Tata Personalia, Djambatan, Bandung.
Rohimah, Siti., 2013, Pengaruh Kompetensi, Kompensasi, Disiplin Kerja Terhadap Kinerja dan Kepuasan Guru SMA Islamic Village Karawaci Tangerang, Tesis, Program Pasca Sarjana Universitas Esa Unggul, Jakarta.
Sekaran, Uma., and Bougie, Robert., 2010, Researh Methods for Business, John Wiley and Sons, Inc, Southerrn Illionis University at Carbondale.
Sofyandi, Herman., 2008, Manajemen Sumber Daya Manusia, Graha Ilmu, Yogyakarta.
Sagala, Syaiful., 2009, Kemampuan Profesional Guru dan Tenaga Kependidikan, CV.Alfabeta, Bandung.
Setyono, Hendro., Sudjadi, Ahmad., 2009, Pengaruh Kompetensi Guru Insentif Dan Lingkungan Kerja Fisik Terhadap Kinerja Guru SMA Negri 1 Patimuan Kabupaten Cilacap.
Terry, George.R., 1997, Principle of Management. New York: Richard.D.Irwin, Inc.
Undang - Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru Dan Dosen.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 dalam Depdiknas, 2004.
Veithzal Rivai, Sagala, Eva J., Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Perusahaan: Dari Teori ke Praktik, Murai Kencana, Jakarta.
Wibowo, 2012, Manajemen Kinerja, Cetakan Ke Enam, PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta.
DOI: https://doi.org/10.52447/mmj.v3i2.706
Refbacks
- There are currently no refbacks.