PENERAPAN PELAYANAN PUBLIK BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI MELALUI WEB DOMAIN DI KOTA SURAKARTA

Bambang Irawan, Adi Saputro

Abstract


Abstract, Today’s service is a fundamental need for every human being. Therefore, the government must provide effective and efficient public services for the citizen to fulfill all their interests. The government strives to implement information technology-based services to achieve excellent services. The purpose of this research is to determine the success of the implementation of information technology-based governance, especially in Surakarta City. This type of research is qualitative with a case study design. The implementation of information technology-based governance in the city of Surakarta can be said to be quite successful seen from the provision of services and responses to the citizen.

 

Keywords: Services, technology-based governance, implementation

 

 

Abstrak, Pelayanan saat ini merupakan kebutuhan yang fundamental bagi setiap manusia. Maka dari itu pemerintah harus menyelenggarakan pelayanan publik yang efektif dan efisien bagi masyarakat agar terpenuhi segala kepentingannya. Pemerintah mengupayakan untuk menerapkan pelayanan berbasis teknologi informasi guna tercapainya pelayanan yang prima. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui keberhasilan pelaksanaan pemerintahan berbasis teknologi informasi khususnya di Kota Surakarta. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan rancangan studi kasus. Pelaksanaan penyelenggaraan pemerintahan berbasis teknologi informasi di Kota Surakarta dapat dikatakan cukup berhasil dilihat dari penyediaan layanan dan tanggapan kepada masyarakat.

 

Kata Kunci : Pelayanan, teknologi informasi, pelaksanaan

 


Keywords


Pelayanan, teknologi informasi, pelaksanaan

Full Text:

PDF

References


Habsari, Rizki Dwi. 2016. “Implementasi Peraturan Daerah Nomor 2 Tahun 2011 tentang Pengelolaan sampah di Kelurahan Karang Anyar Kecamatan Sungai Kunjang Kota Samarinda”. Ejournal Ilmu Pemerintahan, Vol. 4, No. 1, hlm. 282-293.

Indrajit, Richardus Eko. 2006. E-Government in Action. Yogyakarta: Andi Publisher.

Instruksi Presiden Republik Indonesia nomor 3 tahun 2003 tentang Kebijakan dan Strategi Nasional Pengembanan E-Government.

Moenir. 2008. Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Suaedi, Falih., Wardiyanto, Bintoro. 2010. Revitalisasi Administrasi Negara (Reformasi Birokrasi dan E-Government). Yogyakarta: Graha Ilmu.

Undang-Undang nomor 25 tahun 2009 tentang Pelayanan Publik.

Yin RK. 2004. Studi Kasus Desain dan Metode, Jakarta. PT Raja Grafindo Persada.




DOI: https://doi.org/10.52447/ijpa.v6i2.4386

Refbacks

  • There are currently no refbacks.