Implementasi Pelayanan Pembuatan Akta Kelahiran Anak Seorang Ibu Melalui Aplikasi Klampid New Generation Di Kelurahan Keputran

Shabirah Azzahra

Abstract


Pelayanan publik diartikan sebagai segala bentuk kegiatan pelayanan yang dilaksanakan oleh penyelenggara pelayanan sebagai upaya untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Salah satu sektor pelayanan publik yang paling dekat dengan lingkungan masyarakat adalah kelurahan. Pelayanan publik memiliki berbagai macam bentuk salah satunya pembuatan Akta Kelahiran. Salah satu jenis Akta Kelahiran yaitu Akta Kelahiran Anak Seorang Ibu yang dibuatkan khusus jikz orangtuanya menikah siri atau telah hamil diluar pernikahan. Pada Kelurahan Keputran, pembuatan dokumen Akta Kelahiran Anak Seorang Ibu juga sama seperti pengurusan Akta Kelahiran lainnya yaitu menggunakan inovasi Klampid New Generation. KNG sendiri sangat berguna untuk memudahkan pelayanan karena dinilai sangat efektif dibandingan dengan system manual. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Teori pada penelitian ini menggunakan Peraturan Walikota Surabaya Nomor 10 Tahun 2022 tentang Tata Cara Pelaksanaan Administrasi Kependudukan. Hasil penelitian ini menyatakan hasil bahwa pelayanan pembuatan Akta Kelahiran Anak Seorang Ibu di kantor Kelurahan Keputran dapat dibilang baik dalam 5 apek yaitu terkait Efisiensi waktu, Kesederhanaan, Keamanan, Sikap tanggung jawab petugas, serta Sarana dan Prasarana terkait pembuatan dokumen kependudukan.

Kata Kunci : Pelayanan Publik, Akta Kelahiran, KNG.


Keywords


Pelayanan Publik, Akta Kelahiran, KNG.

References


Fadhila, F. Kualitas Pelayanan Pembuatan Akta Kelahiran Pada Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sigi. Katalogis, 2(7).

Hayat, H., & Hidayah, L. Mengoptimalisasikan Pelayanan Pembuatan Akte Kelahiran. Dialektika, 2(1), 103-120.

Saputri, P. N. (2023). IMPLEMENTASI PELAYANAN AKTA KELAHIRAN ONLINE MENGGUNAKAN KLAMPID NEW GENERATION DI KELURAHAN SEMEMI KOTA SURABAYA. PRAJA observer: Jurnal Penelitian Administrasi Publik (e-ISSN: 2797-0469), 3(02), 101-107.

Surat Keputusan Walikota Surabaya No.188.45/320/436.1.2/2022 Tentang Penetapan Petugas Registrasi Layanan Administrasi Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Di Kota Surabaya




DOI: https://doi.org/10.52447/ijpa.v9i2.6866

Refbacks

  • There are currently no refbacks.