KOMITMEN KONSUMEN UNTUK MEMBELI SECARA OFFLINE DIBANDINGKAN ONLINE
Abstract
Kemunculan penjualan secara online tidak bisa dihindari oleh para penjual dan pembeli. Di era digitalisasi pada saat ini disertai dengan kemudahan akses internet dimanapun dan kapanpun membuat persaingan untuk menarik konsumen semakin ketat, karena pada saat ini kemudahan transaksi yang dilakukan secara online menjadi salah satu faktor utama penyebab munculnya transaksi penjualan online. Penjual dan pembeli diminta untuk menyesuaikan perkembangan zaman untuk bisa bertahan dalam sebuah persaingan bisnis. Konsumen semakin dipermudah untuk memenuhi kebutuhan hidupnya pada saat ini dengan akses transaksi berbelanja yang sangat mudah. Penelitian ini ingin menguji komitmen seorang konsumen yang dihadapi untuk memilih membeli secara offline atau online. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa lebih dari 90 responden dari 100 kuesioner yang tersebar memilih tetap berbelanja secara offline walaupun banyak yang menjual secara online. Alasan yang diberikan oleh para responden antara lain kemudahan akses dalam memilih barang atau jasa, terjadinya tawar menawar harga barang atau jasa, dan komplain yang diterima jika barang dan jasa tidak sesuai dengan semestinya.
Kata Kunci: komitmen, konsumen, membeli online, membeli offline
ABSTRACT
The emergence of online sales cannot be avoided by sellers and buyers. In the current era of digitalization accompanied by easy internet access anywhere and at any time, competition to attract consumers is getting tighter, because currently the ease of transactions carried out online is one of the main factors causing the emergence of online sales transactions. Sellers and buyers are asked to adapt to current developments in order to survive in business competition. It is increasingly easier for consumers to meet their daily needs with very easy access to shopping transactions. This research wants to test the commitment of a consumer who is faced with choosing to buy offline or online. The results of this research show that more than 90 respondents from 100 questionnaires distributed chose to continue shopping offline even though many sell online. The reasons given by respondents included ease of access in selecting goods or services, haggling over the price of goods or services, and complaints received if goods and services were not as they should be.Keywords: commitment, consumer, buying online, buying offline
Full Text:
PDFReferences
Faradiba, B., & Indrayani. (2022). Analisis Perilaku Konsumen Dalam Keputusan Berbelanja Pada Masa Pandemi Covid-19. Economos :Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 5(3), 245–250.
Harahap, D. A. (2018). Perilaku Belanja Online Di Indonesia: Studi Kasus. JRMSI - Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia, 9(2), 193–213. https://doi.org/10.21009/jrmsi.009.2.02
Hartanto, I. S., Yuwono, A. R., & Ananda, R. (2021). Fenomena Perilaku Dan Sikap Belanja Offline Dan Online Shopping Pada Masyarakat Millenial Di Jakarta. Jurnal Seni Dan Reka Rancang: Jurnal Ilmiah Magister Desain, 3(2), 173–188. https://doi.org/10.25105/jsrr.v3i2.9427
Ihwanudin, N., Maulida, S., Fatriansyah, A. I. A., Rahayu, S. S., Rahman, M. R. R., Fachri, S., Rijal, K., Agrosamdhyo, R., Senjiati, I. H., Isnandar, F. R., & Jiwantar, F. A. (2020). Pengantar Perbankan Syariah (Konsep, Regulasi & Praktis). In Konsep Ekonomi Dan Perbankan Dalam Islam.
Indra Santoso, F., & Fatchurrohman, M. (2022). Strategi Pemasaran Online dan Offline dalam Meningatkan Penjualan Outlet Makbule. Jurnal Ilmu Sosial Humaniora Indonesia, 2(2), 51–57. https://doi.org/10.52436/1.jishi.30
Muttaqin, I., Rini, R., & Fatriansyah, A. I. A. (2020). Efisiensi Bank Umum Syariah Di Indonesia Dengan Pendekatan Three Stages Frontier Analysis. Jurnal Akuntansi Dan Keuangan Islam, 8(2), 115–129. https://doi.org/10.35836/jakis.v8i2.119
Nugroho, L., Fajarsari, I. M., Solikin, A., Yusdita, E. E., Fatriansyah, A. I. A., Irwanto, I., Atiningsih, S., Susilawati, N., Gainau, P. C., Hippy, M. Z., Rahmadi, H., Januarsi, Y., & Faisol, I. A. (2023). Metodologi Penelitian Akuntansi dan Praktik Penulisan Artikel Bidang Akuntansi. In Cv Widina Media Utama.
Nur, A., Sinaga, A. B., & Effendi, C. (2020). Pengaruh Promosi Offline Dan Online Terhadap Keinginan Umkm Untuk Bermitra Dengan Smesco Indonesia. Perspektif Komunikasi: Jurnal Ilmu Komunikasi Politik Dan Komunikasi Bisnis, 4(2), 155. https://doi.org/10.24853/pk.4.2.155-165
Rahmat, P. S. (2019). FENOMENA CARA BELANJA ONLINE SHOP DI KALANGAN MAHASISWA (Studi Kasus: Mahasiswa Prodi Pendidikan Ekonomi UNIKU). Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Ekonomi, 16(01), 82–91. https://doi.org/10.25134/equi.v16i01.2020
Widayati, K. D. (2018). Strategi Pemasaran Online dan Offline Pada PT Roti Nusantara Prima. Widya Cipta, 2(2), 1–8.
Widiyawati, Y., Ningsih, C. D. S., Lestari, F., & Pramita, G. (2022). Analisis Pengaruh Belanja Online Terhadap Perilaku Perjalanan Belanja Dimasa Pandemi Covid-19. JICE (Journal of Infrastructural in Civil Engineering), 3(02), 25. https://doi.org/10.33365/jice.v3i02.2151
Widodo Wibisono, & Moh. Hidayatul Holili. (2022). Analisis Pengaruh Pembelian Online Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Minat Beli Sebagai Variabel Intervening. Transformasi: Journal of Economics and Business Management, 1(3), 01–19. https://doi.org/10.56444/transformasi.v1i3.426
Yulianti Arischa, L., Hindah Pudjihastuti, S., Ekonomi, F., Islam Sultan Agung, U., & Author, C. (2023). Penerapan Digital Marketing dan Offline Marketing Guna Meningkatkan Penjualan Di Era New Normal pada PT. Musawa Jaya Perkasa. Jurnal Ilmiah Sultan Agung, 4, 761–773.
DOI: https://doi.org/10.52447/mmj.v12i1.7629
Refbacks
- There are currently no refbacks.