PENGARUH PENANGANAN KOMPLAIN HUNIAN TERHADAP KESEJAHTERAAN MASYARAKAT PENGHUNI GRAHA APARNA AHMAD YANI SURABAYA

Leonia Gitarisa Wardoyo

Abstract


Kegiatan pengabdian kepada masyarakat berupa penanganan komplain ini bertujuan untuk meningkatkan kepuasan dan kualitas layanan yang diberikan kepada masyarakat. Penanganan komplain yang baik membantu memperhatikan dan menyelesaikan masalah yang dihadapi oleh masyarakat. Selain itu, penanganan komplain yang transparan dan akuntabel dapat memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang bagaimana  menangani masalah yang timbul. Metode yang dilakukan adalah menyediakan nomor Whatsapp khusus pengajuan komplain dan menerapkan prosedur yang sudah berlaku.

Keywords


Pelayanan Publik

References


Ilmianingsih, A. R. (2021). MANAJEMEN KOMPLAIN DALAM MENINGKATKAN KEPUASAN PELANGGAN PADA PERUSAHAAN UMUM DAERAH AIR MINUM (PERUMDAM) TIRTA KENCANA JOMBANG..

Purnamasari, A. W., Soemitro, R. A., & Suprayitno, H. (2020). Perbandingan Pengelolaan Rusunawa: Pemilik, Penghuni, Pengelola, Pembiayaan, Luas Unit, Tarif dan Fasilitas. Jurnal Manajemen Aset Infrastruktur & Fasilitas, 4(2).

Setiadi, H. A. (2015). Analisis faktor berpengaruh terhadap kepuasan penghuni rumah susun sewa studi kasus rumah susun sewa Kemayoran. Jurnal Permukiman, 10(1), 19-36.

Mawardi, Y. I., Wulandari, R.,Istiqomah, G. K. W., Susila, R. L., & Hendriavi, A. I. (2020). Analisis Kualitas Layanan Rumah Susun Sederhana Sewa (Rusunawa) Semeru dengan Menggunakan Metode Importance Performance Analysis (IPA). MATRAPOLIS: Jurnal Perencanaan Wilayah dan Kota, 1(1), 1-14.

Labombang, M., & Rifai, A. (2012). Manajemen Pemeliharaan Rumah Susun Sederhana Sewa (Rusunawa) di Kecamatan Palu Barat. Journal Teknik Sipil dan Infrastruktur, 2(1).




DOI: https://doi.org/10.52447/ijpa.v9i2.6862

Refbacks

  • There are currently no refbacks.