Pengaruh Fraud Diamond Theory Terhadap Kecurangan Akademik pada Universitas Islam di Kota Medan
Abstract
ABSTRAK
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji pengaruh Fraud Diamond Theory yang memuat empat unsur utama yaitu tekanan (pressure), kesempatan (opportunity), rasionalisasi (rationalization), dan kemampuan (capability) terhadap kecurangan akademik mahasiswa akuntansi pada Universitas Islam di Kota Medan. kecurangan dalam dunia akademik menjadi masalah yang terus berkembang dan merusak mutu dan kredibilitas sektor pendidikan tinggi, khususnya di kalangan mahasiswa akuntansi yang dituntut menjunjung tinggi nilai kejujuran. Pendekatan kuantitatif diterapkan dalam penelitian ini dengan data diperoleh melalui kuesioner yang dikirim kepada 70 mahasiswa aktif program studi akuntansi dari Universitas Islam Sumatera Utara (UISU), Universitas Muslim Nusantara (UMN) Al-Washliyah, dan Universitas Al-Washliyah (UNIVA) Medan. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan memanfaatkan regresi linier berganda untuk mengevaluasi pengaruh masing-masing variabel independen secara parsial dan simultan terhadap variabel dependen. Hasil temuan menunjukkan bahwa secara simultan keempat variabel dalam Fraud Diamond Theory berpengaruh terhadap perilaku kecurangan akademik. Secara parsial, tekanan dan kesempatan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kecurangan akademik. Rasionalisasi tidak menunjukkan pengaruh yang signifikan, sedangkan kemampuan berpengaruh negatif dan signifikan. Temuan ini menegaskan pentingnya pengawasan akademik dan pembentukan karakter mahasiswa agar mampu menekan peluang dan dorongan untuk melakukan kecurangan akademik.
Kata kunci: Tekanan, Kesempatan, Rasionalisasi, Kemampuan, Kecurangan Akademik
ABSTRACT
The purpose of this study is to examine the influence of fraud diamond theory, which comprises for main elements: pressure, opportunity, rationalization, and capability, on academic dishonesty among accounting students at Islamic universities in Medan City. Cheating in the academic world is a growing problem and credibility of higher education, particularly among accounting students who are expected to uphold high standards of integrity. This study applies a quantitative approach, with data collected through questionnaires sent to 70 active accounting students from Universitas Islam Sumatera Utara (UISU), Universitas Muslim Nusantara (UMN) Al-Washliyah, and Universitas Al-Washliyah (UNIVA) Medan. Data analysis was carried by utilizing multiple linear regression to evaluate the partial and simultaneous effects of the independent variables on the dependent variabel. The result indicate that simultaneously, the four variables of the Fraud Diamond Theory. Partially, pressure and opportunity have a positive and significant effect, whereas capability has a negative and significant impact. These findings emphasize the importance of academic supervision and character development among students to reduce opportunities and motivation for committing academic dishonesty.
Keywords: Pressure, Opportunity, Rationalization, Capability, Academic FraudFull Text:
PDFReferences
Adrianus, Billy, Retno Yuliati, Y. E. A. (2019). “Kecurangan Akademik Pada Mahasiswa Akuntansi Berdasarkan Perspektif Fraud Diamond.” Ekspansi: Jurnal Ekonomi, Keuangan, Perbankan Dan Akuntansi, 11(2), 157–178. https://doi.org/10.35313/ekspansi.v11i2.1346
Anjani, W. (2022). “Analisis Pengaruh Fraud Diamond, Integritas dan Religiusitas Terhadap Perilaku Kecurangan Akademik (Studi Kasus pada Mahasiswa Akuntansi Perguruan Tinggi Islam Semarang).” In Universitas Islam Sultan Agung Semarang (Vol. 2, Issue 1).
Arfiana, M., & Sholikhah, N. (2021). “Fraud Diamond Dan Literasi Ekonomi Sebagai Determinan Perilaku Kecurangan Akademik.” Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 1623–1637. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i4.658
Astrina, F., Sabrina, N., Arifin, M. A., & Agustini, H. (2022). “Pengaruh Dimensi Fraud Triangle Terhadap Kecurangan Akademik (Studi Kasus pada Mahasiswa FEB Universitas Muhammadiyah Palembang).” Jurnal Media Wahana Ekonomika, 19(2), 257. https://doi.org/10.31851/jmwe.v19i2.8935
Dewi, G. A. R., & Pertama, G. A. W. (2020). “Fraud Diamond dan Dampaknya.” Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Bisnis, 5(2), 27–46. http://journal.undiknas.ac.id/index.php/akuntansi/article/view/2469
Dewi, S. N., & Akademik, K. (2020). “Perilaku Kecurangan Akademik Mahasiswa: Dimensi Fraud Diamond.” 8(1), 12–21.
Fadersair, K., & Subagyo, S. (2019). Perilaku Kecurangan Akademik Mahasiswa Akuntansi : Dimensi Fraud Pentagon (Studi Kasus Pada Mahasiswa Prodi Akuntansi Ukrida). Jurnal Akuntansi Bisnis, 12(2), 122–147. https://doi.org/10.30813/jab.v12i2.1786
Ghaisani, A. A., & Supatmi, S. (2023). “Pendeteksian Kecurangan Pelaporan Keuangan Menggunakan Fraud Pentagon.” Owner, 7(1), 599–611. https://doi.org/10.33395/owner.v7i1.1233
Gultom, S. A., & Safrida, E. (2020). Analisis Pengaruh Fraud Diamond dan Gone Theory terhadap Academic Fraud (Studi Kasus Mahasiswa Akuntansi Se Sumatera Utara). Jurnal EKSIS, 9(3), 113–127.
Ii, B. A. B., & Pustaka, T. (2013). “Kecurangan Akademik Pada Mahasiswa Akuntansi.” 9–33.
Irawan, A. (2020). “Pengaruh Dimensi Fraud Diamond Terhadap Perilaku Kecurangan AKademik Mahasiswa Jurusan Akuntansi.” 3(2), 41–54.
Kementrian Hukum dan HAM. (2012). “UU RI No. 12/2012 tentang Pendidikan Tinggi.” Undang Undang, 18.
Kusuma, M. F. D. (2018). “Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Mahasiswa Melakukan Tindakan Kecurngan Akademik Dengan Perspektif fraud Diamond dan Religiusitas (Studi Pada Mahasiswa Akuntansi Universitas Islam Indonesia).”
Lestari, D., & Fadjrih Asyik, N. (2023). “Analisis Fraud Pentagon Theory Dalam Proses Pengadaan Barang Jasa Pemerintah.” Jae (Jurnal Akuntansi Dan Ekonomi), 8(2), 77–87. https://doi.org/10.29407/jae.v8i2.20184
Nani, D. A., Handayani, M. T. K., & Safitri, V. A. D. (2021). “Fraud dalam Proses Akademik pada Perilaku Mahasiswa.” JAF- Journal of Accounting and Finance, 5(1), 11. https://doi.org/10.25124/jaf.v5i1.3640
Neva, S., & Amyar, F. (2021). “Pengaruh Fraud Diamond dan Gonetheory Terhadap Academic Fraud.” JAS-PT (Jurnal Analisis Sistem Pendidikan Tinggi Indonesia), 5(1), 41. https://doi.org/10.36339/jaspt.v5i1.408
Nusron, L. A., & Sari, R. T. (2021). Pengaruh Fraud Diamond dan Religiusitas terhadap Kecurangan Akademik Mahasiswa Akuntansi. Telaah Bisnis, 21(2), 79. https://doi.org/10.35917/tb.v21i2.173
Pramudyasututi, O. L., Fatimah, A. N., & Wilujeng, D. S. (2020). “Perilaku Kecurangan Akademik Mahasiswa Akuntansi : Investigasi Dimensi Fraud Diamond.” 3(2), 147–153.
Pratiwi, N. A. S., & Munari, M. (2024). “Dimensi Fraud Hexagon Dalam Mempengaruhi Kecurangan Akademik Pada Mahasiswa Akuntansi.” Jambura Economic Education Journal, 6(2), 455–468. https://doi.org/10.37479/jeej.v6i2.24673
Prawira, & Irianto, G. (2015). “Analisis Pengaruh Dimensi Fraud Diamond terhadap Perilaku Kecurangan Akademik Mahasiswa.” Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.
Ristianingsih, I. (2017). “Telaah Konsep Fraud Diamond Theory dalam Mendeteksi Perilaku Kecurangan Fraud Di Perguruan Tinggi.” Prosiding Seminar Nasional Dan Call For Paper Ekonomi Dan Bisnis, 2017, 128–139.
Tanziyah, A. (2022). Pengaruh Daya Saing, Self-Regulated Learning, Dan Fraud Diamond Theory Terhadap Kecurangan Akademik Mahasiswa Akuntansi. Jurnal Ilmiah Akuntansi Peradaban, 8(2), 355–373. https://doi.org/10.24252/jiap.v8i2.29619
Titi, A. (2018). “Perilaku Kecurangan Akademik Mahasiswa Akuntansi : Dimensi Fraud Diamond (Studi Kasus Pada Mahasiswa Prodi Akuntansi Universitas Islam Indonesia).” Universitas Islam Indonesia.
Wolfe, D. T., & Hermanson, D. R. (2004). “The Fraud Diamond : Considering the Four Elements of Fraud: Certified Public Accountant.” The CPA Journal, 74(12), 38–42.
Yuliati, R., Adelina, Y. E., Akuntansi, P. S., & Mulya, U. P. (2019). “Kecurangan AKademik Pada Mahasiswa AKuntansi Terhadap Perspektif Fraud Diamond.” 11(2). https://doi.org/10.35313/ekspansi.v11i2.1346
DOI: https://doi.org/10.52447/mmj.v13i1.8493
Refbacks
- There are currently no refbacks.