PENGARUH SHOPEE PAYLATER DAN FASILITAS MEMBER TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ONLINE DI SHOPEE DENGAN SHOPEE GAMES SEBAGAI PEMODERASI

Diansyah Diansyah, Winny Novanda Putri

Abstract


ABSTRAK

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Shopee Pay Later dan Fasilitas Member terhadap Keputusan Pembelian Online di Shopee dengan Games Shopee sebagai Pemoderasi. Penelitian ini dilakukan pada konsumen di  Jakarta. Populasi penelitian ini adalah konsumen pengguna Shopee Paylater di Jakarta. Sample yang digunakan adalah 152 dari pelanggan yang menggunakan Shopee Paylater. Metode analisis yang dipergunakan adalah Structural Equation Modelling dengan menggunakan bantuan Software Smart PLS. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Shopee Paylater berpengaruh positip dan  signifikan terhadap Keputusan Pembelian. Fasilitas Member berpengaruh positip dan  signifikan terhadap Keputusan Pembelian. Interaksi Shoppe Games mampu memperkuat dan signifikan atas pengaruh Fasilitas Member terhadap Keputusan Pembelian tetapi Interaksi Shoppe Games memperlemah dan tidak signifikan atas pengaruh Shoppe Paylater terhadap Keputusan Pembelian.

Kata Kunci : Shopee Paylater, Fasilitas Member, Keputusan Pembelian, Shopee Games

 

 

ABSTRACT

The purpose of this study was to determine the effect of Shopee Pay Later and Member Facilities on Online Purchase Decisions at Shopee with Shopee Games as Moderators. This research was conducted on consumers in Jakarta. The population of this study are consumers who use Shopee Paylater in Jakarta. The sample used is 152 from customers who use Shopee Paylater. The analytical method used is Structural Equation Modeling with the help of Smart PLS Software. The results of this study indicate that Shopee Paylater has a positive and significant effect on purchasing decisions. Member facilities have a positive and significant effect on purchasing decisions. Shoppe Games interactions are able to strengthen and significantly affect the influence of Member Facilities on Purchase Decisions but Shoppe Games Interactions weaken and are not significant for the influence of Shoppe Paylater on Purchase Decisions.

Keywords: Shopee Paylater, Member Facilities, Purchase Decision, Shopee Games


Full Text:

PDF

References


Afiah, L. N., & Prabowo, B. (2023). Pengaruh Iklan, Kualitas Pelayanan, dan Kepuasan Konsumen terhadap Loyalitas Pelanggan pada E-Commerce Shopee di Masa Pandemi. Reslaj: Religion Education Social Laa Roiba Journal, 5(2), 575–593.

Amelia, Sella fauzi, Diah Ayu Septi Sardanto, R. (2022). Analisis Shopee Paylater Dan Shopee Game Terhadap Keputusan Pembelian Pada E-Commerce Shopee Pada Pengguna Aplikasi Shopee Mahasiswa Universitas Nusantara PGRI Kediri. Thesis Universitas Nusantara PGRI Kediri.

Anam, C., Istiqomah, I. W., & Husna, P. I. A. (2022). Pengaruh Gaya Hidup Konsumen, Kualitas Produk, Ekuitas Merek Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Pada Eiger Mojokerto. MARGIN ECO, 6(1), 1–14.

CNN Indonesia. (2021). Konsumen Belanja Online RI Melonjak 88 Persen pada 2021. Cnnindonesia.Com, 1–2. https://www.cnnindonesia.com/ekonomi/20211229141536-92-740093/konsumen-belanja-online-ri-melonjak-88-persen-pada-2021#:~:text=Jakarta%2C CNN Indonesia --,yang hanya 17 juta orang.

Dwi, M., Lestari, C., & Syariah. (2022). Penggunaan Koin Game Shopee Capit Dalam Jual.

Gunawan, I. (2022). Metode Penelitian Kualitatif: Teori dan Praktik. Bumi Aksara.

Hair, J., & Alamer, A. (2022). Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM) in second language and education research: Guidelines using an applied example. Research Methods in Applied Linguistics, 1(3), 100027.

Molyo, P. D., Yulistiowati, I. M., & Zulhilmi, F. (2021). Pengaruh Penggunaan Fitur Shopee Games terhadap Customer Engagement pada Kalangan Mahasiswa di Kota Malang. Jurnal Nomosleca, 7(1), 57–66. https://doi.org/10.26905/nomosleca.v7i1.5541

Muhtarom, A., Syairozi, M. I., & Yonita, H. L. (2022). Analisis Persepsi Harga, Lokasi, Fasilitas, dan Kualitas Pelayanan terhadap Loyalitas Pelanggan Dimediasi Keputusan Pembelian (Studi Kasus pada UMKM SKCK (Stasiun Kuliner Canditunggal Kalitengah) EKOMBIS REVIEW: Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 10(S1), 391–402.

Musyaffi, A. M., Khairunnisa, H., & Respati, D. K. (2022). Konsep Dasar Structural Equation Model-Partial Least Square (SEM-PLS) menggunakan SMARTPLS. Pascal Books.

Nurliyanti, N., Arnis Susanti, A., & Hadibrata, B. (2022). Pengaruh Harga, Promosi dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian (Literature Review Strategy Marketing Manajement). 2(2), 224–232. https://doi.org/10.38035/jihhp.v2i2

Partini, S. T. (2022). Bulletin of Management and Business. 1(1), 42–50.

Permata, S., & Haryanto, H. (2022). Perlindungan Hukum Terhadap Pengguna Aplikasi Shopee Pay Later Fakultas Hukum Universitas Krisnadwipayana, 4(8), 33–47.

Prahastoro, G., Dharta, F. Y., & Kusumaningrum, R. (2021). Strategi Komunikasi Pemasaran Layanan Securities Crowdfunding Dalam Menarik Minat Masyarakat Untuk Berinvestasi Di Sektor UKM. Kinerja, 18(2), 210–217.

Ramadanti & Raden, N. (2022). Pengaruh Penggunaan Fitur Paylater Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Uin Raden Intan Lampung Dalam Perspektif Ekonomi Islam. Sripsi, UIN Raden Intan Lampung

Ratnasari, E. (2022). Pengaruh Gamification Dan Perceived Enjoyment Terhadap Repurchase Intention Pada Pengguna Aplikasi Mobile Shopee Mahasiswa FEB UNESA. Jurnal Ekonomi, Manajemen Pariwisata Dan Perhotelan, 1(2), 175–184.

Riyantie, M. (2022). Persepsi Konsumen Tentang Strategi Konten Promosi Iklan flash sale 12 . 12 Shopee. 1(2), 158–169.

Sekaran, U., & Bougie, R. (2017). Metode Penelitian untuk Bisnis: Pendekatan Pengembangan-Keahlian, Edisi 6 Buku 1.

Sindonews. (2022). Hasil Riset Snapcart: Perilaku Belanja Online selama Ramadan 2022.

Siregar. (2022). Fasilitas Member Berpengaruh Dalam Peningkatan Pelanggan Dan Mempengaruhi Keputusan Pembelian, Skripsi.

Sudaryana, B., & Agusiady, D. (2022). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Penerbit Deepublish CV Budi Utama Group, Sleman.

Sugiarto, I. (2022). Metodologi Penelitian Bisnis. Penerbit Andi.

Wulandari, H. P., & Subandiyah, A. E. (2022). Pengaruh Ulasan Produk, Harga dan Pembayaran Non Tunai (Shopee paylater) Terhadap Keputusan Pembelian Pada Market Place Shopee di Yogyakarta. Jurnal Bisnis, Manajemen, Dan Akuntansi, 9(2), 80–93.




DOI: https://doi.org/10.52447/mmj.v11i2.7359

Refbacks

  • There are currently no refbacks.