PENINGKATAN BUDAYA HORMAT MAHASISWA MELALUI PEMBIASAAN PADA MATERI PENDIDIKAN PANCASILA DI FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK DI UNIVERSITAS 17 AGUSTUS 1945 JAKARTA UTARA
Abstract
ABSTRACT
The purpose of this research is to gain empirical data about the effort to improve the behavior of Respect students through Three Semester Conditioning Gansal academic year 2015/2016 at the Faculty of social science and political science University, August 17, 1945. The object in this study is the whole student faculty of social science and political science Public Administration science courses totalling 35 people. The research method used was the Research Action (Action Research). This action research conducted with 3 cycles, where each cycle consisted of Planning (Planning) Act (Action), observation, (Observing), and reflection.
From the results of the assessment cycle I found that out of the 35 students academic year 2015/2016, 25 students or 71,42% meet the graduation criteria is minimal. While 10 students or 28,57% has not met the graduation criteria in the process and associated costs. This means that 25 students have been showing the symptoms of change in College, while 10 students has not shown significant changes. So need to make improvements to the Planning Cycle through lecture II because it has not yet reached 75% meet the criteria of graduation courses. While the average value of graduation college student earnings only reached 75% of students meet college graduation. While the average value of graduation students gain only mecapai 69.30%. After through the implementation cycle cycle I, II and III showed that an effort improve the culture of respect students through learning civics changes i.e. manners of college students in the process of a lecture from the culture of respect for 57% in cycle I became 70% in cycle II. While in the III cycle obtained average results of 94%.
Keywords : Culture of honor and Conditioning On Civics
ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan data secara empiris tentang Upaya Meningkatan Perilaku Hormat Siswa Melalui Pembiasaan Semester Tiga Gansal Tahun Akademik 2015/2016 di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta. Objek dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Program Studi Ilmu Administrasi Publik berjumlah 35 orang. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan (Action Research ). Penelitian Tindakan, yaitu jenis penelitian kualitatif. Penelitian tindakan ini dilakukan dengan 3 siklus, dimana masing-masing siklus terdiri dari Perencanaan (Planning) Tindakan (Action), Observasi, (Observing), dan Refleksi. (Reflekting)
Dari hasil penilaian pada siklus I ditemukan bahwa dari 35 mahasiswa Tahun Akademik 2015 /2016, 25 mahasiswa atau 71,42 % memenuhi batas kriteria kelulusan minimal. Sedangkan 10 mahasiswa atau 28,57 % belum memenuhi batas kriteria kelulusan dalam proses perkuliahan . Hal ini mengandung arti bahwa 25 mahasiswa tersebut telah menunjukkan gejala perubahan dalam kuliahnya, sedangkan 10 siswa belum menunjukkan perubahan yang signifikan. Sehingga perlu melakukan perbaikan perencanaan perkuliahan melalui Siklus II karena belum mencapai 75 % memenuhi kriteria kelulusan perkuliahan. Sedangkan nilai rata-rata kelulusan kuliah perolehan mahasiswa hanya mencapai 75 % siswa memenuhi kelulusan kuliah . Sedangkan nilai rata-rata kelulusan perolehan mahasiswa hanya mecapai 69,30 %. Setelah melalui pelaksanaan siklus I, II dan siklus III penelitian menunjukkan bahwa upaya meningkatkan budaya hormat mahasiswa melalui pembelajaran pendidikan Pancasila terjadi perubahan yakni tata krama mahasiswa dalam proses perkuliahan dari budaya hormat 57% pada siklus I menjadi 71% pada siklus II. Sedangkan pada siklus III diperoleh hasil rata-rata 94%.
Kata Kunci : Budaya Hormat, dan Pembiasaan Pada Materi Pendidikan Pancasila
Full Text:
PDFReferences
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, 2011, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka
Depdikbud, Himpunan Peraturan Perundang-undangan RI, 2014 : 1 Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah Depdiknas, Kewarganegaraan danPembiasaan No. 64 Tahun 2013, Proyek Pendidikan
Djumur, 2002, Bimbingan dan Penyuluhan di Sekolah, Bandung: CV Ilmu, 2010 GBHN 1999-2004, Bandung: Pustaka Setia.
Hendayat Soetopo, 2012, Dasar atau Teori Pendidikan, Surabaya: Usaha Nasional.
Hadi Sutrisno, 2011, Metodologi Research, Yogyakarta: Fakultas Psikologi Universitas Gajah Mada Yogyakarta
Humalik, Oemar, 2014 Kurikulum dan Pembelajaran, Jakarta: Bumi Aksara.
Lembaga Ketahanan Nasional, 2009, Ketahanan Nasional, Jakarta: Balai Pustaka
Purwanto, Ngalim, 2009Prinsip-prinsip Evaluasi Pengajaran, Jakarta: Remaja Rosda Karya
Martin Handoko, 1995. Motivasi Daya Penggerak Tingkah Laku, Yogyakarta: Kanisius
Muhammad Ali, 2008. Kamus Lengkap Bahasa Indonesia Modern, Jakarta: Pustaka Arcani
Suharsimi Arikunto, 2010, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Prkatek, Jakarta: Bina Aksara
Surachman, Winarno, 2009. Pengantar Interaksi Belajar Mengajar, Bandung: Tarsito
DOI: https://doi.org/10.52447/ijpa.v2i1.435
Refbacks
- There are currently no refbacks.