PENGARUH DISIPLIN KERJA DAN BUDAYA ORGANISASI TERHADAP KINERJA PEGAWAI NEGERI SIPIL PADA KANTOR KECAMATAN KELAPA GADING DI JAKARTA UTARA

Raymundus I Wayan Ray

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara empiris tentang pengaruh disiplin kerja dan budaya organisasi terhadap kinerja PNS di Kantor Kecamatan Kelapa gading, Jakarta Utara. Variabel terikat dalam penelitian ini adalah kinerja PNS, sedangkan variabel independen dalam penelitian ini adalah disiplin kerja dan budaya organisasi. Metode yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan menggunakan data primer yang diperoleh dari hasil penyebaran kuissioner. Jumlah kuissioner yang dibagikan kepada 40 responden, yang merupakan PNS dari Kecamatan Kantor Kelapa Gading Jakarta Utara. Sebuah analisis parsial dari hasil penelitian membuktikan bahwa disiplin pengaruh pekerjaan terhadap kinerja PNS begitu pengaruh budaya organisasi terhadap kinerja urusan petugas sipil. Sedangkan hasil analisis secara simultan diperoleh bahwa semua tes berngaruh signifikan antara disiplin kerja dan budaya organisasi terhadap kinerja PNS.

 

Kata kunci: Disiplin Kerja, Budaya Organisasi dan Kinerja Karyawan


Full Text:

PDF

References


Hersey, Paul and Blanchard, 1982. Management of Organizational behavior, utilizing human resources. 4th edition. Prentice-hall, Inc. Agus Dharma (penerjemah). Manajemen Perilaku Organisasi. Pendayagunaan Sumber Daya Manusia. Edisi ke 4. Jakarta. Erlangga.

…….., 1992. Manajemen Perilaku Organisasi Pendayagunaan SDM, Cetakan Ketiga, Alih Bahasa Agus Dharma. Erlangga, Jakarta.

Irawanto, Dodi Wirawan, 2013. Kepemimpinan Esensi Dan Realitas, Bayumedia Publishing, 2013, Malang.

Kartono, Kartini, 2013, Pemimpin dan Kepemimpinan: Apakah Kepemimpinan Abnormal itu?, Badan Penerbit Rajawali Press, 2013, Jakarta.

Mangkunegara, Prabu, 2006. Evaluasi Kinerja SDM. Jakarta : Refika Aditama.

Prabowo, Lindu, 2012. Analisis Stres Kerja dan Kepuasan Kerja terhadap Produktivitas Karyawan Wanita pada PR Dollar Prima. Skripsi. Program Studi Manajemen, Universitas Brawijaya.

Rivai,Veithzal dan Deddy Mulyadi, 2009. Kepemimpinan Dan Perilaku Organisasi Edisi Ketiga, Jakarta, PT. Rajagrafindo persada.

Rivai, Veithzal, 2011. Performance Appraisal. Badan penerbit : Rajawali Pers, Jakarta.

Robbins, Stephen P, 1996. Perilaku Organisasi, Konsep, Kontroversi dan Aplikasi. Alih Bahasa: Hadyana Pujaatmaka. Edisi keenam. Jakarta : PT. Nhuana Ilmu Populer.

..……, 2006. Perilaku Organisasi, Edisi Kesepuluh. PT. Indeks, Jakarta.

…….., 2008. Perilaku Organisasi. Jakarta : Salemba Empat.

Schein, Edgar, 1991. Organizational culture and Leadership. Oxford Jossey – Bass Publisher. San Fransisco.

Sugiyono, 2008. Metode Penelitian Bisnis. Alfabeta, Bandung.

………, 2010. Metode Penelitian Bisnis. Alfabeta, Bandung.

……...., 2012. Metode Penelitian Bisnis. Alfabeta, Bandung.

Thoha, Miftah, 2007. Kepemimpinan dalam Manajemen. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada

Umar, Husein, 2010. Desain Penelitian MSDM dan Perilaku Karyawan Paradigma Positivistik dan Berbasis Pemecahan Masalah. Rajawali Pers, Jakarta.

Wirawan, 2007. Budaya dan Iklim Organisasi. Salemba Empat, Jakarta




DOI: https://doi.org/10.52447/ijpa.v1i2.272

Refbacks

  • There are currently no refbacks.