ANALISA PEMBELAJARAN ONLINE TERHADAP MOTIVASI DAN MINAT BELAJAR MAHASISWA
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran online terhadap motivasi dan minat belajar mahasiswa. Penelitian dilaksanakan pada mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Jakarta (STEI). Dengan menggunakan metode porposive sampling yaitu mahasiswa program studi S1 Manajemen angkatan 2018 dan 2019, ditetapkan jumlah sampel sebanyak 100 responden. Alat analisis data yang digunakan adalah SmartPLS 2022. Hasil penelitiaan menunjukan bahwa terdapat pengaruh pembelajaran online terhadap motivasi belajar, dan terdapat pengaruh pembelajaran online terhadap minat belajar.
Kata kunci : Pembelajaran Online, Motivasi Belajar dan Minat Belajar
ABSTRACT
This research was conducted to determine the impact of online learning on the motivation and interest of students. The study was carried out among students of the School of Economics Indonesia Jakarta (STEI). Using purposive sampling, students from the 2018 and 2019 cohorts of the Bachelor of Management program were selected as the sample, with a total of 100 respondents. The data analysis tool used was SmartPLS 2022. The research results show that there is an influence of online learning on learning motivation and an influence of online learning on learning interest.
Keywords: Online Learning, Learning Motivation, and Learning Interest
Full Text:
PDFReferences
Arirahmanto, S. B. (2016). Pengembangan Aplikasi Penurunan Kejenuhan Belajar Berbasis Android Untuk Siswa SMPN 3 Babat. Journal Of Science And Education (Jse), 4(1), 1–10. Http://Jurnal.Umj.Ac.Id/Index.Php/Semnaslit%0ahttp://Jim.Unsyiah.Ac.Id/Pbk/Article/View/7153
Arlavinda, V., & Pujiastuti, H. (2022). Pengaruh Pembelajaran Daring Terhadap Minat Belajar Matematika Siswa SMP Pada Masa Covid-19. Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha, 12(2), 45–54. Https://Doi.Org/10.23887/Jjpm.V12i2.34786
Asrul, & Afil, M. (2020). Dampak Pembelajaran Online Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Masa Pandemi Covid-19. Publikasi Ilmiah Universitas Muhammadiyah Kendari, 1–15.
Chen, K. C., & Jang, S. J. (2010). Motivation In Online Learning: Testing A Model Of Self-Determination Theory. Computers In Human Behavior, 26(4), 741–752. Https://Doi.Org/10.1016/J.Chb.2010.01.011
Curahman. (2020). Pengaruh Lingkungan Kampus, Motivasi Mahasiswa Dan Faktor-Faktor Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Akuntasi Di Kabupaten Subang. Prisma (Platform Riset Mahasiswa Akuntansi), 1(4), 99–111.
Dessler, G. (2014). Human Resources Management (15th Ed.). Florida International University.
Diana, Lamirin, & Siu, O. C. (2021). Pengaruh Pembelajaran Daring Terhadap Minat Belajar Siswa Yang Beragama Buddha Pada Masa Covid-19 Di Sekolah Dasar Maitreyawira Kelas Vi Tahun 2020/2021. Prosiding Bodhi Dharma, 1(1–9), 1–9.
Fathurrahman, A., Sumardi, S., Yusuf, A. E., & Harijanto, S. (2019). Peningkatan Efektivtas Pembelajaran Melalui Peningkatan Kompetensi Pedagogik Dan Teamwork. Jurnal Manajemen Pendidikan, 7(2), 843–850. Https://Doi.Org/10.33751/Jmp.V7i2.1334
Kawet, R. S. (2017). Pengaruh Metode Pembelajaran Dan Minat Belajar Mahasiswa Terhadap Hasil Belajar Manajemen Konstruksi. Jurnal Teknologi Pendidikan, 19(3).
Meidita, A. (2019). Pengaruh Pelatihan Dan Kompetensi Terhadap Kepuasan Kerja Melalui Motivasi Kerja. Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 2(2), 226–237. Https://Doi.Org/10.30596/Maneggio.V2i2.3772
Pranitasari, D. (2017). Intrinsic And Extrinsic Factors To Affect Students Learning Motivation. International Journal Of Applied Business And Economic Research, 15(25). Http: Www.Serialsjournals.Com
Pranitasari, D., & Maulana, I. (2021). Intrinsic And Extrinsic Factors Affecting Student Motivation In Completing Thesis. Technium Social Sciences Journal, 17, 235–243. Https://Heinonline.Org/Hol/Landingpage?Handle=Hein.Journals/Techssj27&Div=50&Id=&Page=
Pratama, A. P. (2021). Pengaruh Pembelajaran Daring Terhadap Motivasi Belajar Siswa Sd Aldo. Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasae, 3(1), 1689–1699. Http://Journal.Unilak.Ac.Id/Index.Php/Jieb/Article/View/3845%0ahttp://Dspace.Uc.Ac.Id/Handle/123456789/1288
Ridha, M. (2020). Teori Motivasi Mcclelland Dan Implikasinya Dalam Pembelajaran Pai. Palapa, 8(1), 1–16. Https://Doi.Org/10.36088/Palapa.V8i1.673
Rivai, I. N. A., & Rivai, M. (2021). Pengaruh Pembelajaran Online Terhadap Motivasi Belajar Dan Minat Belajar Mahasiswa PGMI Di Tengah Pandemi Covid-19. 04(2), 168–179.
Riyani, R., Sultan, M. A., & Yulia, H. (2021). Analisis Minat Belajar Siswa Terhadap Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 Pada Tingkat Sekolah Dasar. Pinisi Journal Of Education238daftar, 1(1), 231–238.
Sofia, A., & Sanjaya, E. L. (2021). Entrepreneurial Self-Efficacy, Perceived Family Support, Dan Entrepreneurial Intention Pada Mahasiswa. Psibernetika, 14(1), 49–57. Https://Doi.Org/10.30813/Psibernetika.V14i1.2717
Sugiyono. (2017a). Metode Penelitian Bisnis: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, Dan R&D. Penerbit Cv. Alfabeta: Bandung, 225.
Sugiyono. (2017b). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R & D. Alfabeta.
Trianah, L., & Pranitasari, D. (2019). The Influence Of Parent’s Perception On Their Interest To Send Their Children To Paud. 74(Aicmar 2018), 101–106. Https://Doi.Org/10.2991/Aicmar-18.2019.23
Welta, F., & Sopian, S. (2023). Pengaruh Pembelajaran Online Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universtas Kader Bangsa. Jotika Journal In Education, 2(2), 41–43. Https://Doi.Org/10.56445/Jje.V2i2.80
Yusneli Syafari, & Montessori, M. (2020). Analisis Pembelajaran Daring Terhadap Motivasi Belajar Dan Prestasi Belajar Siswa Dimasa Pandemi Covid-19. 5(3), 3(2), 524–532. Https://Journal.Uii.Ac.Id/Ajie/Article/View/971
DOI: https://doi.org/10.52447/mmj.v11i2.7356
Refbacks
- There are currently no refbacks.