Pengabdian Masyarakat Dengan Sosialisasi Pendidikan Seksual dan Upaya Penerapan Pencegahan Kekerasan Seksual Pada Anak di Kelurahan Kamal Muara

Amsidah Azifah, Tuti Widyaningrum

Abstract


Kekerasan seksual terhadap anak menyisakan duka yang mendalam di dada anak – anak. Berbagai tindak kekerasan di alami oleh anak – anak. Kekerasan seksual terhadap anak terus berlanjut dengan intensitas yang makin meningkat dan motif yang makin beragam. Akan tetapi kurangnya informasi dan pengetahuan mengakibatkan hal tersebut terus menerus terjadi.
Sosialisasi Penerapan Upaya Pencegahan Kekerasan Seksual pada Anak dapat menjadi solusi dalam mengintegrasikan Pendidikan seksual secara benar pada Anak. Melalui Program Magang dalam Pengabdian Masyarakat, Penulis melakukan kegiatan tersebut dengan tujuan meningkatkan pengetahuan dan pemahaman tentang pencegahan kekerasan seksual pada Anak. Jumlah peserta sebanyak 40 orang yaitu anak – anak dari Kelurahan Kamal Muara, Jakarta Utara. Metode yang digunakan yaitu metode Sosialiasi/ Pelatihan aktif melalui diskusi dan tanya jawab yang di laksanakan dalam satu hari Pelaksanaan yang di akhiri dengan postest. Hasil dari sosialisasi ini diharapkan meningkatnya pengetahuan dan kemampuan peserta dalam mengintegrasikan pendidikan seksual dalam pembelajaran di masyarakat.


Keywords


Kekerasan Seksual; Sosialisasi; Anak

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.52447/societas.v2i1.7047

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Email : jurnalsocietas@uta45jakarta.ac.id

Lt. 3, Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta,Jl. Sunter Permai Raya, Sunter Agung Podomoro, Jakarta 14350

Creative Commons License
Journal Societas is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Copyright Fakultas Hukum Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta